Sinema Thailand adalah yang terdepan di Asia Tenggara bahkan bisa dibilang mengalahkan Indonesia dari sisi keragaman produksi film dan masyarakatnya yang peduli dengan perfilman lokalnya. Setelah terkenal lewat produksi film horor dan drama remajanya, kini film Homestay karya sutradara spesialis horor Parkpoom Wongpoom (Shutter, Alone) hadir dengan genre yang cukup berbeda, drama supranatural dengan elemen misteri yang kuat dipadu sedikit sentuhan drama keluarga dan romantika remaja

Film yang dibintangi oleh Teeradon Supapunpinyo alias James (Bad Genius) dan salah satu member girlband BNK48, Cherprang Areekul ini  diproduksi oleh rumah produksi GDH (Friend Zone, One Day) serta didistribusikan ke Indonesia oleh Is Film World yang akan menayangkan film ini mulai tanggal 10 April 2019 di bioskop jaringan tertentu di seluruh Indonesia.

Sinopsis

Loading...

Film dimulai manakala jenazah Min (James), remaja seorang korban diri tiba-tiba terbangun di kamar mayat. Tim dokter pun berhasil menyelamatkan Min dengan dugaan mengalami mati suri. Tanpa mereka ketahui Min yang bangkit itu bukanlah Min sebenarnya, melainkan jiwa orang yang menumpang di tubuh Min untuk memperoleh hadiah reinkarnasi.

Sosok The Guardian (Nopachai Jayanama) pun muncul menjelaskan aturan main agar Sang Jiwa tersebut dapat bereinkarnasi, yaitu dengan mencari tahu apa penyebab Min bunuh diri. Sang Jiwa diberi 100 hari menumpang di dalam tubuh Min untuk melakukan penyelidikan dan diberikan hanya satu kesempatan untuk menjawab.

Sang Jiwa pun mulai hidup sebagai Min dan menyelidiki apa penyebab Min bunuh diri. Hasil penyelidikannya mengerucut pada beberapa sosok dalam hidup Min. Sang Ibu yang bekerja di luar kota, Ayah yang memilih jadi agen obat daripada bekerja kantoran, Kakak laki-laki yang diam-diam menyimpan rasa benci kepada Min, sahabat perempuan Min yang tomboi, serta sosok Pie (Cherprang Areekul), gadis cantik lagi pintar teman sekolah yang menjadi tutor Min.

Di tengah penyelidikannya, Sang Jiwa jatuh hati pada Pie. Romantika keduanya yang manis mewarnai film beriringan dengan penyelidikan sang jiwa pada anggota keluarga Min yang menyimpan banyak masalah dan rahasia. Apakah yang sebenarnya membuat Min bunuh diri?

Ulasan

Saat pertama menonton trailer film ini bayangan sebagai film yang banyak menggunakan adegan CGI yang canggih langsung terbersit di dalam pikiran. Sangat jarang sebenarnya film Thailand yang memakai CG dan dalam beberapa adegan film ini cukup baik memanfaatkan dan memaksimalkan teknologi tersebut.

Sutradara Parkpoom Wongpoom yang berpengalaman dalam menggarap film bergenre horor sangat baik menanamkan misteri dan memunculkan petunjuk demi petunjuk dengan lancar. Proses penyelidikan yang dilakukan oleh karakter utama membuat layaknya menikmati film investigatif.  Misteri film yang diangkat dari novel Jepang karya Eto Mori berjudul Colorful ini terjaga hingga akhir dengan beberapa pengungkapan yang cukup mengejutkan, walaupun salah satu twist-nya sudah pernah dipakai dan menjadi satu twist ikonik dari salah satu film Asia ternama.

Durasi 132 menit film memang terasa panjang di beberapa bagian dan tone cerita terasa tidak konsisten, namun karena misteri dan karakter yang simpatik, membuat terasa ingin sekali mengetahui akhir filmnya dan mendukung sang jiwa untuk menebak dengan benar penyebab Min bunuh diri. Tak lupa untuk menyisipkan pesan penting terkait dengan upaya bunuh diri dan pentingnya kehadiran teman, sahabat dan keluarga dalam hidup manusia.

Kualitas akting dalam film ini sangat baik dan merupakan buah dari penulisan karakter yang baik serta performa akting yang menawan dari James sebagai ujung tombak film ini. Film ini menjadi etalase baginya untuk menunjukkan kualitas aktingnya yang membuatnya menjadi salah satu aktor muda Thailand yang berbakat dan patut diperhitungkan di masa yang akan datang. Sementara Cherprang Areekul di film perdananya ini tampil tidak mengecewakan walau di beberapa bagian emosional terasa berakting secara berlebihan.

Akting dan cerita yang di atas rata-rata ini juga didukung oleh tata produksi yang apik. Sinematografinya beberapa kali mampu menangkap momen-momen yang cantik nan indah yang disunting dengan baik dan mulus oleh editornya. Tata musik mampu memberikan komposisi yang mendukung elemen misteri film dan mampu menyesuaikan saat film bergerak ke arah drama remaja dan drama keluarga. Walaupun begitu, terasa ada sedikit kekurangan pada penata suara yang terasa tidak seimbang karena kadang terlalu menggelegar di beberapa adegan, terutama saat kemunculan karakter The Guardian.

Kesimpulan Akhir

Homestay merupakan film Thailand yang cukup memberikan warna baru lewat genre drama misteri supranatural yang tidak melupakan sentuhan hati lewat drama percintaan remaja dan drama keluarga yang hangat. Dengan kekuatan akting James sebagai Min, serta pengarahan baik dari Parkpoom, film ini mampu memberikan tontonan yang seru dan misteri yang membuat penasaran hingga ke akhir durasi tanpa lupa untuk menyisipkan pesan penting terkait dengan persoalan bunuh diri dan pentingnya kehadiran teman dan keluarga dalam hidup manusia.

Loading...

Review Film Homestay (2019) - Drama Supranatural Dengan Misteri Yang Bikin Penasaran
7Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0