Papillon merupakan sebuah film remake dari film berjudul sama pada tahun 1973 yang disutradarai oleh Franklin J. Schaffner. Papillon dibintangi oleh aktor yang waktu itu sedang di puncak ketenarannya yaitu Steve McQueen dan Papillon turut dibintangi juga oleh Dustin Hoffman. Papillon versi terbaru ini tayang mulai 26 September 2018 di Cinemaxx, CGV, Flix dan Platinum.

Papillon mengisahkan pengalaman nyata yang dialami oleh Henri “Papillon” Charrière (Charlie Hunnam) karena dituduh membunuh sehingga dia dipenjara di Guyana Perancis, Amerika Selatan yang dia tuangkan dalam sebuah novel di tahun 1969. Pada penjara itu dia menjalin pertemanan dengan seorang yang kaya raya tetapi dihukum karena kasus penipuan, Louis Dega (Rami Malek). Dega merupakan seorang berbadan kurus dan lemah sehingga sering menjadi sasaran rundungan dari tahanan lain, apalagi banyak juga yang mengincar uang yang dia selundupkan di dalam penjara. Papillon yang bertubuh besar, kekar dan jago berkelahi awalnya hanya ingin menjadi bodyguard Dega supaya dia mendapatkan uang dari Dega. Tetapi semakin berjalannya waktu, tumbuhlah rasa persahabatan yang kuat antara mereka.

Kualitas kunci dari film yang disutradarai oleh Michael Noer ini adalah hubungan persahabatan yang kuat antara Papillon dan Dega. Mereka bersatu padu bersama-sama saling membantu disaat keadaan penjara yang sangat kumuh, kotor, liar dan penuh dengan penjaga-penjaga yang sadis dan korup. Persahabatan inilah yang membuat mereka masih dapat hidup disaat hak asasi maupun nyawa manusia sama sekali tidak berharga, jika mencoba kabur dari penjara dan tertangkap maka akan dipenjara di sel isolasi selama 2 tahun, jika mencoba untuk kedua kalinya maka akan masuk ke dalam sel isolasi selama 5 tahun dan setelah itu dikirim untuk tinggal selamanya di Devil’s Island yang merupakan pulau terpencil yang keadaannya lebih buruk daripada penjaranya itu sendiri dengan tingkat kematian mencapai 75% dari keseluruhan narapidana.

Akting memikat diperlihatkan Charlie Hunnam sebagai Papillon. Dia memperlihatkan semangat bertahan hidup yang gigih ditengah harapan yang sepertinya hampir tidak ada itu. Dia semakin menegaskan dirinya sebagai aktor berbakat setelah perannya di film Pacific Rim dan The Lost City of Z. Rami Malek yang belakangan disorot karena terpilih sebagai Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody sebagai Louis Dega turut memperlihatkan penampilan yang memikat sehingga menghadirkan chemistry yang kuat dengan Charlie Hunnam.

Ada beberapa hal yang mengganjal dan kurang pas dalam Pappilon, seperti cerita awal dari Papillon tidak pernah diceritakan lagi pada sepanjang film. Kemudian seperti ada missing link saat Dega tiba-tiba sudah bisa menjadi asisten dari kepala sipir penjara. Hal lain lagi adalah jalan cerita yang terlalu flat dan lambat saat pada pertengahan film. Secara keseluruhan juga film ini masih jauh di bawah kualitas film-film penjara lainnya seperti The Shawshank Redemption, The Great Escape maupun Midnight Express.

Kesimpulan Akhir:

Sebuah kisah perjuangan hidup dan persahabatan di dalam penjara yang cukup menggugah perasaan dengan akting memikat dari Charlie Hunnam dan Rami Malek.

Review film Papillon (2018) - Kisah Persahabatan dan Perjuangan Hidup Dalam Kondisi Penjara yang Mengenaskan
7.5Overall Score
Reader Rating 2 Votes
5.2