Setelah Hotel Transylvania (2012) dan sekuelnya Hotel Transylvania 2 (2015) yang cukup sukses dengan masing-masing mendapatkan 358 juta dollar dan 473 juta dollar, maka Sony Pictures langsung memproduksi film ketiganya yaitu Hotel Transylvania 3: Summer Vacation yang sudah rilis di Indonesia mulai hari ini, 13 Juli 2018.

Dracula (Adam Sandler) yang gila kerja, membuat anaknya, Mavis (Selena Gomez) khawatir dan memesankan tiket kapal pesiar untuk Dracula dan seluruh karyawan hotelnya dan teman-temannya. Saat di kapal pesiar, Dracula yang sudah ratusan tahun tidak pernah merasakan bagaimana rasanya jatuh cinta dan pacaran ini jatuh hati pada Ericka Van Helsing (Kathryn Hahn) sang kapten kapal. Ericka Van Helsing ternyata  adalah keturunan dari Abraham Van Helsing, pemburu monster paling terkenal sejagad raya. Dracula yang tidak mengetahui hal itu, terus mendekati Ericka, walau Ericka kerap kali berniat dan telah mencoba mencelakakan Dracula.

Kekuatan utama dari Hotel Transylvania (2012) dan Hotel Transylvania 2 (2015) adalah dari segi visual baik dari karakter-karakternya maupun dari segala macam latar film. Formula ini kembali lagi digunakan oleh Genndy Tartakovsky (Dexter’s Laboratory, Samurai Jack, Star Wars: Clone Wars) sang kreator dari franchise Hotel Transylvania. Hotel Transylvania 3: Summer Vacation memang minim dialog, tetapi lebih berbicara melalui visual dari tiap perilaku karakternya yang sangat ekspresif, kocak, detail, cartoony dan penuh warna. Berbagai adegan aksinya pun mengingatkan dengan berbagai film Looney Tunes klasik yang juga minim dialog seperti contohnya saat Ericka mencoba mencelakakan Dracula dan teman-temannya, tetapi malah senjata makan tuan, tentu mengingatkan dengan bagaimana Will E. Coyote yang selalu ingin mencelakakan Road Runner dan masih cukup banyak referensi dari kartun-kartun lawas produksi Warner Bros itu.

Berbagai latar tempat patut mendapat acungan jempol karena inovatif dan memanjakan mata, mulai dari pesawat rongsokan Gremlins, gunung berapi dasar laut, kota Atlantis yang diubah menjadi kasino sampai dengan Segitiga Bermuda. Pada adegan-adegan di Segitiga Bermuda ini jika cermat, maka akan terlihat berbagai kapal laut maupun kapal terbang yang hilang secara misterius di tempat ini.

Karakternya yang unik dan kocak dari berbagai monster-monster klasik yang telah kita kenal sebelumnya, menjadi salah satu keberhasilan dari franchise Hotel Transylvania ini. Hotel Transylvania 3: Summer Vacation kembali menghadirkan monster-monster klasik itu mulai dari Franken (Kevin James) sesosok Frankenstein merupakan teman terbaik dari Drac dan seorang suami yang sayang dengan istrinya, Griffin (David Spade) sesosok invisible man yang kali ini tidak lagi sendirian karena telah ada invisible woman, Murray (Keegan-Michael Key) sesosok mumi gemuk, pasangan serigala Wayne dan Wanda yang kesulitan menghadapi puluhan anak-anak serigalanya yang menggemaskan dan tidak bisa diam. Ada karakter baru yaitu Abraham Van Helsing (Jim Gaffigan) yang sekarang telah tua renta, karakternya konyol, menimbulkan tawa tapi tetap seorang villain yang licik. Paling mencuri perhatian adalah karakter anak anjing peliharaan cucu dari Dracula, Dennis (Asher Blinkoff) yang tubuhnya sebesar gajah, dia sungguh lucu dan menggemaskan, layaknya karakter anak anjing yang terus ingin bermain dan berlarian kesana kemari. Karakter yang bernama Tinkles ini pertama kali muncul di film pendek Puppy! yang muncul sebelum The Emoji Movie (2017) dan karena film pendek itulah karakter Tinkles yang tadinya hanya direncanakan sebagai cameo ini, akhirnya mendapatkan durasi yang tidak sedikit di Hotel Transylvania 3: Summer Vacation.

Keluarga menjadi tema mendasar dari segala film-film animasi, tidak terkecuali pada Hotel Transylvania 3 Summer Vacation ini, Dracula tidak takut ketika dia ingin mengutarakan kalau dia mencintai Ericka kepada anaknya Mavis, di sisi lain Mavis ingin memberikan apa yang terbaik bagi ayahnya. Kemudian ada cerita bagaimana sosok kedua pasangan serigala yang kesulitan mengurus anaknya sehingga tidak mempunyai waktu berduaan lagi. Sosok kedua pasangan serigala ini tentu menjadi relatable bagi kebanyakan orang tua yang mempunyai banyak anak. Satu lagi yang cukup mengejutkan sosok monster jelly yang mempunyai anak, walau tidak mengeluarkan satu suara pun hanya bahasa visual, tapi penonton dapat merasakan kasih sayang antara orang tua dan anaknya.

Film yang penuh dengan musik dan tarian yang enak didengar dan disaksikan ini, apalagi pada adegan Dracula seperti “berdansa” dengan Ericka saat Ericka ingin mencari sebuah artifak peninggalan keluarganya dahulu, berbagai kapak, pedang, panah, hingga ular berbisa keluar saat Ericka menginjak lantainya sehingga membuat Dracula pasrah terkena segala jebakan itu, khusus untuk melindungi Ericka. Diputarnya salah satu lagu lawas yang riang gembira juga menjadi saat DJ Battle di akhir film Hotel Transylvania 3: Summer Vacation membuat klimaksnya sangat memuaskan dan pastinya menimbulkan tawa berkepanjangan.

Final Verdict:

Hotel Transylvania 3: Summer Vacation kembali menggunakan formula terbaiknya yaitu humor visualnya dengan karakter-karakternya yang sungguh unik dan kocak. Satu lagi film summer yang sebagaimana mestinya dibuat, cerita yang tidak jelimet dan karakter yang tidak terlalu kompleks. Just enjoy the movie!

Review Hotel Transylvania 3: Summer Vacation - Kisah Drakula, Frankenstein, Mumi dan Para Monster Berlibur di Kapal Pesiar
8Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0