Kategori film populer dipastikan tidak akan hadir dalam ajang penghargaan Academy Awards ke-91 pada 2019 mendatang. Walaupun demikian, dilansir dari Hollywood Reporter, ide mengenai kategori ini masih dipertimbangkan dan bisa saja hadir pada perhelatan di tahun berikutnya.

“Terdapat kumpulan reaksi yang beragam mengenai pengenalan dari penghargaan bary, dan kami menyadari perlunya diskusi lebih lanjut dengan anggota kami,” ungkap Dawn Hudson, CEO Academy, dalam pernyataan tertulisnya. “Kami telah membuat perubahan pada Oscar dari tahun ke tahun — termasuk tahun ini — dan kami akan terus berevolusi seraya menghormati warisan luar biasa dari 90 tahun terakhir.”

Sebelumnya, bulan lalu, pihak The Academy pertama kali mengumumkan akan menambahkan kategori untuk film populer. Ide ini pun diharap dapat menjadi cara untuk menarik perhatian dari penyuka film mainstream.

Seperti yang diketahui, beberapa tahun belakangan, rating untuk siaran Academy Awards semakin buruk dan perhelatan tahun ini adalah yang terendah. Penambahan kategori ini pun dijadikan sebagai sebuah cara untuk menjamin film-film blockbuster seperti Marvel serta film hit A Quiet Place mendapat tempat.

Tahun ini, salah satu film blockbuster yang digadang-gadang menjadi kontender kuat Best Picture pada ajang Academy Awards adalah Black Panther. Tidak hanya sukses dari segi pendapatan box office, film yang disutradarai oleh Ryan Coogler ini juga berhasil memperoleh angka 97% pada situs Rotten Tomatoes.

Tidak menjelaskan detail mengenai apa kriteria dan bagaimana proses pengambilan suara untuk film yang dipilih, sayangnya penambahan kategori ini menuai kritik. Salah satunya Jurnalis Variety, Stuart Oldham@s_oldham yang menganggap penambahan ini seperti meremehkan film-film blockbuster untuk dapat bersaing pada kategori Best Picture.

 “Jadi… Apakah itu artinya film seperti ‘Black Panther’ dan ‘Mission Impossible’ tidak dapat bersaing untuk Best Picture?

Selain pembatalan kategori film populer, dua perubahan lain yang telah diumumkan sebelumnya yaitu enam hingga delapan kategori yang akan diberikan saat iklan dan majunya tanggal Oscar 2020 yang menjadi 9 Februari 2020 akan tetap dilaksanakan.

Nominasi Academy Awards ke-91 akan diumumkan pada Selasa, 22 Januari 2019, sedangkan malam penghargaannya akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2019 mendatang.