Trailer X-Men: Dark Phoenix akhirnya dirilis! Sesuai dengan judulnya, kali ini kisah dalam film terbaru seri X-Men ini akan berfokus pada Jean Grey (Sophie Turner) yang berubah menjadi Dark Phoenix.

Berdurasi dua menit, trailer tersebut menampilkan kilasan hidup Jean dari masa kanak-kanak ketika ia tanpa sengaja menyebabkan kecelakaan mobil hingga dirinya berubah menjadi kuat dan mulai melawan keluarganya sendiri setelah merasa dikhianati oleh Prof. Charles Xavier (James Mc Avoy).

“Dia penuh dengan amarah… derita. Dan semuanya keluar sekaligus,” ucap Profesor X dalam trailer.

trailer X-Men: Dark Phoenix

Bagian ini tampaknya memperjelas bagian bahwa keputusan moral Charles Xavier (James McAvoy) menjadi salah satu penyebab konflik antara hubungannya dengan X-Men, Jean Grey, dan Magneto.

“Kamu benar, semua orang tampaknya membenci Charles di dalam trailer dan menyalahkannya untuk semua,” ucap Sophie Turner dalam wawancara dengan IGN. “Salah satu dari bagian utama tentang Jean sepanjang film adalah dirinya yang terbuang. Dia merasa telah ditinggalkan oleh semua orang yang dicintainya atau berada dalam hidupnya dan Charles adalah yang terbesar dari semuanya. Maka dari itu, dia merasakan pengkhianatan yang sangat besar dari Charles dan melakukan banyak hal karena dendamnya atas hal tersebut.”

Di sisi lain, sutradara Dark Phoenix Simon Kinberg mengatakan bahwa pilihan Charles merupakan untuk hal yang lebih baik dan semua karakter dalam film belum memiliki gambaran penuh mengenai apa yang terjadi pada Jean Grey.

“Harapanku dengan film ini adalah semua orang memiliki sudut padndang yang valid. Jadi Charles melakukan beberapa hal untuk membantu Jean. Mereka bisa saja tersesat, mereka bisa saja diarahkan untuk mengontrolnya, mereka bisa saja digerakkan oleh ego, tetapi mereka tentunya ada di hatinya untuk mencoba dan membantu seseorang yang tidak stabil dan selama rentang di dalam film, untuk alasan yang tidak ada hubungan dengan dirinya, sebuah alasan yang mengambil latar di luat angkasa, dia menjadi lebih dan lebih tidak stabil,” jelas Kinberg.

Selain menampilkan konflik X-Men dengan Jean Grey, trailer X-Men: Dark Phoenix ini juga memperkenalkan karakter antagonisnya, alien yang diperankan oleh Jessica Chastain. Karakter ini bertemu dengan Jean Grey di gereja, ketika dalam pencarian untuk jati dirinya.

“Kau merasa tempatmu bukan disini,” ucap Smith. “Memang bukan.”

trailer x-men: dark phoenix

Dark Phoenix menandai pertama kalinya film X-Men mengangkat elemen kosmik yang memang merupakan bagian orisinal dari Marvel Comics. Lebih lanjut dalam wawancaranya dengan IGN, Sophie Turner membahas hubungannya dengan karakter Chastain di dalam film.

“Ini adalah sesuatu yang menarik dan saya tidak ingin membeberkan terlalu banyak tentangnya tetapi pada dasarnya karakter Jessica sangat tertarik dengan kekuatan yang saya peroleh dan tenaga kosmik yang kumiliki dan dia seperti ingin kekuatan tersebut digunakan untuknya — dia memiliki tujuannya sendiri dengan itu dan dia mau menggunakannya. Dan dia mendidikku dengan cara yang membuatku menjadi percaya padanya.”

Dalam kesempatan yang sama, Simon Kinberg membatah teori penggemar mengenai karakter Chastain merupakan karakter Mastermind (mutan jahat dengan keahlian telepati yang merupakan karakter kunci kejatuhan Jean Grey dalam komik seri Dark Phoenix milik Marvel) yang diubah gendernya.

“Saya akan mengatakan bahwa karakter Jessica bukanlah Mastermind tetapi ada elemen dari cara Mastermind memanipulasi Jean yang ada di karakter Jessica,” jelas Kinberg. “Untukku, seperti yang kalian akan lihat, karakter Jessica memiliki beberapa karakter berbeda dari komik.”

 

 

X-Men: Dark Phoenix bercerita tentang musuh baru X-Men yang kuat dan berasal dari kelompok mereka sendiri, Jean Grey. Di tengah misi penyelamatan di luar angkasa, Jean hampir terbunuh ketika ia dihantam oleh kekuatan kosmik misterius. Ketika ia pulang ke rumah, kekuatan ini tidak hanya membuatnya jauh lebih kuat, namun juga semakin tidak stabil.

Bergelut dengan sisi di dalam dirinya, Jean melepaskan kekuatannya yang tak mampu ia pahami dan kuasai. Dengan Jean yang lepas kendali, dan melukai orang-orang yang paling dicintainya, ia mulai memecah-belah X-Men. Dengan keluarganya yang mulai runtuh, mereka harus mencari cara untuk bersatu, tak hanya untuk menyelamatkan jiwa Jean namun juga planet mereka dari alien yang berusaha memanfaatkan kekuatan tersebut untuk menguasai galaksi.

Selain Turner, X-Men: Dark Phoenix dibintangi oleh James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Nicholas Hoult, Tye Sheridan, Alexandra Shipp, Kodi Smit-McPhee, Evan Peters, dan Jessica Chastain. X-Men: Dark Phoenix direncanakan akan rilis di bioskop Amerika Serikat pada 7 Juni 2019 mendatang.