Para penggemar Suicide Squad rasanya harus menunggu sedikit lebih lama untuk sekuel dari film tersebut. Produksi Suicide Squad 2 dikabarkan tidak akan dilaksanakan hingga 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan oleh padatnya salah satu bintang utama, Will Smith.

Kabar tersebut datang dari tweet salah satu reporter Variety, Justin Kroll. Melalui Twitter-nya, ia menuliskan, “Jadi mendengar kabar paling awal, Suicide Squad 2 tidak akan masuk proses produksi hingga musim gugur 2018 karena jadwal Smith dengan ALLADIN dan GEMINI.”

Seperti yang telah diketahui, Will Smith saat ini memang telah terikat beberapa kontrak besar. Suami dari Jada Pinkett Smith tersebut akan berperan sebagai Genie, dalam adaptasi live-action DisneyAlladin‘ dan juga bermain sebagai seorang pembunuh bayaran yang akan bertarung dengan klon dirinya yang lebih muda dalam arahan Ang LeeGemini Man‘.

Dengan Harley Quinn (Margot Robbie) yang direncanakan akan disorot lebih jauh dalam spin-off Gotham City Sirens. Selain itu, juga ada proyek untuk film Joker/Harley Quinn yang akan dibintangi oleh Jared Leto dan Margot Robbie. Tak heran, karakter Deadshot menjadi kandidat bintang utama dari sekuel Suicide Squad tersebut.

Kesibukan Will Smith ini mau tak mau akan membuat rencana DC dan Warner Bros untuk melakukan produksi Suicide Squad 2 pada musim semi 2018 tertunda. Ditambah lagi, hingga saat ini Suicide Squad 2 belum mendapatkan sutradaranya setelah posisi tersebut ditinggalkan oleh Juame Collet-Serra (The Shallows) pada awal tahun ini. David Ayer, yang sebelumnya menggarap film pertamanya memilih fokus pada spin-off Gotham City Sirens.

Saat ini, seluruh jadwal produksi untuk proyek masa depan DC Extended Universe bisa dibilang semakin membingungkan terutama dengan munculnya masalah ini. Walaupun telah mengumumkan proyek masa depannya pada acara San Diego Comic Con 2017, bisa dibilang tidak banyak informasi mengenai kapan proses produksi akan dimulai.

Paling tidak, kita tahu bahwa Suicide Squad 2 akan diproduksi namun hanya lebih telat daripada yang direncanakan. Dan setidaknya film tersebut baru bisa disaksikan pada tahun akhir tahun 2019, atau bahkan 2020.