Masih ingat karakter Mutt Williams, putra Indiana Jones (Harrison Ford) yang diperankan oleh Shia LaBeouf?  Tokoh tersebut dipastikan tidak akan muncul dalam seri kelimanya. “Harrison berperan sebagai Indiana Jones, itu yang dapat saya pastikan. Dan karakter Shia LaBeouf tidak ada di dalam film”, ungkap David Koepp, penulis naskah Indiana Jones 5 kepada Entertainment Weekly.

Seperti yang diketahui, karakter yang diperankan oleh Shia LaBeouf merupakan anak dari Indiana Jones yang muncul dalam film keempat yaitu Indiana Jones: Kingdom of the Crystal Skull. Banyak spekulasi mengatakan bahwa aktor dari seri trilogi pertama Transformers tersebut akan melanjutkan tongkat estafet Indiana Jones dari Harrison Ford.

Jika melihat ke belakang pada akhir film keempat, adegan terakhir adalah ketika anak laki-laki Indiana Jones mengambil topinya dan hampir memakainya sebelum pada akhirnya dihentikannya dengan berkata, “Belum waktunya, nak”.

Adegan ini setidaknya walaupun menyiratkan bahwa anaknya akan mengikuti langkahnya, namun bisa juga menyiratkan bahwa ia belum siap untuk menjadi petualang seperti Indiana Jones. Maka dari itu, tidak akan sulit untuk menghilangkan karakter tersebut, mengingat respon yang juga tidak terlalu positif terhadap penampilan LaBeouf.

Tak hanya respon yang kurang baik, pada acara Cannes Festival Film 2010, dalam wawancaranya dengan Los Angeles Times, Shia LaBeouf sempat mengkritik produksi film yang disutradarai oleh Steven Spielberg tersebut. Yang mana pada tahun 2011, Ford merespon dengan menyebut Shia LaBeouf “f—g idiot”. 

“Saya merasa telah melakukan kesalahan pada warisan yang orang cintai dan hargai. Kami [Harrison Ford dan LaBeouf] melakukan diskusi besar. Dia [Ford] juga tidak terlalu senang dengan itu. Lihat, film ini bisa lebih diperbarui. Ada alasan mengapa itu tidak diterima secara universal.” 

Saat ini, Indiana Jones 5 telah memasuki proses pra produksi di mana Koepp mengungkapkan bahwa ia dan Spielberg telah puas dengan versi naskah yang sekarang dan proses produksi akan berjalan secepatnya.

“Saya tahu, kami mendapatkan skrip yang paling kami senangi. Pekerjaan tidak akan habisnya, tentu saja dan akan terus berlanjut, dan Steven baru saja selesai syuting The Post…. Jika para pemain siap, mudah-mudahan ini akan menjadi film selanjutnya.”

Indiana Jones 5 direncanakan akan rilis di bioskop pada tahun 2020 mendatang.