Review Film After (2019) - Remaja dan Dilema Yang Dihadapi
6.5Overall Score
Reader Rating 2 Votes
7.2
Loading...

After merupakan film drama romansa yang disutradarai oleh Jenny Gage film ini merupakan debut featurenya, film ini diadaptasi dari novel online karya Anna Todd yang terkenal di Wattpad (sebuah aplikasi untuk menulis serta membaca novel secara online dimana semua penulisnya amatir atau independen dan cukup digandrungi remaja di seluruh dunia saat ini), cerita fiksi ini mengisahkan Tessa Young (Josephine Langford) seorang gadis yang pintar dan menarik namun ia adalah seorang anak mama, dengan orang tua tunggal yang bernama Carol Young (Selma Blair) yang sangat protektif dan saying sekali kepada anaknya dan Tessa diceritakan juga mempunyai pacar bernama Noah (Dylan Arnold) yang juga baik dimana mereka sudah bersama sejak umur lima tahun.

Baca Juga: 15 Film Romantis Remaja Barat Terbaik Sepanjang Masa

 

Diceritakan Tessa akan memasuki dunia kuliah dan untuk pertama kalinya juga ia akan tinggal jauh dari sang ibu dan pacarnya. Ibu Tessa yang menyayanginya sangat khawatir akan nasib anaknya yang akan memulai kehidupan tinggal di asrama dan tinggal jauh dari keluarga, bagaimana tidak ketika mengantar Tessa masuk ke kamar asrama di kampusnya, teman sekamar Tessa bernama Steph (Khadijha Red Thunder) sudah memberikan kesan pertama yang kurang baik kepada Ibu Tessa, sampai-sampai Ibu Tessa berpikir untuk meminta pindah ke kamar yang lain, namun Tessa menyakinkan ibunya bahwa ia akan baik-baik saja disini dan akan menjaga dirinya sebaik mungkin. Cerita dilanjutkan dengan kehidupan Tessa selama ia kuliah, hingga pada akhirnya ia bertemu dengan Hardin Scott (Hero Fiennes Tiffin) seorang lelaki misterius yang tiba-tiba muncul dikamarnya, yang ternyata teman dekat Steph dan kuliah di tempat yang sama. Dari awal pertemuan itu Tessa dan Hardin mulai sering berjumpa di berbagai tempat dan berselisih karena perbedaan pendapat di kelas sastra mengenai isi sebuah novel. Namun seiring perjalanan waktu perasaan Tessa perlahan-lahan mulai berubah dan mulai timbul rasa suka kepada Hardin yang di kampus terkenal dengan image bad boy nya.

 

Film dengan durasi 105 menit ini akan terasa cheesy dan klise buat para penonton dikarenakan cerita dan alurnya akan mudah ditebak dan dipahami, namun film romansa ini sebenarnya ingin membawa pesan kepada orangtua dalam memahami seorang remaja yang sedang dalam proses untuk menjadi dewasa, serta bagaimana cara penyampaian komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Chemistry antara kedua karakter utama cukup baik dan menjadi nyawa di sepanjang film ini dan edukasi dalam membangun kepercayaan dalam menjalin hubungan yang disampaikan kepada penonton dapat ditangkap dengan jelas. Lagu-lagu yang digunakan juga terasa pas penggunaannya dalam setiap momen yang ada pada filmnya.

Kisah percintaan didalam film ini terasa agak dangkal dikarenakan ada beberapa hal yang kurang digali sehingga cenderung monoton dan mungkin jika dieksplorasi akan menjadi nilai tambah film ini, seperti kesukaan kedua karakter utama yang sama-sama menyukai novel sastra dimana pada film ini terasa hanya sebagai tempelan, dan hubungan keakraban serta emosi antara Tessa dan ibunya juga kurang begitu terlihat. Padahal film ini bermaksud untuk menghilangkan atau mengurangi stigma negatif kehidupan remaja pada masa sekarang.

Overall, film After ditujukan kepada orangtua dan remaja agar bisa memahami dilema dan masalah dihadapi remaja di masa pubertasnya dan hendak memberikan edukasi kepada penonton agar jangan terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan karena sesuai dengan judulnya mengenai sebab dan akibat dari suatu keputusan tanpa perhitungan.

Film ini tayang mulai 16 April 2019.

Loading...