Tercatat lebih dari 2,5 juta orang telah menonton film Jailangkung (2017) yang merupakan reboot dari Jelangkung (2001) yang dahulu dikabarkan memegang rekor sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Tentu hal ini mendorong pihak produser untuk memproduksi sekuelnya. Jailangkung 2 tetap mempertahankan orang-orang dibalik kesuksesan film pertama dengan Jose Poernomo dan Rizal Mantovani menjadi sutradara. Begitu pula dengan para aktor dan aktrisnya pun tetap dilakoni oleh Amanda Rawles, Jefri Nichol, Hannah Al Rashid, Gabriella Quinlyn dan Lukman Sardi.

Melanjukan kisah film pertamanya, Angel (Hannah Al Rasyid) melahirkan bayi gaib yang tumbuh menjadi sosok hantu Matianak yang mulai menimbulkan ketidaknyamanan seisi rumah yang ditempati oleh Ferdy, sang ayah (Lukman Sardi) dan ketiga anaknya yaitu Bella (Amanda Rawles), Tasya (Gabriella Quinlynn) dan juga Angel (Hannah Al Rasyid). Diperparah lagi Tasya tanpa sengaja menyaksikan video ayahnya yang memainkan Jailangkung untuk memanggil arwah ibunya di film pertama. Tasya yang merasa kesepian karena tidak pernah mengenal ibunya, mencoba untuk memanggil arwah ibunya. Naasnya, Tasya menghilang sejak kejadian itu dan semakin banyak setan-setan yang terus menggangu keluarga mereka.

Di sekolah Bella bertemu Rama untuk menceritakan kejadian-kejadian mistis yang dialami keluarga mereka. Kemudian Bella dan Rama bergabung dan memina tolong dengan rekan baru mereka, Bram (Naufal Samudra) yang memiliki pengetahuan lebih mengenai sosok Matianak.

Jailangkung 2 merupakan film horor kesekian kalinya dari Rizal Mantovani yang sebelumnya pernah menukangi The Uninvited (2001), Kuntilanak (2006), Air Terjun Pengantin (2009), Wewe (2015) dan masih banyak lainnya. Begitu juga dengan Jose Poernomo yang telah malang melintang dalam dunia film horor dengan film-filmnya Angkerbatu (2007), Pulau Hantu (2007), Rumah Kentang (2012), bahkan dalam 2 tahun terakhir ini membesut sekaligus 5 film yaitu Jailangkung (2017), Ruqyah: The Exorcism (2017), Gasing Tengkorak (2017), Alas Pati: Hutan Mati (2018). Tapi sederet pengalaman di atas tidak cukup untuk membuat Jailangkung 2 menjadi sajian yang menyeramkan, Jailangkung 2 malah menjadi seperti layaknya film petualangan mencari harta karun saat Bella, Rama dan Bram mencoba mencari kalung peninggalan Matianak yang tertanam di dasar laut saat kapal legenda SS Ourang Medan yang karam secara misterius pada tahun 1947. Kemudian duo Rizal dan Jose menambahkan unsur-unsur seperti film zombie dengan begitu banyaknya hantu-hantu yang mendatangi mereka bertiga dan keluarga dari Ferdy secara perlahan-lahan. Sebenarnya hal ini tidak masalah dan menjadi hal yang cukup berbeda dibanding film horor lainnya, tapi sisi petualangannya tidak pernah sampai mencapai unsur menegangkan dan penonton juga tidak tertarik dengan kalung Matianak itu, karena memang tidak pernah ada penjelasan lebih lanjut mengenai sosoknya maupun kapal SS Ourang Medan. Unsur film zombienya pun sama sekali tidak menyeramkan. Ada unsur film Insidious juga saat Ferdy masuk ke alam gaib, namun atmosfer keseramannya tidak nampak dan tergolong hambar.

Penggunaan judul Jailangkung 2 sebenarnya merupakan tanda tanya tersendiri karena permainan Jailangkungnya hanya dimainkan oleh Tasya, itupun hanya sebentar. Jailangkung 2 lebih tepat diberikan judul Matianak karena sosok itulah yang tampil dari awal hingga akhir cerita.

Jailangkung 2 masih menyisakan sisi positif dari sisi produksinya yang cukup megah dan mahal maupun sisi sinematografi temaram kekuning-kuningan di rumah kuno, antik dan mewah dari Ferdy, tapi sama sekali sinematografinya hanya memanjakan mata saja, tidak pernah membuat filmnya menjadi menyeramkan. Kemudian ada satu adegan (hanya satu adegan) yang lumayan membuat bulu kuduk berdiri saat adegan selfie di supermarket itu.

Jailangkung 2 ditutup dengan twist yang mengada-ngada dan antiklimaks. Sebenarnya twist itu mudah tertebak oleh penonton yang sering menonton film-film horor sejenis, tidak ada kejutan tersendiri dari twist yang dirangkai dengan sangat buruk itu.

Final Verdict:

Tanpa keseraman ditambah twist-nya yang mengada-ngada dan antiklimaks. Jailangkung 2 yang memadukan unsur-unsur film petualangan, Insidious hingga zombie ini merupakan sekuel yang kurang perlu dan sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan film pertama.

Review Jailangkung 2 (2018) - Teror Matianak Menghantui Jefri Nichol dan Keluarga dari Amanda Rawles
4Overall Score
Reader Rating 14 Votes
3.4