Loading...

Bumblebee, merupakan spin-off maupun prekuel dari Transformers Series, kali ini Michael Bay hanya duduk sebagai produser, sedangkan penyutradaraan diberikan kepada Travis Knight (Kubo and the Two String, The Box Trolls, ParaNorman) seorang sutradara nominasi Oscar yang terkenal dengan animasi stop-motion-nya dan film ini merupakan live-action pertama sang sutradara.

Film Bumblebee mengambil set di California pada tahun 1987. Diceritakan Charlie Watson (Hailee Steinfeld), seorang gadis yang baru saja berulang tahun ke-18 mencoba mencari mobil pertamanya di sebuah tempat penjualan barang bekas. Takdir membawa Charlie bertemu Bumblebee (disuarakan oleh Dylan O’Brien) dalam wujud mobil VW Beetle yang kehilangan memori dan suara akibat perang dan bersinggungan denganĀ  pasukan pertahanan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Jack Burns (John Cena) ketika mendarat di Bumi. Charlie pada akhirnya menyadari, mobil pertamanya itu bukanlah VW kuning biasa.

Di film ini Hailee Steinfeld berperan sebagai Charlie Watson, seorang cewek tomboi yang memimpikan memiliki sebuah mobil dan merindukan ayahnya yang meninggal karena serangan jantung. John Cena (Ferdinand, Trainwreck) berperanĀ  sebagai Jack Burns seorang pimpinan militer yang menganggap kedatangan Bumblebee sebagai ancaman keamanan terhadap Bumi, Memo yang diperankan Jorge Lendeborg Jr. (Love Simon, Spiderman : Homecoming) juga memainkan peran penting sebagai orang yang sangat mengagumi Charlie sekaligus sahabat yang loyal. Dari para pemeran utama tersebut hanya Hailee yang memberikan akting prima dan memperlihatkan kedewasaan karakter yang semakin baik, sedang John Cena dan Jorge cenderung biasa dan hanya tampil sebagai pelengkap.

Untuk sinematografi dan visual Bumblebee bisa dibilang sangat apik, shot landscape serta detail CGI seperti mimik wajah Bumblebee dan perubahan para Transformers dari kendaraan menjadi robot dan sebaliknya terlihat lebih detail dibandingkan film-film Transformers sebelumnya, adegan-adegan pertarungan juga tertata lebih baik di film ini, sehingga penonton bisa menikmati setiap adegan action.

Ide cerita yang ditampilkan dengan hanya berfokus pada segelintir karakter merupakan suatu jalan keluar bagi seri Transformers yang sebelumnya selalu menghadirkan seabrek karakter yang mengakibatkan cerita menjadi kurang fokus pada inti dan pesan yang ingin disampaikan pada seri sebelumnya. Dengan menyederhanakan cerita serta menghadirkan nuansa nostalgia Transformers versi originalnya, Bumblebee akan bisa dinikmati untuk semua kalangan, hubungan yang dibangun antara Charlie dan Bumblebee merupakan nyawa dari film ini, chemistry yang dihadirkan keduanya mampu membuat hanyut dan rasa peduli penonton terhadap persahabatan mereka. Dari sisi pemilihan musik sangat mendukung nuansa tahun 80-an, lagu-lagu yang ditampilkan cukup catchy dan nyaman untuk didengar berbarengan dengan adegan-adegan yang disajikan di film.

Overall, Bumblebee bisa dibilang merupakan prekuel atau soft reboot penyelamat untuk franchise Transformers di tahun-tahun mendatang walaupun scenescene ledakan ala Michael Bay akan sangat dirindukan di film ini. Penulis menyarankan film ini disaksikan dalam format IMAX 3D.

Bumblebee tayang mulai Rabu 19 Desember 2018, Midnight Show Sabtu 15 Desember 2018

Loading...
Review Film Bumblebee (2018) - Prekuel Penyelamat Franchise Transformers
7.5Overall Score
Reader Rating 3 Votes
9.2