Phillip Goodman (Andy Nyman) adalah seorang profesor spesialis membongkar paranormal palsu di sebuah acara tv. Motivasi dari Phillip adalah supaya orang lain tidak mengalami apa yang dialami oleh keluarga Phillip di mana ayahnya terlalu religius dan menyebabkan keluarganya berantakan. Suatu hari Phillip diundang oleh Charles Cameron (Leonard Byrne), seorang investigator paranormal yang menginspirasi dia dalam menjalani pekerjaan ini, untuk mengungkap 3 kasus paranormal. Ghost Stories yang diangkat dari drama opera Andy Nyman dan Jeremy Dyson telah tayang di CGV Cinemas, Cinemaxx Theater dan Flix Cinema mulai 9 Mei 2018.

Sekilas film ini adalah sebuah antologi/omnibus karena ada 3 cerita yang berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Namun ternyata di akhir film, tersimpan sebuah twist yang dirangkai dengan cukup baik, sehingga tercipta suatu kesinambungan. Pada cerita pertama tentang seorang satpam Tony Matthews (Paul Whitehouse) yang istrinya meninggal dunia karena kanker dan dia merasa bersalah karena sudah tidak lagi menjenguk anaknya yang menderita locked-in syndrome. Terdapat ciri khas film horor klasik dengan segala penampakan-penampakannya yang dengan baik diramu sedemikian rupa melalui timing jump scare yang pas dan efektif, ditambah lagi pembangunan atmosfir yang sungguh gelap dan menyeramkan.

Pada cerita kedua yaitu Simon Rifkind (Alex Lawther) merupakan seorang remaja yang hubungan dengan orang tuanya tidak harmonis karena Simon seringkali berbohong. Suatu ketika saat Simon membawa mobil ayahnya, dia menabrak iblis/setan di tengah jalan. Cerita kedua ini memiliki ciri khas film-film monster/creature yang penuh dengan ketegangan, saat sang iblis/setan ini ingin menyerang Simon yang telah menabraknya. Cerita ketiga mengenai Mike Priddle (Martin Freeman, yang tampil pada film Black Panther) yang diganggu roh jahat berisik / poltergeist ketika menunggu kelahiran anaknya. Tentu cerita ketiga ini mengingatkan akan film Poltergeist (1982) yang selain ada unsur keseraman, tapi ada unsur fun dan kelucuan saat berbagai benda tiba-tiba melayang maupun berjatuhan.

Final verdict:

Atmosfer hingga jump scare yang menyeramkan, twist yang dirangkai dengan baik mengenai rasa bersalah hingga beberapa homage untuk film horor British di masa lampau. Ghost Stories jelas menjadi sajian horor yang tidak boleh dilewatkan begitu saja!

Review Ghost Stories - Kisah Antologi 3 Cerita Hantu yang Menyeramkan
8Overall Score
Reader Rating 1 Vote
5.2