Valentine Day is today, Fellas. Hari yang adalah simbol dari kasih sayang karena nilai historisnya, hari yang selalu jadi kontroversi karena di Indonesia, iya di negara-yang-katanya-penuh-dengan-nilai-keberagaman-dan-perbedaan ini hadir beberapa pihak yang serunya selalu mengharamkan hari yang notabene bagi beberapa pihak sangat menyenangkan. Demokrasi? Ahh, tapi Valentine tahun ini lucu, euforia haram mengharamkannya tidak terlalu terdengar gaungnya akibat kisruh dan sisi problematis dari PILKADA DKI yang akan berlangsung esok, 15 Februari 2017. Demokrasi? #ehh.

Tapi baiklah, tulisan ini dibuat bukan ingin membicarakan politik dan gegap gempita dari pelaksanaan PILKADA DKI itu sendiri. Tulisan ini hadir bagi kalian yang mungkin dari kemarin atau hari ini sedikit resah karena bingung. Entah bingung mikirin status single (same here!) atau ya bingung mau ngapain.. Psssttt, nih ada list seru untuk film-film apa aja sih yang bisa sedikit cheer up hati kalian yang kelabu itu atau sesederhana untuk sebuah distraksi dari kegalauan akibat apapun, bisa itu perang batin antara putus atau stay sama pacar kalian or.. perang nurani soal mau milih siapa besok… HAHAHHAA.

So, here’s the full list.

  1. Love Me If You Dare

Love-Me-If-You-Dare-images-0d39f8b6-e807-4763-9d7b-ed2d1b97a43

Film Belgia-Perancis yang dimainkan oleh Guillaume Canet dan Marion Cotillard mungkin selamanya akan menjadi salah satu drama romance terfavorit saya sepanjang masa. Love Me if You Dare menceritakan tentang sosok cinta yang terkadang haruslah ditunjukan dengan perwujudan dan action dari sekedar kata-kata cinta itu sendiri, meskipun ada harga mahal yang harus dibayar setelahnya. Buat yang bosan sama film romance Hollywood yang begitu-gitu aja, coba deh tonton film yang di sutradarain sama Yann Samuell ini, mungkin kita akan sedikit jauh lebih paham kalau cinta sejati itu bisa saja datangnya…. 10 tahun kemudian. Who knows?

Best quote:

Shopie: “Tell me that you love me first because I am afraid that if I tell you first, you’ll think that I’m playing the game”

  1. 500 Days of Summer

                                                       500_1L 

Joseph Gordon-Levitt dikisahkan selalu jatuh cinta pada perempuan dengan nama musim. Selama 500 hari lamanya, dia dibuat pusing tujuh keliling menghadapi Summer yang diperankan oleh Zoey Deschanel. This scary, sweet and absurd story line is the perfect definition that love and heart break is nearly related to each other. But it is only 500 days, sebelum akhirnya tokoh prianya jatuh cinta kepada… Auntum. Penonton akan dibuat kesal dan jatuh cinta setengah mati dengan sosok Summer yang kelewat annoying tapi manis pada saat yang bersamaan. Ahh, she is such a heart breaker, just like… your ex. Ehh ?

Best quote:

Tom: “People don’t realize this, but loneliness is underrated.”

  1. 50 First Dates

50_First_Dates_2004_1

Dengan mengambil lokasi syuting di Hawaii, film ini sangat amat menyegarkan mata. Ditambah dengan storyline yang tidak hanya mengundang air mata untuk menetes namun rasanya begitu banyak hal lain yang bisa diambil dari film ini. Semisal, terlepas dari kondisi apapun yang dialami oleh pasangan kita, sejatinya, iya sejatinya, cinta adalah soal menerima dan belajar untuk saling mengisi. Duet dari Adam Sandler dan Drew Barrymore merupakan pasangan yang sangat pas untuk memerankan karakter Henry Roth dan Lucy-the girl with short term memory loss, so she keeps repeat the same day over and over again. The playboy Henry Roth kemudian berubah menjadi devoted guy, yang akan melakukan apapun untuk bisa bersama Lucy. Kisah ini terlampau manis dan mengharukan dengan jokes yang ringan dan renyah. It’s a chick flick that anyone can enjoy from the very beginning till the end.

