Sejak menggunakan The Last Jedi sebagai sub judul dari Star Wars Episode VIII, banyak spekulasi muncul mengenai siapa yang dimaksud sebagai Jedi terakhir dalam film tersebut. Mulai dari dugaan bahwa The Last Jedi adalah Luke Skywalker, Rey atau bahkan kata tersebut bermakna plural.

Menjawab dugaan tersebut, Sutradara Star Wars: The Last Jedi, Rian Johnson akhirnya mengungkapkan siapa The Last Jedi dalam wawancaranya dengan New York Times.

“Luke Skywalker, saat ini, adalah Jedi terakhir. Selalu ada ruang di dalam film ini — semuanya berasal dari sudut pandang tertentu — tetapi masuk ke dalam kisah kami, dia adalah Jedi terakhir yang sebenarnya. Dan ia mengasingkan dirinya sendiri dan seorang diri di pulau ini, untuk alasan yang tidak diketahui.”

Seperti yang diketahui, saat ini dalam semesta Star Wars, satu-satunya Jedi terakhir yang masih hidup adalah Luke Skywalker (Mark Hamill). Ketika ia mengajar murid calon Jedi, Kylo Ren (Adam Driver) pada akhirnya membantai semuanya yang sekali lagi membuatnya sebagai satu-satunya Jedi. Ia pun mengasingkan diri dari dunia luar dan pertempuran melawan The Dark Side.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Luke akan Jedi terakhir mengingat dua karakter baru dari film sebelumnya, Rey dan Finn menunjukkan potensi yang cukup impresif. Terlebih, jika nantinya Luke dapat dibujuk untuk bergabung kembali dengan Resistance dan menjaga Jedi Order tetap berjalan, mungkin ia akan memiliki dua penerus.

Star Wars Episode VIII: The Last Jedi akan melanjutkan kisah dari The Force Awakens yang sebelumnya disutradarai oleh J.J Abrams. Film ini akan menjadi penampilan terakhir dari mendiang Carrie Fisher, yang mana Lucasfilm tidak berniat untuk menciptakan dirinya secara digital di film-film yang akan hadir di masa depan.

Selain mengenai siapa The Last Jedi dan teaser yang dibagikan pada bulan April lalu, tidak banyak yang diketahui dari film kedelapan Star Wars tersebut. Jalinan kisah dan karakter baru yang diperankan oleh Benicio Del Toro dan Laura Dern hingga saat ini masih menjadi rahasia.

Dibintangi oleh Daisy Ridley, John Boyega, Mark Hamill dan Adam DriverThe Last Jedi direncanakan rilis di Amerika Serikat pada 15 Desember 2017 mendatang.