Trailer selalu menjadi salah satu faktor yang menarik penonton untuk menyaksikan sebuah film. Dan bukanlah hal baru, saat ini kebanyakan trailer diprotes karena cukup banyak membocorkan apa yang terjadi pada film. Kali ini, tampaknya Sony Pictures membawa fenomena ini ke tingkat yang lebih ekstrim saat membagikan trailer film Khali the Killer.

Alih-alih mengunggah trailer red band sesuai dengan judul video tersebut di Youtube, Sony Pictures malah membagikan film utuh Khali the Killer. Tentunya, hal tersebut langsung saja disadari dan dimanfaatkan oleh penonton Youtube. Bahkan dilaporkan oleh Independent, video tersebut ditonton sebanyak 11.000 kali selama lebih dari 6 jam bocor di Youtube sebelum Sony menyadari dan menghapus video tersebut.

Khali the Killer

sumber: gizmodo.com

Khali the Killer merupakan film yang bercerita tentang pembunuh bayaran yang akan pensiun (diperankan oleh Richard Cabral) mengambil satu pekerjaan terakhir untuk menyokong masa depan keluarganya. Namun saat menjalankan misinya, ia mulai merasa dekat dengan target yang seharusnya ia bunuh.

Ditulis dan diarahkan oleh Jon Matthews, film ini hanya dibuat dengan biaya $1 juta (14 miliar rupiah) dan tampaknya tidak memiliki pemasaran yang cukup terdengar gaungnya hingga saat ini. Tentunya, fakta ini mau tidak mau memicu adanya dugaan bahwa sebenarnya insiden ini adalah disengaja dan merupakan taktik promosi.

Tak dapat dipungkiri, adanya kejadian ini membuat Khali the Killer mulai memperoleh perhatian dan membuat banyak orang mulai mencari tahu tentang film ini. Sony mungkin saja kehilangan 11.000 penonton – dengan asumsi semua orang menyaksikan film ini sampai habis, namun sorotan yang muncul akibat kesalahan mereka ini bisa membawa orang-orang yang ingin tahu untuk menyewa film tersebut.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa ini bukanlah gimmick mengingat film ini telah tersedia dalam format DVD dan format digital. Terlebih mengingat, langkah ini cukup beresiko untuk sebuah studio besar seperti Sony.

Yang harus dipertanyakan mengenai insiden ini adalah bagaimana pegawai Sony tidak sadar proses mengunggah video tersebut memakan waktu yang lama (Khali the Killer berdurasi kurang lebih 1 setengah jam) dan bagaimana nasib pegawai ini nanti jika terbukti ini adalah kelalaian.

Saat ini, Khali the Killer dapat ditonton berbayar pada Apple, Amazon dan Youtube dan direncanakan akan rlilis di bioskop tertentu di Amerika Serikat pada Agustus mendatang.