Lebih dari setengah tahun yang lalu, Warner Bros sempat mengumumkan akan memproduksi film Joker yang berada di luar DC Extended Universe. Namun, kali ini film solo Joker yang diperankan oleh Jared Leto juga dilaporkan mendapatkan lampu hijau untuk diproduksi. Dilansir dari Variety, sebuah sumber mengatakan bahwa Jared Leto tidak hanya bertindak sebagai bintang utama namun juga eksekutif produser.

Plot yang akan digunakan hingga saat ini belum diketahui tetapi tujuan dari Warner Bros adalah memperluas kisah dari Suicide Squad. Film solo Joker ini bukanlah spin-off pertama yang dibuat dari Suicide Squad. Kekasih Joker, Harley Quinn telah terlebih dahulu diumumkan akan dibuatkan film solonya. Margot Robbie sendiri akan kembali memerankan tokoh tersebut dalam filmnya.

Walaupun akan memiliki dua film Joker dengan aktor berbeda yang diproduksi dalam waktu berdekatan, Warner Bros menjanjikan keduanya tidak bersinggungan satu sama lain. Terlebih mengingat keduanya tidak berada dalam semesta yang sama. Dalam proyek Joker yang diarahkan oleh Todd Phillips, karakter Clown Prince of Crime tersebut akan diperankan oleh Joaquin Phoenix.

Tak hanya itu, proyek film Joker ini juga akan kembali menambah deretan panjang film-film DC yang memasuki masa pengembangan oleh Warner Bros. Tahun ini, Wonder Woman 2 akan memulai pengambilan gambar dan Aquaman akan tayang pada akhir tahun 2018 ini.

Pertama kali muncul di Suicide Squad sebagai Joker, Jared Leto sempat menjadi perbincangan hangat oleh para penggemar mengenai pantas tidaknya ia memerankan musuh Batman tersebut. Penampilannya dalam film yang David Ayer tersebut cukup membuat penggemar terkesan.

Belum diketahui kapan film solo Joker akan memasuki proses produksi. Saat ini, baik studio maupun Leto dilaporkan sedang mencari penulis naskah. Selain itu, belum ada kejelasan mengenai latar waktu yang akan digunakan dalam film; setelah atau sebelum sekuel Suicide Squad.