Langkah Disney dan Fox menuju kesepakatan merger semakin dekat.

Dilansir dari THR, lewat pernyataan resminya, baik pemegang saham Disney maupun 21st Century Fox sama-sama menyetujui keputusan Disney membeli aset mayor Fox pada angka $71,3 miliar. Dilaksanakan di hotel New York Hilton Midtown, kesepakatan antar pemegang saham tersebut hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit untuk perolehan suara mayoritas atas pembelian aset Fox oleh Disney.

“Kami sangat senang dengan semua pemegang saham dari kedua perusahaan yang mengabulkan permintaan kami untuk melangkah maju, dan sangat percaya diri dengan kemampuan kami untuk menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan melalui akuisisi dari aset premier Fox,” ungkap Pimpinan Eksektutif Disney, Robert. A. Iger.

Disney akan memiliki hak-hak untuk film-film 20th Century Fox seperti Avatar, X-Men, Titanic serta acara TV seperti The Simpsons dan This is Us. Tak hanya itu, kesepakatan ini juga memberikan Disney jaringan TV kabel FX dan National Geographic, memiliki kontrol di Hulu, layanan streaming yang memiliki lebih dari 20 juta pelanggan, dan Star, salah satu perusahaan media yang berkembang pesat di India.

Keputusan merger dengan Fox menjadikan konten yang dimiliki Disney semakin banyak setelah sebelumnya perusahaan tersebut telah memiliki Lucasfilm (Starwars), Marvel Entertainment dan Pixar Animation Studios.

Yang paling menarik perhatian dari kesepakatan ini adalah kembalinya karakter-karakter Marvel yang dimiliki Fox. Sejak 2009, Disney telah memiliki mayoritas karakter Marvel yang mereka tampilkan dalam Marvel Cinematic Universe. Namun beberapa di antaranya masih ada yang dimiliki perusahaan lain, seperti Spider-Man masih di bawah kepemilikan Sony (walaupun kesepakatan tahun 2015, Sony meminjamkan Spider-Man ke MCU). Sedangkan untuk 20th Century Fox, perusahaan tersebut memegang franchise Marvel yaitu, X-Men (termasuk Deadpool) dan Fantastic Four.

Tentunya, dengan kesepakatan merger yang semakin di depan mata, seluruh karakter Marvel di bawah Fox akan berada di bawah satu naungan. Dan tidak menutup kemungkinan, Fantastic Four dan X-Men akan diperkenalkan kembali dalam Marvel Cinematic Universe Phase 4. Terlebih menyusul kegagalan dari film Fantastic Four pada 2015 lalu yang gagal dari segi komersil maupun kritik.

Disney diperkirakan akan membayar sekitar $ 35,7 miliar dalam bentuk tunai dan sekitar 343 juta saham New Disney kepada pemegang saham Fox sehingga ketika nantinya transaksi selesai mereka akan memiliki 17-20 persen dari New Disney.

Pada awalnya, Disney mengajukan tawaran $52,4 miliar dalam bentuk saham untuk aset Fox, namun tak lama Comcast menawarkan angka lebih tinggi yaitu $65 miliar dalam uang tunai. Akhirnya, Disney pun menaikkan tawarannya menjadi $71,3 miliar (gabungan tunai dan saham).

Bulan lalu, Departemen Keadilan Amerika Serikat mengabulkan merger antara kedua perusahaan dengan syarat Fox Sports Regional Networks harus dijual daripada diberikan ke Disney. Walaupun demikian, tinjuauan lain dari beberapa agensi masih diperlukan.

Adapun, bagian yang tidak dibayarkan dari Fox, akan dikenal sebagai ‘New Fox’, yang meliputi Fox News Channel, Fox Business Network, FS 1 dan FS2.