Best quote:

Lucy: “Nothing beats a first kiss.”

  1. The Notebook

po4ml3jmmclju1k58rha

The dazzling novel from romance writer Nicholas Sparks memang gak pernah gagal untuk bikin film yang melelehkan hati. Cerita di film ini makin terasa sendu dengan banyak dialog-dialog ‘gila’ yang bikin tangisan pecah. And also, the fact of the insanely lovable cast seperti Ryan Gosling dan Rachel McAdams yang sukses memerankan karakter utama yang ada di film ini. Dan ohh, jangan lupakan berbagai adegan memorable seperti kissing in the rain dan visual edan yang ada di film ini. Just a friendly reminder, don’t forget to bring packs of tissue, just in case you can’t hold back your teardrops.

Best quote:

Noah: “If you’re a bird, I’m a bird.”

  1. About Last Night

aboutlastnight_a

Mungkin film ini adalah contoh dari problematika percintaan di era modern fairy tale saat ini, how to bring your bedroom date into real life romance and comitment? Sedikit ironi memang, karena banyak pasanga muda dewasa ini yang tidak terpikirkan akan ‘too attached into their sex partners’. Dan ketika hal  itu menjadi nyata, maka kisruh lah yang ada. Kisah tersebut diangkat dalam film remake berjudul sama yang diperankan oleh deretan aktor kulit hitam Amerika. Ada Kevin Hart, Regina Hall, Joy Bryant dan Michael Ealy. Film ini terasa sangat nyata, menontonnya seperti melihat kisah percintaan teman kita sendiri. Kenapa film ini bisa masuk dalam deretan film yang harus kalian tonton di V-day ini? Well, its actually a personal choice, I do really like the movie. It’s so refreshing, funny, sweet and real. Untuk  yang suka komedi dan humor dari orang kulit hitam, you will love this movie. Or if you’re not, hey.. give a try and enjoy this movie like I was. You won’t regret it.

Best quote:

Joan: “Look, if he forgets to call one day, no big deal; two days, it’s an oversight. Honey, he hasn’t called you in three days; he’s sleeping with somebody else.”

  1. La La Land

La-La-Land-trailer2

Pesona dari gabungan mimpi, melankolis storyline, killer songs and dance track serta incomparable chemistry of Ryan Gosling dan Emma Stone membuat film ini menjadi masuk akal jika diganjar berbagai penghargaan dari ajang film bergengsi. Dengan latar belakang dan ending yang bitter sweet, film ini mampu membawa penontonnya pada petualangan jiwa akan realitas dan mimpi yang terkadang tidak ada dalam satu garis lurus. Such a perfect combination of satire meaning of life it self.

Best quote:

Mia (singing): “Here’s to the ones who dream / Foolish as they may seem. / Here’s to the hearts that ache. / Here’s to the mess we make.”

  1. Begin Again

NEW YORK, NY - JULY 03: Keira Knightley and Adam Levine are seen filming "Can a Song Save Your Life" on the Streets of Manhattan on July 3, 2012 in New York City. (Photo by Aby Baker/Getty Images)

Do you believe in love? Atau saya sederhanakan pertanyaannya, do you think spark will last forever on your lovestory? Although knowing that only remains of temporary period? Mungkin film ini bisa menjadi sebuah medium jawaban yang kalian cari atas pertanyaan-pertanyaan di atas. Cinta bisa saja hadir dari rasa dan asa yang sama dari dua orang yang berbeda, meski waktu dan tempatnya tidak ada yang tahu. Berangkat dari kesamaan itulah, cinta mampu tumbuh subur bahkan dalam keadaan yang tidak tepat. Meski pada akhirnya, cinta terkadang hanya bisa dititipkan, dirasa bersama dalam bejana waktu yang singkat. Bahkan dalam ketidak tahuan satu sama lainnya. Keira Knightley, Mark Rufallo dan si ganteng Adam Levine hadir dalam film musikal yang tidak hanya menyenangkan untuk disimak, namun juga menghangatkan.

