Loading...

Marvel Comics baru saja kehilangan satu tokoh legendarisnya, Stan Lee. Penulis komik sekaligus salah satu kreator dari karakter ikonik seperti Iron Man, X-Men, Spider-Man tersebut meninggal pada usianya yang ke 95. Tentunya, hal ini meninggalkan duka yang mendalam bagi para penggemarnya terutama yang selalu menantikan penampilan cameonya pada film-film Marvel.

Walaupun demikian, penampilan cameo terakhir dari Stan Lee masih dapat disaksikan dalam Avengers 4. Hal ini pun dikonfirmasi secara resmi oleh Anthony dan Joe Russo. Sebagaimana dilaporkan oleh CBR, dalam wawancara dengan BBC Radio Scotland April lalu, sutradara Avengers: Infinity War tersebut menjamin kehadiran Stan Lee dalam Avengers 4.

“Jadi, Stan, biasanya kami mencoba membawanya — dia tidak suka terbang — jadi kami mencoba membawanya untuk cameo dalam waktu bersamaan,” ungkap Russo.“Jadi jika kami menjalankan pengambilan gambar film lain di lokasi yang sama dengan yang sedang kami kerjakan, seperti Ant-Man 2 atau Avengers 4, kami menggabungkan cameonya bersama dan memindahkannya dari satu set ke selanjutnya dan semacam menyelesaikan cameonya dalam satu hari,” lanjutnya.

Stan Lee meninggal pada 12 November, pagi hari waktu setempat di Cedars-Sinai Medical Center. Merilis kabar resmi ke Reuters, J.C Lee, anak perempuannya menuliskan bahwa ayahnya adalah sosok yang tak tergantikan.

“Dia mencintai hidupnya dan mencintai apa yang ia kerjakan untuk hidup. Keluarga dan penggemar mencintainya. Dia tak tergantikan.”

Walaupun tidak menyebutkan penyebab kematian Stan Lee, sebuah situs berita, TMZ Celebrity menuliskan bahwa sebuah ambulans dipanggil ke kediamannya pada Senin.

Tak ketinggalan, presiden Marvel Studios, Kevin Feige juga turut menyampaikan tributnya.

“Tidak ada orang lain yang meninggalkan pengaruh lebih banyak pada karirku dan semua yang kami kerjakan di Marvel Studios selain Stan Lee. Stan meninggalkan warisan yang luar biasa yang akan tetap hidup melebihi kita semua.”

Lahir dengan nama Stanley Martin Lieber pada tahun 1922, Lee lahir di keluarga tidak mampu. Di usianya yang ke-17, untuk pertama kalinya ia mendapatkan pekerjaan di perusahaan penerbit milik saudaranya, Martin Goodman. Dari sinilah, ia mulai menulis skrip untuk komik pahlawan super dan komik misteri sebelum akhirnya menjadi editor di usianya yang ke-19.

Pada awalnya, ia sempat merasa rendah diri karena pekerjaannya tidak seperti orang lain. Bahkan, ia sempat menganggap pekerjaannya tidak penting.

“Orang-orang membangun jembatan dan terlibat dalam penelitian medis, dan di sini saya mengerjakan cerita tentang orang-orang yang melakukan hal luar biasa, gila dan memakai kostum. Tetapi saya rasa saya telah sadar bahwa hiburan tidak mudah dibubarkan,” ungkanya pada Chicago Tribune tahun 2014 silam.

Mengikuti DC yang menciptakan kelompok pahlawan super lewat Justice League, Stan Lee dan Jack Kirby pun meluncurkan sendiri milik mereka yang dinamai dengan Fantastic Four. Setelah itu lahirlah karakter-karakter baru seperti Hulk, Spider-Man, Doctor Strange, Daredevil dan X-Men sedangkan untuk Avengers baru diluncurkan dengan nama sendiri pada September 1963.

Jauh sebelum karakter Marvel hadir di layar lebar, mereka hadir di televisi seperti acara animasi Spider-Man (ABC, 1967-1970) dan The Incredible Hulk (CBS, 1977-1982) yang mana menceritakan kisah Dr. David Banner (Bill Bixby) yang berubah menjadi Hulk (Lou Ferrigno) ketika ia merasa marah.

Dengan hasil kerjanya dan kolaborasinya dengan beberapa penulis-seniman Jack Kirby, Steve Ditko, dan lainnya, Lee berhasil memajukan Marvel dari bisnis kecil menjadi penerbit buku komik nomor 1 di dunia hingga sekarang menjadi raksasa multimedia. Di tahun 2009, perusahaan Walt Disney membeli Marvel Entertainment seharga $4 milyar.

Setelah itu, kesuksesan pun berlanjut dengan kehadiran Marvel Cinematic Universe. Tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini, film-film superhero yang masuk dalam jejeran film tersukses sepanjang masa datang dari karakter Marvel termasuk yang teranyar Avengers: Infinity War yang sukses mengumpulkan $2.05 milyar dari peredarannya di seluruh dunia.