Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) resmi meluncurkan acara LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018. Adapun untuk acara yang diluncurkan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Mall ini, Bekraf menggandeng Miles Films dan International Design School (IDS).

LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 ini dilaksanakan guna menyambut ajakan Presiden Jokowi yang ingin kembali menggalakkan produksi lagu anak-anak.

“Dalam pertemuan saya dan Mira Lesmana dengan Pak Jokowi beberapa waktu lalu, beliau menegaskan bahwa kondisi memprihatinkan ini harus segera diatasi. Inilah inisiatif Bekraf untuk menjawab keprihatinan tersebut. Harapannya, LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 dapat memicu kreatifitas dan produktivitas masyarakat dan pelaku industri musik untuk menghasilkan lagu anak-anak yang berkualitas,” tutur Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf saat berlangsungnya press conference LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018.

 

Kerjasama Bekraf dengan Miles Films ini juga bertepatan dengan penggarapan film anak terbaru berjudul Kulari Ke Pantai. Direncanakan akan rilis Juni mendatang, keduanya memiliki kesamaan semangat untuk memeriahkan kembali dunia hiburan yang berkualitas untuk anak-anak, khususnya film dan lagu.

Menurut Triawan, hal ini menjadikan Miles Films menjadi partner yang cocok untuk program LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018. Terlebih mengingat, jejak rekamnya yang telah menghasilkan kesuksesan baik dari segi film maupun soundtrack yang mengiringinya.

Lomba Cipta Lagu Anak 2018 Lomba Cipta Lagu Anak 2018

Dalam kesempatan yang sama, Mira Lesmana juga mengungkapkan bahwa ia senang terlibat dalam acara ini. Sejak awal perencanaan acara ini, produser film Kulari ke Pantai ini merasa optimis bahwa lomba ini akan melahirkan banyak lagu anak-anak yang tidak hanya berkualitas dari segi musikalitas, tapi juga menghibur dan mendidik.

Selain melahirkan lagu anak yang berkualitasLOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 juga bisa menjadi jalan untuk masuk ke dunia industri kreatif.

“Melalui ajang LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 tidak hanya para musisi dan pekerja seni, tapi juga kalangan lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Karena selain bertujuan untuk mendorong kemajuan  film dan lagu anak nasional, lomba ini juga bertujuan untuk memfasilitasi pelaku kreatif untuk ikut berkontribusi nyata dalam membangun ekonomi kreatif khususnya melalui industri film dan musik Indonesia.” ujar Roy Adimulyo, Managing Director IDS.

Sejalan dengan visi IDS sebagai institusi pendidikan, IDS pun mendukung penuh program ini.

“Sejalan dengan visi IDS sebagai institusi pendidikan, IDS mendukung penuh program ini karena yakin dengan kolaborasi antara pemerintah dan praktisi di dunia musik dan film, program ini akan membawa semangat baru khususnya dalam dunia seni anak-anak bangsa.” lanjutnya.

Lomba Cipta Lagu Anak 2018 Lomba Cipta Lagu Anak 2018

Terdapat lima dewan juri dalam LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 yaitu Triawan Munaf (Ketua Bekraf), Mira Lesmana (Produser film Kulari Ke Pantai), Riri Riza (Sutradara film Kulari Ke Pantai), Aksan Sjuman (Penata Musik film Kulari Ke Pantai), dan RAN (salah satu pengisi album soundtrack film Kulari Ke Pantai).

Dari para konstentan akan dipilih lima lagu yang nantinya dibawakan oleh pemeran anak-anak film Kulari Ke Pantai. Lagu tersebut juga akan direkam dalam album kompilasi film Kulari ke Pantai.

Pada akhir lomba, 2 pemenang yang terpilih yaitu Pemenang Pilihan Publik dan Pemenang Utama Pilihan Dewan Juri, yang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total 100.000.000 rupiah dan dibawakan dalam acara Gala Premiere film yang disuradarai Riri Riza tersebut pada Juni 2018 mendatang. Dan pemenang utama akan dibuatkan video klip musik.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara ini dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan contoh lagu dalam format MP3 ke lombaciptalaguanak@gmail.com. Pendaftaran akan ditutup pada 15 Mei 2018.