John Krasinski membintangi dan menyutradarai film A Quiet Place sebuah horror menampilkan sosok monster/alien yang tidak dapat melihat namun sangat peka terhadap suara. A Quiet Place sudah rilis sejak hari ini, 3 April 2018 di bioskop-bioskop Indonesia.

Lee Abbott (John Krasinski) sebagai kepala keluarga harus melindungi keluarganya yang terdiri dari istrinya, Evelyn Abbott (Emily Blunt) dan anak- anaknya, Regan Abbott (Millicent Simmonds), Marcus Abbott (Noah Jupe), Beau Abbott (Cade Woodward) dari serangan sosok yang menyeramkan. Dalam adegan pembukaan, salah satu anaknya, Beau dimangsa oleh monster ini dan meninggal dunia. Regan menjadi merasa bersalah karena dia yang memberikan mainan pewasat kepada adiknya itu. Lee harus berjuang selama bertahun-tahun untuk tinggal di suatu rumah yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk dapat menanggulangi para monster itu, selagi terus mencari info untuk mencari kelemahan monster / alien dan pertolongan dalam dunia yang bernuansa apocalypse itu.

Sudah cukup banyak cerita mengenai monster ataupun alien invasion yang memburu manusia. Perbedaan mendasar ada di sosok monster / alien tersebut yang belum pernah ada di film-film lain. Sosok dengan kaki seperti kepiting metal dan kepala bulat layaknya alien dengan gigi tajam dan telinga yang sangat peka. Kemudian lagi adalah taglinenya yang sungguh mencekam “If They Hear You, They Hunt You”. Hampir di sepanjang film, tidak ada dialog-dialog, melainkan hanya bahasa isyarat supaya monster / alien tidak datang menyerang. Suasana bisu ini seperti dalam film yang baru-baru ini tayang The Shape of Water dan Wonderstruck. Sering juga para tokohnya berjalan atau bergerak secara perlahan untuk mengindari suara yang berisik. Hal-hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman dari para penonton dan seperti menyaksikan bom waktu yang diam-diam meledak setiap saat.

Penonton larut dalam setiap-setiap hal yang karakter lakukan, khususnya saat karakter-karakter itu melakukan sesuatu hal yang sebenarnya tidak berbahaya maupun beberapa kecerobohan yang berujung menimbulkan suara yang keras. Penonton secara tidak sadar akan ikut menahan nafas maupun suara, supaya sosok monster itu tidak datang menghampiri mereka. Apalagi saat adegan paku yang menjulang di tangga maupun adegan melahirkan yang hampir tidak mungkin untuk tidak mengeluarkan suara.

Walau tidak banyak dialog, pembangunan karakternya cukup kuat dan penonton bersimpati terhadap para tokohnya. Tekanan mental, ketakutan dan keputusasaan maupun harapan dan cinta kasih antar keluarga terangkai jelas dalam A Quiet Place.

Dengan durasi yang hanya 90 menit ini, tidak terasa film sudah habis saja. Durasinya terlampau sedikit, jika ditambahkan seharusnya akan bisa lebih baik lagi.

Final Verdict:

John Krasinski dengan menawan menampilkan skill storytelling yang sangat baik mengingat hampir tidak ada dialog sama sekali. A Quiet Place merupakan horror yang inovatif, mencekam, menegangkan, menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat penonton secara tidak sadar ikut diam dan larut dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap para karakternya.

Review A Quiet Place - Horror Minim Dialog yang Menimbulkan Rasa Tidak Nyaman Penonton
8Overall Score
Reader Rating 5 Votes
8.8