Tahun ini, Indonesia kembali gagal menembus ajang Academy Awards. Pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards baru saja mengumumkan film-film yang berhasil masuk daftar pendek untuk kategori tersebut. Sayangnya, dari daftar tersebut wakil Indonesia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, Marlina Si Pembunuh Empat Babak tidak termasuk dalam 9 film dalam daftar pendek tersebut.

Adapun, berdasarkan daftar yang dirilis dari 87 film yang dikirimkan tahun ini, sembilan film yang terpilih oleh juri dan komite Oscar 2019 yaitu Bird of Passage (Kolombia), The Guilty (Denmark), Never Look Away (Jerman), Shoplifters (Jepang), Ayka (Kazakhstan), Capernaum (Lebanon), Roma (Meksiko), Cold War (Polandia) dan Burning (Korea Selatan).

Mengangkat tema kesetaraan gender, Marlina Si Pembunuh Empat Babak resmi menjadi wakil Indonesia pada September lalu. Film yang disutradarai oleh Mouly Surya tersebut terpilih setelah Komite Seleksi Oscar 2019 (bentukan Persatuan Perusahaan Film Indonesia) di bawah pimpinan Christine Hakim menyeleksi 101 film Indonesia sejak Agustus.

Walaupun gagal menembus Oscar tahun ini, akun resmi Marlina di Twitter, @cinesurya pun menyampaikan bahwa mereka merasa terhormat pernah menjadi submisi resmi dan berharap di tahun-tahun berikutnya akan ada film Indonesia yang berhasil menembus kategori tersebut.

Terlepas dari kegagalannya menembus Oscar, Marlina Si Pembunuh Empat Babak telah bersinar baik di ajang penghargaan dalam negeri maupun luar negeri. Pada ajang penghargaan FFI 2018, film yang mengambil latar tempat di Sumba tersebut sukses memborong 10 piala Citra dari 14 kategori yang diterimanya termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Marsha Timothy.

Sedangkan dari kancah internasional, Marlina juga sukses meraih beberapa penghargaan seperti Film Terbaik pada Tokyo Filmex 2017 bersama Sekala Niskala yang juga merupakan film Indonesia. Tak hanya filmnya yang sukses meraih penghargaan, Marsha Timothy juga memperoleh predikat Aktris terbaik pada Sitges International Fantastic Film Festival di Spanyol. Pemeran Marlina tersebut sukses mengalahkan Nicole Kidman, Masami Nagasawa, dan Monika Balsai.