Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak siap mewakili Indonesia untuk bersaing dalam seleksi nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik pada ajang Oscar 2019 mendatang.

Film yang dibintangi oleh Marsha Timothy tersebut dipilih oleh menjadi wakil setelah Komite Seleksi Oscar 2019 (bentukan Persatuan Perusahaan Film Indonesia) menyeleksi 101 film Indonesia. Adapun proses pemilihan tersebut telah dilaksanakan oleh komite di bawah pimpinan Christine Hakim tersebut sejak Agustus lalu.

Sutradara Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, Mouly Surya pun turut menyampaikan kebahagiaanya lewat akun Twitternya.

“Sangat senang mendengar kepercayaan kepada Marlina yang diberikan oleh tim seleksi dan kawan2, juga penonton2 di sosial media yang dari kemarin sudah semacam kampanye di twitter dgn hashtag #marlinafortheoscars. Marlina sudah tahun lalu rilisnya tapi masih terasa kehadirannya sampai sekarang, itu rasanya luar biasa dan bikin terharu membacanya. Semoga kesempatan dan dukungan ini terus bisa mengantar Marlina secara maksimal sebagai wakil Indonesia,” tulisnya.

Bukan menjadi rahasia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan salah satu film Indonesia yang sukses melebarkan sayapnya di kancah internasional. Selain rilis di festival film bergengsi seperti Cannes dan Toronto International Film Festival 2017, Marlina juga sukses meraih beberapa penghargaan seperti Film Terbaik pada Tokyo Filmex 2017 bersama Sekala Niskala yang juga merupakan film Indonesia.

Tak hanya filmnya yang sukses meraih penghargaan, Marsha Timothy juga memperoleh predikat Aktris terbaik pada Sitges International Fantastic Film Festival di Spanyol. Pemeran Marlina tersebut sukses mengalahkan Nicole Kidman, Masami Nagasawa, dan Monika Balsai.

Sejak tahun 1987, Indonesia setiap tahunnya tak pernah absen mengirim wakil untuk Oscar. Walaupun demikian, hingga saat ini belum ada satu pun yang mampu lolos seleksi untuk menembus kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Akankah Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak berhasil? Nominasi Oscar 2019 akan diumumkan pada 22 Januari tahun depan!