Tragedi buruk baru saja dialami oleh Katedral Notre Dame. Pasalnya, Gereja Katolik yang telah berusia selama 850 tahun ini mengalami kebakaran yang cukup dahsyat. Membutuhkan hampir 9 jam untuk memadamkan kebakaran tersebut, menara dan atap katedral tersebut runtuh dilahap oleh kobaran api.

Kejadian ini mau tak mau banyaknya teori yang berkembang di publik. Salah satunya menyebut bahwa hal ini telah diramalkan dalam film romantis garapan Richard Linklater, Before Sunset. Film kedua dari trilogi Before tersebut mengisahkan Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) yang merupakan mantan kekasih dan menghabiskan waktu bersama di Paris.  Dalam salah satu adegannya, keduanya yang sedang duduk di perahu saat berada di sungai Seine membahas tentang keindahan Katedral Notre Dame.

notre dame paris before sunset

Loading...

Jesse: Aku mendengar kisah ini sekali, tentang ketika… Jerman menguasai Paris dan mereka harus mundur, mereka menyiapkan Notre Dame untuk diledakkan. Tetapi mereka harus… mereka harus meninggalkan satu orang untuk menekan tombol dan laki-laki itu, prajurit, dia… dia tidak dapat melakukannya. Kamu tahu, dia hanya duduk di sana, terpana dengan bagaimana indahnya tempat tersebut. Dan kemudian, ketika tentara sekutu tiba, mereka menemukan semua peledak hanya diam di tempat… dan tombol tersebut tidak dinyalakan dan mereka menemukan hal yang sama di Sacre Coeur… Menara Eiffel, dan beberapa tempat lainnya, saya kira. 

Céline: Benarkah itu?

Jesse: Saya tidak tahu… Tapi saya selalu menyukai kisahnya.

Céline: Yah, itu cerita yang bagus. Tapi kamu juga harus berpikir bahwa Notre Dame suatu hari akan hilang. Sebelumnya terdapat gereja atau katedral di tempat yang sama. Tepat di situ. 

Ya, kalimat yang menyebutkan bagaimana suatu hari Notre Dame akan menghilang tersebut pun tampaknya terbukti setelah 15 tahun perilisan filmnya. Pengguna media sosial pun membagikan kesedihannya sambil membahas dialog tersebut.

“NotreDame Before Sunset (2004)

Suatu hari itu datang terlalu cepat ke #Paris…”

 

“Kiri: Adegan dari film “Before Sunset” (2004)

Kanan: 15 tahun kemudian di Paris 💔.. #NotreDame”

Ini bukanlah pertama kalinya sebuah kejadian di dunia nyata secara kebetulan telah muncul sebelumnya di film ataupun serial TV. Salah satu yang paling terkenal adalah bagaimana serial ini memprediksi Donald Trump menjadi presiden 16 tahun sebelum ia terpilih. Selain itu, baru-baru ini satu lagi ramalannya yang terwujud yaitu Disney mengakuisisi 20th Century Fox.

Tak hanya film atau serial TV Hollywood yang membuat prediksi tepat, film Indonesia juga pernah melakukan hal tersebut. Satu adegan yang menjadi kejadian dunia nyata paling diingat adalah perceraian Gading-Gisel dalam film Susah Sinyal.

Tentunya, hal ini bisa menjadi sebuah prediksi yang tepat atau hanya kebetulan belaka, tergantung dari sisi mana hal ini dilihat. Nah bagaimana menurutmu, apakah yang terjadi memang sudah diprediksi atau hanya kebetulan belaka?

 

Loading...