Film Summer yang Penuh dengan Hiburan!
8Overall Score
Reader Rating 3 Votes
6.4

Dibuka dengan Guardians of the Galaxy Vol. 2, kemudian berturut-turut muncul King Arthur: Legend Of The Sword, Alien: Covenant, Baywatch, Pirates Of The Caribbean: Salazar’s Revenge, Wonder Woman, The Mummy, Cars 3, Transformers: The Last Knight, Despicable Me 3, Spider-Man: Homecoming, War for the Planet of the Apes, Dunkirk, Valerian and the City of a Thousand Planets, The Emoji Movie, Annabelle: Creation tidak terasa film-film Summer (Mei – Agustus 2017) sudah mendekati akhir. Di pertengahan Agustus ini tayang sebuah film The Hitman’s Bodyguard yang jika dilihat dari poster maupun trailernya memperlihatkan dua orang yang bertolak belakang kepribadian (buddy movie) yang harus berjibaku dalam tembak menembak dalam melawan musuhnya seperti halnya Lethal Weapon, Die Hard With a Vengeance, 21 Jump Street, Central Intelligence, dll.

Dua tahun lalu, Michael Bryce (Ryan Reynolds) adalah seorang bodyguard kelas atas yang mendapatkan rating AAA karena semua kliennya selama ini selamat tanpa sedikitpun terluka. Karena suatu kejadian tidak terduga yaitu seorang penjual senjata ditembak kepalanya dari jarak jauh pada saat dia sedang lepas landas dari bandara, mengakibatkan karirnya hancur lebur. Bryce sekarang hanya menjaga klien-klien kecil. Sementara itu Vladislav Dukhovich (Gary Oldman) penjahat perang dari Belarusia sedang disidang di Pengadilan Internasional di Den Haag, salah satu saksinya adalah seorang pembunuh bayaran Darius Kincaid (Samuel L. Jackson) yang setuju bersaksi demi pembebasan istrinya, Sonia (Salma Hayek) di penjara.

Amelia Roussel (Élodie Yung) memimpin tim Interpolnya untuk membawa Kincaid dari penjaranya di Inggris menuju tempat pengadilan di Den Haag, tidak disangka disuatu perjalanan konvoi mereka diserbu oleh pasukan bersenjata dari Dukhovich. Kincaid mengatakan kalau ada penghianat di dalam tubuh Interpol, Roussel pun menugaskan mantan pacarnya Bryce untuk menjaga Kincaid sampai ke Den Haag.

2 3

Bryce yang pragmatis dan lebih sering melontarkan pernyataan atau humor satir, sangat bertolak belakang dengan sikap Kincaid yang urakan, keras, semaunya dan sering mengumpat secara langsung. Tentu hal ini seringkali menimbulkan kelucuan tersendiri. Ryan Reynolds yang sudah sering membintangi cukup banyak film-film humor semakin terasah sejak perannya di Deadpool. Samuel L. Jackson seperti berperan menjadi dirinya sendiri, umpatan khasnya yang menghibur, “motherf**kers” mewarnai sepanjang film. Bahkan Samuel L. Jackson berkali-kali bernyanyi di sini, tentu yang menjadi highlight saat dia bernyanyi dengan suster gereja dan adegan kredit akhir. Chemistry dari mereka berdua sangat kuat, seperti mereka memang layaknya duo cop buddy Mel Gibson dan Danny Glover di film Lethal Weapon. Ternyata masa lalu mereka pun berhubungan yang menyebabkan love-hate relationship yang begitu kental disini.

1 4

Penulis naskah, Tom O’Connor tidak hanya menceritakan kisah Bryce untuk membawa Kincaid ke sidang kejatahan perang, tapi memberikan hati dan jiwa untuk karakter Bryce dan Kincaid. Bryce yang masih mencintai mantannya itu, ingin berusaha balikan dengan berbagai cara. Kincaid yang kelihatannya kasar dan keras ternyata sangat mencintai istrinya, Sonia (Salma Hayek). Pertemuan pertama mereka berdua di suatu bar sangat menghibur dan kick ass yang diiringi dengan lantunan lagu Hello dari Lionel Ritchie. Salma Hayek cukup mencuri perhatian dengan berbagai umpatan kasarnya yang disertai sindiran dan dia sangat bad-ass dengan berbagai adegan aksi brutal dan kerasnya itu.

5 6

Seperti sebuah film Summer pada umumnya dengan menampilkan berbagai adegan aksi menghibur, The Hitman’s Bodyguard seperti menampilkan semuanya, ada adegan pertarungan antar kosong, kejar-kejaran antara mobil, tembak-tembakan intens bahkan ada adegan kejar-kejaran antara mobil, motor dengan speedboat di kanal kota Amsterdam! Inilah sebuah film Summer yang komplit!

Final verdict:

Menghibur, lucu, seru dengan chemistry yang memikat dari duet buddy Ryan Reynolds dan Samuel L. Jackson. Memperlihatkan sebuah film masa Summer (Mei – Agustus) yang semestinya dibuat dengan berbagai referensi dari film-film action tahun 80-an, khususnya Lethal Weapon.

Photo: Liongates Films