Loading...

POKÉMON Detective Pikachu baru saja tayang di bioskop tanah air sejak kemarin. Walaupun demikian, film live-action POKÉMON tersebut ternyata sudah bocor di Youtube. Menemukan hal ini, Ryan Reynolds pun membagikan link tersebut lewat Twitter pribadinya kepada lebih dari 13 juta pengikutnya.

Dalam kicauannya, ia tampak memberitahu pihak Warner Bros tentang kebocoran tersebut.

“Um…. Perhatian @DetPikachuMovie @warnerbros,” tulis Reynolds di akun Twitter pribadinya.

Sayangnya, tidak seperti yang kamu kira, video yang diunggah ke Youtube oleh akun Inspector Pikachu dengan judul “POKÉMON Detective Pikachu: Full Picture” ini ternyata merupakan tipuan belaka. Versi “bajakan” dari film ini tampak meyakinkan pada satu menit pertamanya. Dibuka dengan logo Warner Bros. Picture, Legendary, dan The Pokémon Company, adegan langsung berlanjut ke kota Ryme di mana sang protagonis, Tim Goodman (Justice Smith) yang sedang berjalan di jalan kota tersebut sebelum ada suatu hal yang menarik perhatiannya: Pikachu. Ya, tetapi Pikachu yang sedang menari di atas lantai dansa berulang-ulang selama 100 menit.

Tipuan ini pun dibuat dengan usaha yang tidak tanggung-tanggung. Durasi video ini cukup dekat dengan durasi asli dari Detective Pikachu. Tak hanya itu, terdapat juga watermark “R. Reynolds” yang mana seperti menunjukkan bahwa versi yang bocor ini adalah pratinjau khusus untuk pengisi suara Pikachu tersebut. Hingga hari ini (9/5), video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 10 juta kali di Youtube.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan video ini untuk pemasaran film adalah suatu hal yang kreatif.  Ini bukanlah kali pertama Ryan Reynolds terlibat dalam teknik pemasaran yang menarik. Untuk POKÉMON Detective Pikachu sebelumnya ia membagikan ceritanya yang ‘menarik‘ tentang bagaimana ia melakukan ‘method acting‘ menjadi Pikachu : “Saya mencoba untuk menurunkan 182 pon untuk menyamai berat badannya, sampai akhirnya dokter ikut campur.

Disutradarai oleh Rob Letterman, POKÉMON Detective Pikachu mengikuti kisah Tim Goodman yang ayahnya tiba-tiba menghilang dalam kecelakaan mobil bertemu dengan Pikachu yang merupakan rekan sang ayah. Keduanya pun bekerja sama memecahkan misteri hilangnya Harry dan menemukan hal buruk yang akan mengancam semesta Pokémon.