Sajian animasi yang menghibur dengan karakter yang akan disukai baik anak-anak maupun dewasa
8Overall Score
Reader Rating 1 Vote
8.0

Menjelang musim liburan, bioskop tanah air mulai dipenuhi oleh film-film untuk mengisi waktu bersama keluarga dan salah satunya adalah Ferdinand, Diproduksi oleh 20th Century Fox dan Blue Sky Studios, film yang akan dirilis pada 15 Desember ini diangkat dari kisah klasik anak-anak tahun 1936, The Story of Ferdinand milik Munro Leaf yang diilustrasikan oleh Robert Lawson.

Digarap oleh sutradara langganan Blue Sky Studios, Carlos Sadanha (Rio), kisah Ferdinand berpusat di negeri Matador, Spanyol. Ferdinand (disuarakan John Cena) adalah seekor banteng yang sangat menyukai bunga dan membenci kekerasan. Setelah ayahnya tidak kembali dari arena pertarungan di Madrid, ia pun melarikan diri dari Casa del Toros. Sejak saat itu, Ferdinand tinggal bersama Juan (Juanes) dan anak perempuannya Nina (Lily Day).

Sayangnya, suatu hari kehidupan damainya berubah setelah ia tanpa sengaja menyebabkan kekacauan di kota. Dianggap sebagai hewan yang berbahaya, Ferdinand pun dibawa ke tempat yang paling ia hindari, arena pelatihan banteng, Casa del Toros. Bertekad ingin kembali pulang, ia pun merencanakan pelarian dibantu kambing penenang bernama Lupe (Kate Mc Kinnon) dan trio Hedgehog; Uno, Dos, Cuatro (Gina Rodriguez, Daveed Diggs dan Gabriel Iglesias).

Review Ferdinand Review Ferdinand

Memiliki tokoh protagonis yang besar namun baik hati, karakter Ferdinand tentu sangat mudah disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Walaupun mengangkat kisah klasik, namun apa yang dialami oleh karakter utamanya, Ferdinand yang terlahir sebagai banteng namun anti kekerasan bisa dibilang masih relevan hingga saat ini.

Sifatnya yang bertolak belakang ini, mau tak mau membuatnya menjadi bahan olokan oleh banteng lainnya. Hal ini sama dengan yang dialami seseorang ketika mereka tidak sesuai dengan standar ‘ideal’ yang ada di masyarakat.

publ_080_040_419_4K_UniversalColor_WB Review Ferdinand

Karakter Ferdinand ini juga bisa dianggap sebagai perlawanan pada anggapan bahwa menjadi kuat adalah dengan tidak takut melakukan kekerasan. Walaupun Ferdinand tidak mau bertarung dan mencintai bunga, dirinya mampu menunjukkan bahwa ia adalah yang terkuat dari semua banteng yang ada dengan kebaikannya.

Tak hanya tokoh utamanya, karakter pendukung lainnya seperti Lupe, Trio Hedgehog, dan banteng Casa del Toros juga mampu mencuri perhatian lewat interaksinya dengan Ferdinand. Misalnya pada adegan di mana Ferdinand dan kawanan banteng melakukan dance off melawan trio kuda (Hans, Greta Klaus) yang tinggal di sebelah arena.

Review Ferdinand Review Ferdinand

Dari segi jajaran pengisi suara, semuanya tampil sangat baik termasuk kedua karakter utamanya Ferdinand dan Lupe yang disuarakan oleh John Cena dan Kate McKinnon. Namun, memang sangat disayangkan walaupun berlatarbelakang di Spanyol, Ferdinand hanya menggunakan aktor berdarah Spanyol untuk mengisi suara karakter pendukung saja. Paling tidak, Ferdinand menyuguhkan keindahan alam dan kekejaman dari Matador yang ada di Spanyol.

Sebagai animasi untuk semua umur, Ferdinand menghibur dengan petualangannya untuk kembali pulang ke rumah. Tak hanya itu, Ferdinand juga dilengkapi dengan karakter-karakter yang lovable. Kisah dalam film yang tidak hanya menyentuh namun meninggalkan senyum usai menyaksikannya. Dan tentunya, sajian animasi ini sangat cocok ditonton untuk mengisi waktu bersama keluarga!