Sebuah kejutan terbesar di tahun ini, Tyldum, Pratt and Lawrence are awesome!
10Overall Score

Sudah sejak tahun 2013 film-film tentang luar angkasa untuk menemukan dunia baru dan kesendirian karena terjebak diluar angkasa makin bermunculan. Sebut saja Gravity yang luar biasa bagusnya di penyutradaraan dan cinematography, belum lagi makna tentang kesendiran dan kesepian yang sangat terasa. Interstellar yang merupakan mahakarya dari Nolan yang benar-benar menembus akal pikir manusia saking jeniusnya. The Martian yang sungguh entertaining dan lucu dengan penampilan gemilang dari Matt Damon dan seperti menonton Cast Away versi terdampar di Mars. Di tahun ini munculah Passengers yang dari premis dan trailernya sendiri sudah menarik untuk disimak.

Menceritakan tentang Jim Preston (Chris Pratt) yang bangun dari hibernasi karena kapsul tempat hibernasinya rusak dan bangun 90 tahun lebih awal dari 120 tahun waktu sebenarnya. Jim merupakan salah satu dari 5rb coloni yang naik pesawat luar angkasa bernama Avalon yang ingin pergi ke dunia baru untuk ditinggali. Setelah 1 tahun lamanya, akhirnya Aurora Lane (Jennifer Lawrence) juga bangun dari tidurnya. Gw tidak akan spoiler bagaimana Aurora Lane bisa bangun, silahkan ditonton supaya mendapatkan kejutan.

Bagi sebagian orang, trailernya sedikit “menipu” atau berbeda dari ekspektasi. Tetapi, malah disana letak kejutannya, film ini menjadi berubah love and survival story.

Karakter dari Jim yang kesepian, bergelut dengan persoalan moralitas dan rasa cintanya kepada Aurora, sungguh luar biasa diperankan oleh Chris Pratt, jelas sekali layak diberikan predikat sebagai aktor Hollywood A-List Stars setelah penampilan-penampilan hebatnya di Jurassic World dan Guardian of Galaxy. Jennifer Lawrence juga sudah tidak perlu ditanyakan lagi yang sudah menjadi langganan Oscar ini terampil dalam memerankan seorang yang mempunyai impian dan tujuan hidup yang tinggi untuk bisa ke Homestead II, belum lagi aktingnya saat hubungannya dengan Jim yang pasang surut yang sempat berada di titik terendah.

Morten Tyldum yang sebelumnya sukses dengan film Headhunters dan Imitation Game yang membuatnya mendapatkan nominasi Oscar, kembali menunjukan tajinya. Visual yang futuristik dengan berbagai kecanggihan tingkat tinggi dari pesawat luar angkasa dapat diperlihatkan secara revolusioner dan visioner. Belum lagi keindahan luar angkasa yang dapat membuat anda terpukau olehnya. Gw pun jadi ingin berada di dalam pesawat tersebut. Naskahnya pun dapat membuat hubungan Jim dan Aurora yang pasang surut tersebut semakin membuat chemistry antara mereka berdua menjadi lebih dalam dan menyentuh.

Sebuah film tentang kesendirian, tujuan/impian hidup manusia dan penemuan dunia baru dibumbui dengan romantisme yang ciamik sehingga membuat hati anda menjadi tersentuh dan tergugah, visual yang membuat anda terpukau hingga survival story yang sungguh menegangkan. Salah satu film terbaik tahun ini. Gw sulit untuk menemukan kelemahan-kelemahannya, tidak ada plot hole dan semuanya pun masuk akal.