Setelah sekian lama berkecimpung di dunia hiburan sebagai aktris, Dian Sastrowardoyo bersiap melakukan debut sebagai produser. Bertempat di Go-Work Menara Rajawali, bintang Ada Apa dengan Cinta? tersebut mengumumkan akan bekerja sama dengan BASE Entertainment.

dian sastrowardoyo base entertainment

Memiliki fokus pada kegiatan pendanaan, pengembangan cerita dan IP (Intellectual Property), serta distribusi film di Indonesia, BASE Entertainment mengajak Dian Sastrowardoyo untuk berkolaborasi dalam tiga proyek film layar lebar selama tiga tahun ke depan. Shanty Harmayn, pendiri perusahaan yang merger menjadi BASE Entertainment mengungkapkan bahwa selama setahun belakangan ia mengajak Dian untuk menjadi produser.

“Sudah setahun lebih saya dan Dian bincang-bincang tentang keinginan Dian untuk menjadi produser. Saya kenal Dian sudah sangat lama dan mengikuti perkembangannya dari awal. Hal ini menurut saya adalah langkah yang tepat dan organik untuk Dian,” ungkapnya.

Merasa hal ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, Dian mengaku bahwa Shanty adalah orang yang tepat untuknya mencoba debut sebagai produser.

“Mbak Shanty adalah mentor yang mengajarkan banyak hal. Selain film, banyak yang tidak tahu bahwa saya juga sempat jadi volunteer ticketing untuk JIFFEST yang diinisiasi olehnya. Jadi saya rasa dia orang yang tepat untuk debut saya sebagai produser.”

dian sastrowardoyo base entertainment

Tak hanya itu, iklim sehat dalam industri perfilman Indonesia pun menjadi salah satu alasannya menjajal posisi tersebut. Terlebih, ia juga ingin memberikan sesuatu untuk industri film tanah air.

“Saya melihat ini adalah waktu yang exciting untuk berkarya sebagai produser. Saya ingin memadukan background finance, entrepreneurship dan sisi kreatif saya untuk memberikan sumbangsih dalam industri film,” tambahnya.

Senada dengan Dian, Shanty juga merasa bahwa saat ini situasi industri hiburan tanah air sangat menarik dan kesempatan emas yang hadir patut diraih.

“Pasar mempunyai permintaan yang tinggi akan creative content. Kesempatan emas ini harus  disambut dengan menghasilkan karya-karya berkualitas dengan penuh keragaman. Kita pelaku industri harus dapat memberikan yang lebih baik lagí dari apa yang kita telah kerjakan. Semua bertumpu pada kreativitas, wawasan dan upaya kita memperbaiki atau menambah skill set kita. Peran produser kreatif yang kuat sangatlah dibutuhkan di dalam kesempatan ini.”

dian sastrowardoyo base entertainment

Film pertama yang akan diproduseri oleh Dian Sastrowardoyo dan BASE Entertainment adalah Guru-Guru Gokil. Bergenre komedi, film ini akan ditulis oleh Rahabi Mandra yang sebelumnya memenangkan Piala Citra 2017 untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Night Bus).

Pertama kali menjadi produser, pemeran Kartini ini pun membagikan hal-hal baru yang dia alami ketika menjadi seorang produser.

“Saya baru pertama kali berpartisipasi di writing room, mengikuti proses development di mana produser kreatif dan penulis menggodok ide. Ini adalah sebuah perspektif baru bagi saya karena belum pernah melihat cerita film dari sudut pandang ini,” ceritanya antusias.

Lebih lanjut, pengalaman ini pun ia lihat sebagai pembelajarannya demi berkembang di industri film.

“Saya melihat proses ini dibutuhkan untuk perkembangan saya di industri film. Saya ingin lebih dari hanya di depan kamera saja,” tambahnya. 

Film pertama yang diproduseri Dian Sastrowardoyo, Guru-guru Gokil direncanakan akan mulai diproduksi pada 2019 mendatang.