Mencekam, Mendebarkan dan Atmosferik
7Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0

Sudah tidak terhitung banyaknya film yang menampilkan ikan hiu sebagai jualan utamanya dan premisnya selalu sama yaitu ikan hiu yang siap menerkam manusia. Sebut saja Deep Blue Sea, Open Water, Shark Night, The Shallows, Bait hingga Jaws yang paling terkenal dan sekaligus yang terbaik. Adapula yang sangat absurd layaknya setipeĀ B-Movies, Sharknado yang tujuannya hanya untuk menghibur saja. Kali ini sebuah film berjudul 47 Meters Down kembali mengangkat tema ini.

2 orang wanita muda kakak beradik Lisa (Mandy Moore) dan Kate (Claire Holt) berlibur ke Meksiko. Mereka bertemu dengan 2 orang pria muda warga lokal yang mengajak mereka untuk diving di dalam sangkar ditemani dengan hiu-hiu di lautan lepas. Besoknya, keempat orang ini menaiki kapal tua dan reyot dari Captain Taylor (Matthew Modine). Setelah kedua pria itu turun dan menikmati indahnya laut dan sensasi dikelilingi oleh hiu-hiu. Giliran Lisa dan Kate. Suatu kejadian membuat rantai pengait sangkar dengan kapal putus membuat kedua wanita muda ini terjebak di dasar laut sedalam 47 meter dengan kadar oksigen yang hanya cukup untuk 1 jam saja dan tentu bahaya dari hiu-hiu terus mengintai.

1 3

Melihat dari plotnya, tentu saja terasa konvensional dan merupakan rutinitas film-film menampilkan hiu. Johannes RobertsĀ sang sutradara membuat 47 Meters Down ini straight-forward, tidak berbelit-belit dan terasa ringan untuk dinikmati. 1 jam awal ketegangan terasa kurang terbangun akibat lebih sering dialog dan minim dengan ikan hiunya, baru di 30 menit akhirlah jantung penonton akan dibuat berdebar-debar. Inilah film yang dapat membuat penonton berceletuk saat di bioskop seperti “awas”, “ayo cepetan”, “ih kok bodoh sih” dan celetukan lainnya, layaknya para penonton menjadi seorang sutradara menggantikan Johannes Roberts.

Director of Photography film ini yaitu Mark Silk yang bertugas untuk sisi sinematografi berhasil membuat suasana laut menjadi tidak nyaman, tanpa batas, terasa dalam dan klaustropobia. Apalagi disaat ada beberapa bagian laut yang cukup gelap dan tidak dapat ditangkap oleh mata manusia, membuat penonton semakin ketakutan kapan hiu-hiu tersebut akan muncul dan mengagetkan penonton.

4 2

Mandy Moore yang tampangnya masih terasa manis ini, padahal sudah berusia 33 tahun, kembali memberikan akting tipikalnya yaitu sebagai wanita muda yang polos, takut untuk mencoba hal-hal baru, pesimis dan tentu saja manis. Mandy Moore juga memperlihatkan bagaimana sedihnya saat pacarnya memutuskan dia karena menganggap dia membosankan dan menjadikan pria lokal disana sebagai pelarian. Claire Holt berperan sebagai Kate yang lebih berjiwa petualang, berani, optimis dan free-spirit ini seringkali memberikan akting yang baik sebagai pemimpin dan menuntun Lisa untuk tetap dapat bertahan hidup di dalam air.

Final Verdict:

Film hiu dengan plot tipikal yang mencekam, claustrophobic dan atmosferik. Sebuah twist di akhir menjadikan klimaksnya tercapai dan menjadi pembeda dari film-film sejenis.