Best quote:

Dan: You can tell a lot about a person by what’s on their playlist.”

  1. Before Series (Before Sunrise, Before Sunset, Before Midnight)

before_triptych

Jika kalian punya waktu banyak, maka hanya satu pesan saya. Tontonlah masterpiece satu ini. Ketiga film ini menjadi salah satu series yang akan hidup selamanya dalam benak saya. Bagaimana tidak, di film ini akting Ethan Hawke dan Julie Deply terasa amat natural. Dialog-dialog di dalamnya yang padahal adalah scripted, mampu dibawakan secara alami oleh kedua aktor tersebut. Berbagai topik berbada bisa hadir secara liar dan memikat, dari mulai soal hubungan dua orang dewasa, permasalahan dan filosofi hidup, seks bahkan gurauan satir tentang hidup itu sendiri. Dan itulah kekuatan film ini. Sang sutradara selalu membiarkan penontonya memiliki imajinasi liar dalam memahami apa yang tokohnya bicarakan. Film ini membuat saya selalu percaya bahwa menemukan pasangan yang tepat bukan saja karena tampak luarnya saja, namun bagaimana hubungan itu sendiri mampu hidup dari berbagai konversasi baik yang ringan maupun berat sekalipun bisa terbangun. Akan panjang sekali tulisan saya jika harus membahas secara utuh mengenai Before series ini. Mungkin akan saya jadikan bahan tulisan di lain waktu.

Best quote

Nathalia: Like sunlight, sunset, we appear, we disappear. We are so important to some, but we are just passing through.”

  1. Love Actually

Love Actually

Film arahan sutradara Richard Curtis ini dibuat dengan konsep omnibus. Ada berbagai cerita dari tokoh yang berbeda tapi masih ada dalam benang merah yang sama. Menuai banyak pujian karena film yang dibuat tahun 2003 ini menghadirkan berbagai kisah yang menghangatkan hati. Apalagi film ini dibuat dalam rangka perayaan natal. Nama besar seperti Keira Knightley, Hugh Grant, Emma Thompson, Colin Firth dan lain-lain. Cerita dari masing-masing relationship yang ada dalam film ini tidak melulu soal dua orang anak muda yang jatuh cinta, tapi lebih dari itu film ini menjelaskan dan memberi tahu bahwa cinta itu tidak sempurna, cinta itu hadir bisa dari mana saja dan siapa saja. Cinta bisa berarti perpisahan dan pertemuan yang tertunda. Cinta bisa hadir dalam momentum apapun. Selama hati kita terbuka akan cinta itu sendiri. Ahh, sungguh film yang menyenangkan ditonton bersama orang-orang terdekat kita, siapapun itu.

Best Quote

Prime minister:  “Love that word “relationship.” Covers all manner of sins, doesn’t it?”

              1. Her

spike-jonzes-her-movie-review

What criteria that you looking for in partner? Sexy, good looking, smart, easy to talk with and so on and so on. But can you imagine, kalau semua yang kita inginkan dalam sosok seorang kekasih atau teman kencan itu beneran eksis. Iya semua itu ada, tapi dalam bentuk kecanggihan teknologi yang mirip dengan Siri-nya Iphone. Itulah yang dialami oleh Theodore. Dia harus berjuang dengan logikanya sendiri dalam keadaan bahwa dia jatuh cinta dengan sebuah suara wanita yang dimainkan oleh Scarlett Johanson. Menonton film ini sungguhlah berjuta rasanya. Out of the blue, film ini seakan mengingatkan bahwa… Sometimes, we can’t be with people we fall in love with. Dan kita akan bergumam sepi dengan kata-kata kenapa dan mengapa. Namun tanpa sadar, jawabannya memang tidak ada. Yang ada hanya sebuah nalar dan logika yang mendewakan kalimat “it just didn’t work out that way” atau jika dalam bahasa lokal, ada satu kalimat sakti mandraguna yaitu “Kalo bukan jodoh, ya mau gimana.”

And now you know when your problem lies.

Best quote:

Amy: “I think anybody who falls in love is a freak. It’s a crazy thing to do. It’s kind of like a form of socially acceptable insanity.”