Film horor rilisan Netflix, Bird Box baru-baru ini menjadi viral di dunia maya. Mengumpulkan 45 juta penonton dalam 7 hari perilisannya, film yang diangkat dari novel berjudul sama dari Josh Malerman ini pun menjadi film Netflix dengan penayangan terbanyak. Kesuksesan ini tidak hanya membuatnya viral lewat meme yang lucu namun juga hal-hal berbahaya yang dilakukan penontonnya untuk menjadi terkenal.

Dalam filmnya, Bird Box sendiri menceritakan kisah perjuangan seorang perempuan (Sandra Bullock) dan sepasang anak laki-laki dan perempuan yang harus menutup matanya demi menghindari fenomena supranatural yang membuat seseorang ingin bunuh diri. Adegan menutup mata untuk melakukan segala kegiatan ini pun mau tak mau mengundang para penonton untuk melakukan #BirdBoxChallenge dan membagikannya di akun media sosial maupun Youtube.

Beberapa di antaranya menutup matanya sambil melakukan aktivitas atau melakukan reka adegan seperti di dalam film.

Karena tantangan ini, seorang anak kecil ini bahkan kepalanya terjedot.

Tak hanya masyarakat, kesempatan tersebut juag diambil salah satu kreator Youtube, Morgan Adams dengan mencoba melaksanakan kehidupannya selama satu hari dengan mata tertutup.

 

Kegiatan berbahaya ini pun memicu Netflix untuk berkomentar lewat akun media sosialnya. Lewat postingannya tersebut, Netflix melarang orang-orang melakukan Bird Box Challenge.

“Tidak percaya saya harus mengatakan ini, tetapi: TOLONG JANGAN MELUKAI DIRIMU DENGAN BIRD BOX CHALLENGE INI. Kami tidak tahu bagaimana ini dimulai, dan kami mengapresiasi cinta yang diberikan,”

Lebih lanjut dalam cuitan yang sama, merujuk pada karakter anak-anak dalam film, Netflix menulis:

“tetapi Boy dan Girl hanya memiliki satu harapan untuk 2019 dan itu adalah kalian tidak berakhir di rumah sakit karena meme.”

Bird Box telah bisa disaksikan sejak 21 Desember 2018 lalu di Netflix Indonesia.