Dua hari belakangan, media sosial dihebohkan dengan kabar penyensoran salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini, Avengers: Infinity War. Kabar pemotongan adegan selama 7 menit tersebut pun sampai ke telinga salah satu sutradara Infinity War, Joe Russo saat dirinya sedang melakukan press tour bersama dengan Karen Gillan, Benedict Cumberbatch, Robert Downey Jr . dan produser Trinh Tran di Singapura.

Dilansir dari The Wrap, dalam acara yang disiarkan secara live oleh CNA Lifestyle tersebut, Joe Russo pun menyatakan keterkejutannya mendengar kabar penyensoran tersebut.

“Saya tidak bisa membayangkan 7 menit apa yang mereka potong dari film tersebut. Ini adalah pertama kali kami mendengarnya jadi kami cukup terkejut, tapi ya, tentu sebagai seorang seniman, kamu tidak ingin siapapun menyensor apapun atau membuang sesuatu dari film. Ini adalah film dengan rating PG-13, ini tidak bukan seperti bagian dari konten radikal, jadi saya cukup terkejut.”

Kabar penyensoran 7 menit ini berawal dari adanya perbedaan durasi Avengers: Infinity War di situs IMDB (156 menit) dengan milik LSF (149 menit). Adapun diberitakan oleh Kompas.com, Ketua LSF Ahmad Yani Basuki mengaku memberikan izinnya kendati tidak mengetahui adegan yang dipotong.

“Saya memang belum melihat, yang tanda tangan kan memang saya. Saya tidak tahu persis apa yang direvisi terhadap film ini ya. Intinya secara umum, enggak banyak film yang direvisi,” ungkapnya saat dihubung Kompas.com.

Keesokan harinya, berita klarifikasi pun dikeluarkan oleh pihak LSF. Lewat juru bicaranya, Rommy Fibri menyampaikan kepada Liputan6 bahwa tidak ada adegan yang disensor dari Avengers: Infinity War.

“Film Avengers yang disensorkan lolos 13 tahun nihil. Artinya tanpa potongan. Dengan kata lain, info yang beredar kemarin tidak benar,” jelasnya.

Klarifikasi isu tersebut kepada publik pun kembali dilakukan lewat akun Twitter LSF, @lembaga_sensor. LSF menyampaikan bahwa sesuai dengan nomor yang tertera untuk film Infinity War tidak terdapat kode REV yang artinya tidak ada pemotongan untuk film tersebut.sensor 7 menit avengers: infinity warSumber: Twitter @lembaga_sensor

Dengan penjelasan tersebut, sudah jelas Avengers: Infinity War tidak mengalami pemotongan. Tentunya para fans dapat bernafas lega sekarang. Avengers: Infinity War akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada 25 April 2018 mendatang!