Menyusul kesuksesan Black Panther sebagai film superhero Afrika-Amerika pertama, Marvel Studios dilaporkan akan segera memproduksi Shang Chi menjadi film superhero Asia pertama.

Dilansir dari Deadline, Marvel saat ini telah menetapkan Dave Callaham, penulis keturunan Cina-Amerika untuk menulis naskah kisah Master Kung Fu tersebut. Selain itu, studio tersebut dikabarkan akan mencari sutradara keturunan Asia dan Asia-Amerika untuk menghasilkan sesuatu yang tidak kalah monumental dengan Black Panther.

Seperti yang diketahui, Black Panther menjadi pencapaian yang cukup sukses dari Marvel dengan menghadirkan budaya Afrika dan Afrika-Amerika. Tak hanya itu, jajaran pemain hingga sutradara dan penulis naskah film tersebut juga dipenuhi oleh aktor maupun sineas berkulit hitam. Dengan demikian, penggarapan Shang Chi juga dikerjakan dengan tujuan yang sama dengan Black Panther.

Berdasarkan laporan Deadline, sebuah sumber menyebutkan pemilihan Callaham sendiri dikarenakan kepercayaan kuat dalam pahlawan super dan membangun dunia franchise serta pengalaman pribadinya sebagai keturunan Cina-Amerika akan membentuk mitologi Shang Chi.

Pertama kali muncul di Edisi Spesial Marvel #15, Desember 1973, Shang Chi merupakan tokoh yang diciptakan pada masa ketika film beladiri asal Hong Kong sangat terkenal di Amerika Serikat tepatnya di era kejayaan Bruce Lee.

Shang Chi sendiri merupakan putra dari pengusaha global yang berbasis di Tiongkok. Sejak kecil, tokoh karangan Steve Englehart dan Jim Starlin ini dibesarkan dengan lingkungan yang tertutup dari dunia luar. Walaupun demikian, ia mempelajari ilmu bela diri dan mempunyai kemampuan yang luar biasa.

Ketika terjun ke dunia luar, ia menemukan sang Ayah tidaklah memiliki sifat kemanusiaan yang tinggi seperti yang selama ini dikenalnya. Nyatanya, ayahnya memiliki sikap yang tampak seperti sebutan orang-orang kepadanya, The Devil’s Doctor dan telah berabad-abad hidup. Kenyataan ini pun membuat keduanya menjadi musuh.

Ini bukanlah kali pertama proyek Shang Chi akan digarap oleh Marvel. Beberapa tahun sebelum Iron Man, tepatnya pada tahun 2005, Marvel mengumumkan akan membuat film dari properti yang dimilikinya yang mana salah satunya adalah Shang Chi. Walaupun demikian, setelah beberapa lama kabar tersebut pun menghilang begitu saja. Diduga hal ini karena adanya perubahan rencana terutama berubahnya kerja sama Marvel yang pada awalnya bersama Paramount Pictures menjadi Disney.

Selain penulis naskah, hingga saat ini belum ada bocoran mengenai jajaran pemain maupun sineas yang akan terlibat dalam Shang Chi.