Loading...

Pekan ini, Oscar 2019 kembali menuai kritikan usai memutuskan empat kategori yang pemenangnya akan dibacakan saat iklan. Saat berita tersebut beredar, pembuat film seperti Guillermo del Toro dan Alfonso Cuarón pun menyampaikan keberatannya lewat media sosial. Kini, Quentin Tarantino, Martin Scorsese dan puluhan sineas perfilman membuat surat terbuka untuk memprotes keputusan tersebut. Selain kedua sutradara tersebut, surat yang  pertama kali dibagikan kemarin ini juga memuat lebih dari 40 sinematografer dan sutradara ternama termasuk Spike Lee, Roger Deakins, Ang Lee, dan Damien Chazelle.

Dikutip dari Variety, surat terbuka tersebut menyebut bahwa keputusan The Academy tersebut telah lari dari misi awal The Academy.

“The Academy didirikan tahun 1927 untuk mengenali dan menjunjung tinggi kehebatan dalam seni sinema, menginspirasi imajinasi dan membantu menghubungan dunia lewat medium universal dari film bergerak. Sayangnya, kita telah terpisah dari misi ini demi menampilkan hiburan dibandingkan menghadirkan sebuah perayaan dari bentuk seni kami dan orang-orang di belakangnya. Menurunkan seni sinematik esensial ini ke status yang lebih rendah dalam penghargaan Academy Awards ke-91 ini tidak kurang dari sebuah penghinaan untuk kami yang telah mengabdikan hidup dan semangat kami untuk profesi pilihan kami.”

Lebih lanjut, surat tersebut juga menjelaskan sepanjang perjalanan The Academy untuk membuat acaranya tetap menarik, belum pernah hal tersebut mengorbankan misi awal dari acara ini. Penjelasan tersebut pun ditutup dengan menguti kalimat Seth Rogen yang juga ikut menandatangani surat terbuka tersebut.

 “Ketika pengakuan untuk mereka yang bertanggung jawab atas kreasi luar biasa sinema dihilangkan oleh institusi yang seharusnya melindunginya, maka kami tidak lagi menjunjung semangat dari janji Academy untuk merayakan film sebagai bentuk seni kolaboratif. Mengutip dari kolega kami Seth Rogen, “Apa cara yang lebih baik untuk merayakan pencapaian dalam film selain untuk TIDAK secara terbuka memberikan penghormatan kepada orang-orang yang pekerjaannya adalah membuat film.”

Hingga saat ini, surat terbuka tersebut telah ditandatangani sederet bintang papan atas dan sineas ternama mulai dari pemenang Oscar Brad Bird, Chrisopher Nolan, Guillermo del Toro, Alfonso Cuarón, Brad Pitt, George Clooney, Sandra Bullock, Kerry Washington, Jeff Bridges, Emma Stone, Alejandro G. Inarritu, Joel Coen, Ron Howard, Holly Hunter, Paul Giamatti, Frances McDormand, Spike Jonze, Alexander Payne, dan Kate Winslet.

Loading...