Loading...

Liburan panjang selalu identik dengan persaingan box office. Di pekan liburan Natal ini, Aquaman sukses menduduki posisi puncak box office domestik Amerika maupun Internasional. Walaupun demikian, untuk perolehan domestik Aquaman berada sedikit di bawah prediksi.

Baru memasuki pekan perdana penayangannya di Amerika, dilaporkan oleh Box Office Mojo Aquaman dengan mudah memuncaki box office dengan meraih $67.4 juta. Sebelumnya, film yang disutradarai oleh James Wan tersebut diperkirakan akan mengumpulkan sekitar $70 juta. Angka ini juga menjadi yang terendah untuk film rilisan DC Extended Universe. Sebelumnya, total pendapatan terendah dari DC Extended Universe ditempati oleh Justice League dengan $ 93.8 juta.

Namun, hal tersebut bukanlah kekhawatiran untuk Aquaman karena film tersebut sukses memuncaki box office internasional selama tiga pekan berturut-turut. Pekan ini, film keenam DCEU tersebut menambah pundi-pundi sebesar $91.3 juta dari 70 pasar internasionalnya. Angka ini menjadikan total perolehan Aquaman dari perilisan internasionalnya adalah $410.7 juta dan pendapatan global $ 482.8 juta.

Perolehan terbesar dari pasar internasional tidak lain dan tidak bukan datang dari Tiongkok. Di Negeri Tirai Bambu tersebut, Aquaman menjadi film rilisan Warner Bros. dengan pendapatan box office terbesar dan yang ketujuh untuk film impor dengan $232.8 juta.

Pendapatan box office domestik yang sedikit di bawah ekspektasi tidak terlepas dari faktor perebutan layar yang terjadi pada musim liburan Natal. Di pekan perdananya ini, film yang dibintangi oleh Jason Momoa ini harus bersaing dengan Mary Poppins Returns dan Bumblebee. Tentunya, jika Aquaman tidak bersaing dengan kedua film tersebut, perolehan pekan pertamanya akan jauh lebih besar.

Posisi kedua box office domestik Amerika pekan ini ditempati oleh Mary Poppins Returns dengan $22.2 juta dari tiga hari pemutarannya. Sedangkan dari pemutaran internasionalnya film yang dibintangi oleh Emily Blunt tersebut mengumpulkan $20,3 juta dari 17 pasar internasionalnya. Di Indonesia sendiri, sekuel Mary Poppins ini baru ditayangkan pada pemutaran tengah malam pada Sabtu (22/12) dan akan tayang reguler ada hari Natal (25/12).

Bersaing ketat dengan Mary Poppins Returns, Bumblebee menempati posisi ketiga dengan perolehan $21 juta dari tiga hari penayangannya di Amerika. Angka ini menjadi yang terendah untuk seri Transformers. Walaupun demikian, film yang disutradarai oleh Travis Knight ini disebut-sebut sebagai seri terbaik dari karakter Hasbro tersebut.

Dari segi pendapatan internasional, Bumblebee memperoleh total estimasi $31.1 juta dari 38 pasar internasionalnya. Telah tayang di Indonesia sejak Rabu (21/12) kemarin, bersama Rusia, bioskop tanah air menyumbang pendapatan internasional terbesar dengan $4,9 juta.

Di posisi keempat, terdapat jawara box office domestik Amerika pekan lalu, Spider-Man: Into the Spider-Verse. Mengalami penurunan sebesar 50% di pekan keduanya, film produksi Sony Pictures Animation tersebut mengumpulkan $16.7 juta. Hingga saat ini, Into the Spider-Verse telah mengumpulkan $128 juta dari seluruh dunia.

Memasuki pekan ketujuh penayangannya, salah satu film Natal tersukses sepanjang masa The Grinch masih menambah sukses $8.1 juta. Dengan total pendapatan domestik $253.2 juta, film tersebut sukses menggeser Despicable Me dari posisi ke-6 film rilisan Universal Pictures dengan pendapatan domestik tertinggi.

 

Loading...