Menjadi orang yang dianugerahkan uang banyak adalah fantasi banyak orang. Impian untuk bisa menghabiskan uang bermilyar-milyar untuk belanja, liburan, foya-foya dan lain-lain menjadi hal yang menarik untuk difilmkan. Rumah produksi Screenplay Films bekerjasama dengan Legacy Pictures pun mewujudkannya dalam film arahan Ody C. Harahap (Sweet 20)dan ditulis oleh Joko Anwar (Arisan, Janji Joni) yang berjudul Orang Kaya Baru.

Dengan dibintangi deretan aktor ternama seperti Raline Shah, Cut Mini Theo, Lukman Sardi, Derby Romero dan Fatih Unru, film Orang Kaya Baru yang bergenre drama komedi ini siap menghibur para penonton bioskop di seluruh Indonesia mulai tanggal 24 Januari 2019.

Film dimulai dari narasi karakter Tika (Raline Shah), anak kedua dari keluarga yang dipimpin oleh Bapak (Lukman Sardi) dan Ibu (Cut Mini Theo) yang menceritakan keluarga sederhana cenderung susahnya. Kehidupan Ibu, Bapak, Tika dan kedua saudara Tika, Duta (Derby Romero) dan Dodi (Fatih Unru) digambarkan dalam sebuah montase yang lucu dan suasana kehangatan saat makan malam di meja makan.

Setelahnya, masalah para karakter pun mulai ditampilkan dengan Duta yang sedang bergumul dengan masalah rencana pementasan teaternya yang belum dapat dana sponsor, Tika yang sibuk memikirkan cara memperoleh beasiswa dengan berkompetisi di Olimpiade Fisika dan Dodi yang mengalami perundungan, salah satunya akibat sol sepatunya yang copot. Ibu pun pusing dengan biaya pendidikan anak-anak mereka dan mengeluh pada Bapak yang justru terlihat santai meskipun hanya bekerja sebagai karyawan bengkel.

Di tengah kesulitan hidup yang menerpa, mendadak sang Bapak meninggal dunia. Keluarga yang tengah dirundung duka pun merasa putus asa karena dan memutuskan untuk menjual rumah demi melanjutkan hidup. Namun kedatangan seorang pengacara secara tiba-tiba mengubah hidup mereka. Melalui video wasiat peninggalannya, Bapak memberitahu bahwa semasa hidup dirinya adalah orang kaya yang memiliki deposito uang tak terbatas. Kehidupan Tika sekeluarga pun berubah 180 derajat. Dalam sekejap mereka berubah menjadi orang kaya yang bisa membeli apapun yang mereka inginkan. Pada akhirnya uang tidak hanya mengubah hidup mereka, tetapi mengubah karakter, sifat dan sikap mereka dalam menghadapi hidup.

Ulasan

Sebagai film bergenre komedi drama, Orang Kaya Baru sukses memaksimalkan komedi sebagai bagian terbaik dalam film. Nyaris semua lontaran lelucon, celetukan, situasi yang ditujukan untuk memancing tawa berhasil. Comedic timing-nya sangat jitu dan komedinya pun berkelas, tidak norak dengan selipan satire di beberapa bagian. Tidak hanya itu, porsi drama pun ditampilkan dalam kehangatan keluarga yang ditanam di awal film. Porsi tersebut diletakkan dengan sedemikan rupa sehingga keeratan para karakter utama sebagai sebuah keluarga nampak sangat bisa dipercaya.

Sayangnya film tidak konsisten dalam hal koherensi adegan di perempat akhir durasi film. Sepertinya antar adegan di beberapa part dijahit tidak rapi. Entah apakah dari sisi naskah, penyuntingan atau ada adegan yang dipotong karena kendala sensor atau teknis. Terus terang hal tersebut sangat mengganggu dalam menikmati babak ketiga film ini. Hal ini diperparah dengan klimaks yang terkesan mengada-ada dan dipaksakan.

Secara teknis produksi, film ini sangat baik. Pengalaman Ody C. Harahap menggarap film Sweet 20 yang bergenre sejenis sangat terlihat di sini. Kekuatan naskah karya penulis/sutradara kawakan Joko Anwar juga terlihat sangat matang dan berisi. Sinematografi, desain produksi, tata suara, tata busana, sampai ke tata rias terlihat memberikan yang terbaik dalam mendukung film ini. Penyuntingan pun cukup baik meskipun patut dipertanyakan soal penyuntingan di beberapa adegan di dalam babak ketiga film.

Dari sisi kualitas akting tidak perlu diragukan lagi. Kelima karakter utama bermain sangat baik dengan Cut Mini Theo sebagai sosok yang patut diberikan kredit lebih karena totalitasnya memerankan ibu cerewet yang mengalami euforia perubahan statusnya sebagai OKB. Raline Shah dan Lukman Sardi juga patut diacungi jempol bermain di luar zona nyamannya sebagai aktor drama.  Derby dan Fatih pun melengkapi lima serangkai dalam film ini dengan performa mereka yang apik.

Kesimpulan Akhir

Film Orang Kaya Baru sukses memaksimalkan potensinya sebagai film bergenre komedi dengan sentuhan drama yang hangat dan dekat, serta kritik sosial yang cukup menyentil. Komedinya segar, lucu, tidak norak dan menyenangkan dengan penyampaian punchline yang jitu dan tepat waktu. Meskipun perempat akhir film terasa tidak terjahit dengan rapi dan klimaksnya mengecewakan, namun dijamin tidak mengurangi keasyikan film ini dalam memancing tawa dan menampilkan impian para penonton menjadi orang kaya.

 

Review Film Orang Kaya Baru (2019) - Film Tentang Impian Banyak Orang Dengan Komedi Tepat Sasaran
7Overall Score
Reader Rating 4 Votes
8.9