Konyol, RIngan, Lucu dan Menghibur
7Overall Score
Reader Rating 1 Vote
9.5

Bagi yang masih duduk di bangku sekolah pada masa tahun 90 an, khususnya para pria pasti mengenal yang namanya serial tv Baywatch yang dahulu diputar menjelang tengah malam di salah satu stasiun tv lokal. Tentu saja serial tv yang sebenarnya lebih cocok ditonton oleh orang dewasa ini, seringkali dilarang oleh orangtua dan para guru di sekolah. Tapi toh, para remaja yang masih tanggung ini kerapkali tidak mengindahkan larangan itu dan masih terus menontonnya, walau tergolong belum cukup umur untuk mencernanya. Guilty pleasure karena eloknya wajah maupun tubuh dari para pemainnya menjadi hal yang memicu serial Baywatch menjadi serial tv paling banyak ditonton sepanjang masa yang kabarnya telah diputar di lebih dari 144 negara ini.

Pada tahun 2012 Paramount Pictures telah merencanakan Baywatch untuk dibuat versi filmnya kembali. Setelah berbagai perencanaan, pada bulan Februari 2016 dimulai syuting berlokasi di Florida dan akhirnya tayang di bioskop-bioskop pada tahun ini. United International Pictures Indonesia sebagai pemegang lisensi distributor untuk penayangan di bioskop-bioskop Indonesia akan merilis film ini pada 15 Juli 2017 (Midnight Show) dan mulai tayang reguler pada 19 Juli 2017.

5 6

Plotnya sendiri masih generik dan cenderung dangkal, seperti halnya serial tvnya dahulu. Bercerita tentang 3 orang Baywatch (Penjaga pantai) paling senior Mitch Buchannon (Dwayne Johnson) yang sudah berjasa menyelamatkan lebih dari 500 orang, Stephanie Holden (Ilfenesh Hadera) yang menjadi tangan kanan dari Mitch dan si seksi C. J. Parker (Kelly Rohrbach) mereka menjadi mentor bagi 3 orang anggota Baywatch terbaru yaitu Matt Brody, seorang mantan atlet yang hidupnya hancur karena sering mabuk-mabukan (Zac Efron), Summer Quinn seorang surfer (Alexandra Daddario) dan Ronnie, seorang nerd yang bertubuh gemuk (Jon Bass). Suatu kejadian membuat mereka bahu-membahu dalam menginvestigasi kasus narkoba yang didalangi oleh Victoria Leeds (Priyanka Chopra).

2 4

Tentu saja saat menonton serial tv Baywatch, memang tidak dicari sebuah cerita yang mendalam, karakter yang kuat, penyutradaraan yang brilian dan berbagai hal lain yang membuat film itu bisa dikatakan bagus. Begitu pula dengan film Baywatch kali ini yang cerita dan humornya memang jauh dari kata pintar, cenderung chessy dan konyol. Tapi tetap dapat menimbulkan tawa yang cukup banyak di berbagai adegan dan yang pasti rasa terhibur melihat berbagai aksi para Baywatch. Tidak lupa trademark klasik dari Baywatch yaitu banyaknya fan service untuk para fansnya dengan memberikan adegan slow motion saat para aktor yang bertubuh six pack dan para aktrisnya yang seksi berlari di pantai yang kali ini digerakkan dengan sangat lambat. Tidak terasa ekspolitatif karena dilontarkan juga dengan lontaran ucapan humor seperti ucapan “Why does it look like she’s running in slow-mo?”. Bagi sebagian orang hal ini sangat konyol, bagaimana bisa seorang penjaga pantai berlari begitu “lambatnya” di mana mereka harus menyelamatkan korban di tengah lautan, hahaha.

3 7

Melihat dari trailer dan rating yang diberikan MPAA (The Motion Picture Association of America). yaitu R (Restricted, 17 tahun keatas atau ditemani oleh orangtua) dengan penjelasan R for crude sexual content, language throughout and graphic male nudity, tentu saja menandakan humor dewasa dan kasar akan mewarnai sepanjang film. Humor kasar tentu akan beresiko menghina atau menyinggung perasaan beberapa kalangan tertentu dan memang ada beberapa humor kasar mengenai gender, bagian tubuh ataupun ras. Bagusnya para pelakonnya, khususnya Dwayne “The Rock” Johnson yang semakin baik di karir aktingnya melontarkan berbagai humor tersebut secara fun dan playful sehingga terasa lucu. Dwayne Johnson terlihat percaya diri, karismatik sekaligus menyenangkan saat memerankan Mitch yang dahulu diperankan oleh David Hasselhoff.

Begitu pula aktor pendukungnya Zac Efron, Jon Bass, Alexandra Daddario. Zac Efron berperan sebagai Mitch yang berperilaku layaknya jerk / bad boy sekaligus penakut dan bergaya “pretty boy” sehingga dia seringkali diejek oleh Mitch dengan lontaran berbagai pop culture deretan “pretty boy” lainnya seperti Jonas Brothers, Justin Bieber, NKOTB, Malibu Ken dan tentunya High School Musical, film Disney yang melejitkan namanya. Alexandra Daddario tidak hanya sebagai pemanis, tapi dapat berakting solid baik sebagai penjaga pantai, beraksi sebagai seorang mata-mata maupun menjaga chemistry dengan Zac Efron dengan cukup baik. Jon Bass berperan sebagai karakter yang culun tapi penuh percaya diri dan kemauan yang kuat membuat perilaku konyolnya ini mirip dengan berbagai peran dari Seth Rogen maupun Jonah Hill. Bukan tidak mungkin jika dia terus konsisten, maka akan mengikuti jejak senior-seniornya itu.

Final Verdict:

Konyol, cheesy dan jauh dari kata “pintar”. Ceritanya generik, karakternya cukup dangkal, visual efeknya rata-rata dan berbagai hal lain yang dapat dikatakan dibawah standar. Tapi jelas bukan hal-hal itu yang dicari dari film Baywatch.

Humor dewasa dan cenderung kasarnya cukup banyak menimbulkan tawa di berbagai adegan berkat penampilan segar dari para aktor dan aktrisnya khususnya Dwayne Johnson, Alexander Dadario, Jon Bass dan Zac Efron. Para fans Baywatch tidak akan kecewa karena banyaknya fan service yang diberikan pada adegan (very) slow-motion dan juga cameo dari beberapa aktor/aktris yang dulu membintangi serial tv Baywatch.

Baywatch tayang midnight show hari ini, 15 Juli 2017 dan akan rilis reguler tanggal 19 Juli 2017

Photo: Paramount Pictures