The Girl in the Spider’s Web merupakan film dengan genre crime thriller yang disutradarai oleh Fede Alvarez yang sudah dikenal dari film-filmnya seperti Don’t Breathe (2016) dan Evil Dead Remake (2013) dan merupakan adaptasi buku keempat dari lima novel laris Millenium Series dimana tiga buku awal ditulis oleh Stieg Larsson lalu seri selanjutnya ditulis oleh David Lagercrantz yang diterbitkan pada tahun 2015, sedangkan untuk filmnya sendiri ini merupakan adaptasi kelima yang pernah dibuat.

Film ini merupakan sekuel langsung dari film The Girl with the Dragon Tatoo versi David Fincher, masih bercerita tentang Lisbeth Salander (Claire Foy) seorang peretas serta penolong kaum wanita yang mengalami kekerasan dari lelaki jahat dan Mikael Blomkvist (Sverrir Gudnason) seorang jurnalis investigator yang memiliki hubungan khusus dengan Lisbeth. Dengan set berlokasi di Swedia petualangan kali ini membawa Lisbeth Salander dalam aksinya mencuri software mutakhir milik NSA sehingga menyebabkan ia diburu berbagai pihak, salah satunya bernama The Spiders sebuah organisasi jahat yang misterius.

Adaptasi novel ke dalam bentuk film atau biasa disebut ekranisasi selama ini hampir selalu mendapat kritik dan sambutan yang kurang baik dari berbagai khalayak, kekurangan ini biasanya disebabkan berbagai faktor seperti durasi, perubahan struktur cerita, imajinasi pembaca vs pembuat film, visi penulis novel vs pembuat film, dan lain-lain. Begitu juga yang terjadi pada The Girl in the Spider’s Web walaupun dengan durasi 115 menit Fede Alvarez  masih belum cukup baik dalam mengvisualkan dalam bentuk film, namun dari segi entertainment film ini akan disuguhi action dan thriller yang mumpuni layaknya cerita Jason Bourne atau James Bond.

Bagi yang tidak pernah membaca atau mengikuti Millenium Series, film ini akan mengenalkan kembali karakter-karakter utamanya secara sekilas agar tidak membuat bingung penonton dengan film sebelumnya. Penampilan Claire Foy sebagai Lisbeth Salander mungkin belum bisa disamakan dengan pendahulunya seperti Rooney Mara ataupun Noomi Rapace, tapi Foy sudah berusaha cukup baik untuk memerankan karakter unik ini.

Overall film ini masih bisa membuat penasaran penonton dengan misteri yang harus dipecahkan oleh Salander dan Blomkvist hingga akhir dan konklusi cerita.

Review Film The Girl in the Spider's Web: A New Dragon Tattoo Story (2018)
7Overall Score
Reader Rating 2 Votes
3.6