Golden Globe 2019 telah mengumumkan nominasinya kemarin malam. Baik A Star is Born maupun Bohemian Rhapsody sama-sama memperoleh nominasi pada kategori Best Motion Picture. Alih-alih untuk kategori musikal, kedua film tersebut mendapatkannya di kategori untuk film drama.

A Star is Born dan Bohemian Rhapsody merupakan film yang bisa dibilang memiliki momen musikal yang cukup banyak sehingga Hollywood Foreign Press Association (HFPA) tidak akan menolak kedua film tersebut di kategori musikal. Walaupun demikian, alasan dibalik masuknya kedua film tersebut ke kategori drama adalah karena pembuat film dan  studio yang memproduksi film tersebut mencalonkannya ke kategori drama.

Warner Bros (A Star is Born) dan Fox (Bohemian Rhapsody) secara tegas mencalonkan diri di kategori drama. Meskipun HFPA memiliki kewenangan untuk menolak atau mengubah film tersebut menjadi kategori musikal, tetapi hal tersebut tidak dilakukan dan komite membiarkan kedua film tersebut bersaing di kategori drama.

Tentu ini merupakan hal yang baru bagi A Star is Born yang memiliki sejarah selalu masuk ke kategori musikal. Versi sebelumnya yang dibintangi Barbra Streisand dan Kris Kristofferson di tahun 1976, faktanya memenangkan Best Musical or Comedy di Golden Globe. Tidak jauh berbeda, versi 1954 yang dibintangi oleh Judy Garland dan James Mason juga memenangkan dua Golden Globe untuk kedua pemeran utamanya pada kategori komedi atau musikal.

Memang, baik A Star is Born maupun Bohemian Rhapsody bukanlah film musikal tradisional di mana lagu yang dinyanyikan dalam film berisi ungkapan perasaan dari sang karakter. Lagu-lagu di kedua film tersebut memang merupakan lagu yang ada di film tersebut, di mana sang karakter musisi merekam dan menampilkan lagu tersebut. Faktor ini pun bisa menjadikan keduanya dilihat sebagai film drama dengan musik.

Keputusan kedua studio tersebut mengirimkan filmnya ke kategori drama juga bisa dibilang sebagai sebuah permainan strategi. Kemenangan baik di kategori drama atau musikal terbaik dapat meningkatkan presentase kemenangan di ajang Academy Awards. Dalam 25 tahun terakhir, hampir separuh pemenang Best Motion Picture РDrama Golden Globe memenangkan kategori Best Picture di Academy Awards. Sedangkan dari kategori musikal atau musikal, hanya 3 film saja yang memenangkan kategori tersebut dalam rentang waktu yang sama. Hal ini mau tak mau pun seperti membenarkan bahwa film yang masuk dalam kategori drama lebih serius dan prestis daripada kategori yang satunya.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah sudah tepat A Star is Born dan Bohemian Rhapsody masuk ke kategori drama?