Masih segar dalam ingatan awal Januari lalu, gadis pembawa air Golden Globe Awards 2019 menjadi viral usai muncul di belakang aktor dan aktris yang sedang dipotret. Usai terkenal di dunia maya, baru-baru ini model yang bernama Kelleth Cuthbert tersebut mengajukan tuntutan kepada perusahaan air mineral yang membuatnya terkenal, Fiji Water.

Tuntutan ini berawal dari keputusan Fiji Water dan The Wonderful yang melakukan kampanye pemasaran dengan menggunakan sensasi viral yang diciptakannya pada ajang Golden Globe kemarin. Adapun, model yang memiliki nama asli Kelly Steinbach ini mengaku bahwa pemasaran tersebut dilakukan tanpa seijinnya.

gadis pembawa air golden globe

Tepat setelah penampilannya viral di Golden Globe 2019, Fiji Water menggunakan potongan kardus Cuthbert untuk mempromosikan produknya. Dilansir dari The Blast, dalam dokumen tuntutan yang diajukan Cuthbert mengklaim bahwa Fiji dengan sengaja menekan model tersebut untuk membuat rekaman video pura-pura menandatangani dokumen palsu sebagai perwakilan dari Fiji Water.

“Dokumen palsu Steinbach yang pura-pura ditandatangani oleh Steinbach untuk promosi potensial di masa depan bukanlah sebuah perjanjian. Dokumen palsu tersebut tidak ditandatangani oleh Fiji Water dan kemudian dihancurkan oleh Steinbach,” tulis pengacara Kimberly Buffington dalam komplain yang diajukannya.

Tak hanya itu, Steinbach juga menduga bahwa “Fiji Water Girl” telah menghasilkan setidaknya $12 juta untuk merek tersebut. Di lain sisi, ia menyebutkan penggunaan tanpa ijin telah merusak “kedamaian, kebahagiaan, perasaan, niat baik, posisi profesional dan nilai publisitasnya di masa depan”. Bersama tuntutan ini, Kelleth Cuthbert berharap Fiji Water akan memberikan ganti rugi dan pembagian profit dari Fiji Water.

Menyusul tuntutan tersebut, pihak Fiji Water pun pernyataan yang mengklaim bahwa gugatan tersebut tidak berdasar.

“Gugatan ini dangkal dan sepenuhnya tidak berdasar. Setelah moment media sosial Golden Globes, kami menegosiasikan perjanjian yang murah hati dengan Nona Cuthbert yang mana dengan terang-terangan dia langgar.”

“Kami percaya diri bahwa kami akan menang di Pengadilan. Sepanjang sejarah kami, kami telah memiliki reputasi bekerja sama dengan orang yang berbakat,” tambahnya.

Sosok Kelleth Cuthberg viral dikarenakan gadis tersebut kerap tertangkap kamera di belakang aktor dan aktris yang hadir di karpet merah mulai dari Richard Madden sampai Jim Carrey. Aksi tersebut tidak hanya mencuri perhatian namun juga disebut sebagai ‘publicity stunt’. Setelah viral, gadis ini sempat tampil menjadi cameo dalan serial TV CBS yang berjudul Bold and Beautiful.