Film Single (1.3 juta penonton) menjadi salah satu film tersukses dari Raditya Dika, selain Hangout (2.6 juta penonton), Koala Kumal (1.8 juta penonton. Kesuksesan ini membawa Soraya Intercine Films memproduksi film keduanya yang berjudul Single Part 2 yang sudah tayang sejak 4 Juni 2019.

Sinopsis:

Ebi (Raditya Dika) masih saja belum melepas status single-nya. Dia masih saja takut untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada gebetannya yaitu Angel (Annisa Rawles).

Ebi turut berkumpul bersama teman-temannya sesama jomblo / single dalam sebuah klub di mana mereka saling sharing pengalaman kesendirian mereka.

Loading...

Suatu ketika adik dari Ebi, Alfa (Freferik Alexander) mengundang Ebi dan juga Angel untuk hadir di acara ulang tahun anaknya di Bali dengan harapan agar Ebi dapat menembak Angel untuk melepas status yang sudah dia emban sejak lahir hingga usia yang hampir menginjak 30 tahun itu.

Review:

Banyak penonton mengira kalau di akhir film pertama Ebi sudah bersama dengan Angel dan hidup bahagia selamanya, namun ternyata tidak. Sekarang keadaan lebih pelik karena Ebi dan Angel terpisah jarak yang cukup jauh, Ebi di Jakarta dan Angel yang memutuskan menetap di Bali. Keadaan lebih runyam saat Angel memutuskan untuk berpacaran dengan seseorang pria yang membantunya di panti jompo, belum lagi Ebi pun sedang dekat dengan Alika (Mentari Novel) seorang anak pemilik toko laundry yang juga cantik. Secara cerita, memang terasa lebih kompleks, namun inti dari film tetap sama dengan film pertama yaitu bagaimana seorang pria kutu buku atau kikuk yang tidak berani mengutarakan perasaannya kepada wanita pujaannya itu. Cukup banyak adegan saat Ebi yang sedang ingin mengutarakannya diganggu oleh orang lain yang memotong pembicaraan mereka atau kejadian-kejadian lain yang bisa dibilang dibuat-buat dan menjadi repetitif dan melelahkan penonton. Tadinya penonton menjadi bersimpati dan geregetan dibuatnya, namun lama-kelamaan menjadi hambar.

Pada film Single Part 2 ini Raditya Dika kembali ke zona nyamannya dia setelah sebelumnya cukup bereksperimen dengan genre berbeda dalam film Hangout dan Target. Raditya Dika memang mengena dan relatable dalam memberikan sebuah pandangan-pandangannya terhadap status single dan relationship. Itu yang menjadi modal utama kesuksesan stand-up comedy dan bukunya itu. Namun seringkali kepiawaiannya dalam kedua media itu, tidak mampu dimaksimalkan dalam filmnya. Single Part 2 memang terasa lebih dewasa dibandingkan dengan film-film Raditya Dika lainnya, namun masih saja ada beberapa momen yang terasa menjemukan dan dipanjang-panjangkan seperti halnya film pertamanya.

Dua tokoh teman Ebi yang selalu memenaminya di film pertama yaitu Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita) sayangnya tidak lagi hadir di film kedua ini, karena masing-masing mereka sudah bekeluarga. Gantinya Ebi ditemani oleh Johan (Yoga Arizona) yang memiliki istri cantik dan juga Nardi (Ridwan Remin) yang seorang playboy. Sayangnya penampilan komedi mereka berdua tidak selucu Pandji dan Babe Cabita.

Penyelesaian akhirnya sendiri memang menarik karena terlihat character arc dari tokoh Ebi yang semakin berkembang untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan juga adanya sedikit twist. Pendalaman karakternya dimulai ketika Ebi mencoba untuk dapat berciuman pertama kali dengan seseorang sampai dengan berani untuk mengajak jalan seorang cewek cantik. Namun twist-nya sebetulnya tidak diperlukan, seharusnya Single Part 2 dapat berakhir di sini saja tanpa perlu penonton menunggu lagi untuk sekuelnya.

Kesimpulan Akhir:

Secara keseluruhan film Single Part 2 ini sedikit lebih baik dari film pertamanya dan terasa lebih lucu dan menghibur di beberapa bagian, namun masih tetap terasa melelahkan karena kisahnya hanya berkutat di situ-situ saja dengan penyelesaian akhir yang sebenarnya tidak perlu.

Loading...

Review Film Single Part 2 - Kelanjutan Kisah Raditya Dika Dalam Mencoba Melepas Masa Lajangnya
7Overall Score
Reader Rating 1 Vote
8.4