Beberapa bulan setelah dipecatnya James Gunn dari proyek Guardians of the Galaxy 3 tentunya menimbulkan spekulasi tentang siapa yang akan menggantikan posisi sang sutradara. Salah satu kandidat yang sering disebut-sebut menggantikannya tidak lain dan tidak bukan adalah Taika Waititi. Sayangnya, sutradara Thor: Ragnarok tersebut memastikan dirinya tidak akan terlibat dalam penyutradaraan Guardians of the Galaxy 3.

Dikutip dari Deadline, dalam acara TCA (The Television Critics Assosiation) bersama FX tersebut, Taika Waititi menjelaskan dirinya tidak akan terlibat dan ingin menggarap film Marvel lainnya.

“Saya masih bertemu dengan mereka [Marvel]. Saya ingin mengerjakan film lain dengan mereka,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ketika ia ditanyai mengenai apakah dirinya sempat bertemu dengan pihak Marvel untuk membahas tentang dirinya menggantikan Gunn, ia langsung membatah tersebut.

“Saya benar-benar tidak. Untukku, itu adalah filmnya James [Gunn]. Melakukan hal seperti itu dengan seluruh jejaknya ada di seluruh film, akan seperti masuk ke rumah seseorang dan berkata ‘Hey, Saya adalah ayah barumu, dan ini adalah cara kita membuat roti lapis selai kacang sekarang.’ Itu terasa sedikit canggung,” jawabnya.

Proyek Guardians of the Galaxy 3 hingga saat ini harus terhenti sejenak usai kasus beredarnya cuitan Twitter James Gunn di masa lalu. Cuitan 10 tahun lalu yang berisi kalimat-kalimat rasis, melecehkan hingga bernada pedofil itu mau tak mau membuat James Gunn dipecat dari proyek tersebut.

Bukan menjadi rahasia pula bahwa Gunn memang memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pengerjaan Guardians of the Galaxy ke layar lebar. Tidak hanya menyutradarai sekaligus menulis naskah untuk dua film Guardians, Gunn bahkan menulis dialog untuk karakter tersebut dalam Avengers: Infinity War. Tentunya, hal ini mau tak mau pun membuat sutradra impian para penggemar seperti Taika Waititi dan Edgar Wright enggan menjadi suksesor.

Terlepas dari belum adanya sutradara, Chris Pratt menjanjikan bahwa Guardians of the Galaxy 3 akan tetap dibuat. Walaupun demikian, proyek tersebut akan tetap dihentikan sementara hingga masalah mengenai sutradara terselesaikan. Tak hanya itu, kandidat yang dicari pun harus mampu mengarahkan film tersebut sesuai material yang diberikan Gunn mengingat Marvel tetap menggunakan naskah yang ditulisnya.

Untuk Taika Waititi sendiri, belum diketahui proyek baru apa yang akan dikerjakan olehnya bersama dengan Marvel. Saat ini, Waititi sedang disibukkan dengan film terbarunya yang mengangkat kisah simpanse milik Michael Jackson, Bubbles untuk Netflix.