Dalam 22 tahun terakhir Tom Cruise telah memproduksi dan berperan dalam berbagai aksi stunt berbahaya dan menantang maut di dalam film-film Mission: Impossible yang telah menghasilkan lebih dari 2.8 milyar di seluruh dunia. Tom Cruise kembali berperan sebagai Ethan Hunt, pemimpin tim Impossible Missions Force (IMF) di film Mission: Impossible keenam ini berjudul Mission: Impossible – Fallout. Mission: Impossible – Fallout tayang mulai hari ini, 25 Juli 2018 di bioskop-bioskop Indonesia.

Suatu misi IMF yang dilakukan oleh Ethan Hunt (Tom Cruise), Benji (Simon Pegg) dan Luther Stickell (Ving Rhames) gagal dan dapat menyebabkan kehancuran dunia dengan bom nuklir milik Solomon Lane (Sean Harris). Setelah kejadian di film kelimanya Rogue Nation (2015), Ethan Hunt tidak lagi dipercayai oleh CIA, pihak yang sejak film sebelumnya menaungi IMF, sehingga direktur CIA, Erica Sloane (Angela Bassett) mengutus August Walker (Henry Cavill) untuk menemani Ethan dalam misi menyetop bom nuklir tersebut.

Mission: Impossible – Fallout merupakan direct sequel dari Mission: Impossible – Rogue Nation, walau sebenarnya jika tidak menyaksikannya juga, masih dapat memahami dan mengikuti Mission: Impossible – Fallout, tetapi akan lebih baik jika menonton terlebih dahulu, karena akan lebih paham siapa Solomon Lane, mengapa IMF sekarang di bawah naungan CIA dan siapa itu agen rahasia, Ilsa Faust (Rebecca Ferguson).

Christopher McQuarrie kembali menukangi Mission: Impossible – Fallout, setelah sebelumnya membesut Mission: Impossible – Rogue Nation, ini merupakan pertama kalinya seorang sutradara kembali menyutradarai film Mission: Impossible. Christopher McQuarrie yang pernah memenangkan Oscar atas naskah karyanya pada film The Usual Suspects (1995) kembali juga menulis naskah Mission: Impossible – Fallout. Naskah dari Mission: Impossible – Fallout terasa lebih powerful, gelap dan berkarakter. Pada Mission: Impossible – Fallout diperlihatkan sisi dari Ethan Hunt yang tidak pernah kita lihat sebelumnya, motifnya dalam menyelamatkan dunia, dilema moralnya ketika melihat teman-temannya atau orang yang paling dikasihinya terancam bahaya sampai dengan kepeduliannya kepada orang-orang yang tidak bersalah. Terdapat sebuah momen yang sangat menggugah perasaan pada bagian akhir film yang cukup mengingatkan penonton pada film Mission: Impossible III (2006).

Sejak dari film pertama berbagai stunt luar biasa yang sangat menantang maut yang digarap dengan menawan dan menegangkan, mulai dari Adegan klasik saat Ethan membobol markas besar CIA di Langley hanya dengan seutas tali dan Ethan tidak boleh menyentuh lantai sampai dengan adegan merayap seperti Spider-Man di Burj Khalifa. Kecuali pada film kedua yang sangat konyol stunt-stunt-nya, kesemua stunt dari seri Mission: Impossible pertama hingga Mission: Impossible – Fallout terasa lebih realistis dibanding kebanyakan film-film aksi sekarang yang terlalu konyol dan bombastis. Mission: Impossible – Fallout juga lebih sering menggunakan efek praktikal daripada serbuan CGI yang menggangu. Sebut saja adegan “The Halo Jump” yaitu terjun dari pesawat di ketinggian 25rb kaki yang dilakukan oleh Tom Cruise dengan Henry Cavill. Adegan ini membutuhkan latihan skydiving secara intens dan ketepatan dan kecermatan yang tinggi. Aerial sequence saat adegan ini sungguh luar biasa digarap dan sangat layak untuk disaksikan pada layar IMAX. Ada lagi adegan kejar-kejaran di kota Paris yang membutuhkan presisi yang mantap, saat Tom Cruise mengendarai motor menghindari berbagai mobil dalam adegan near death experience ini, jika saja stunt ini gagal, bisa jadi berakibat sangat fatal. Sekuen ini akan sangat luar biasa jika disaksikan di 4DX, karena saat saya menonton saja, ada beberapa penonton yang secara reflek mengikuti arah gaya motor dari Tom Cruise untuk menghindari berbagai mobil tersebut yang adegannya berpusat di kawasan Arc De Triomphe. Terakhir adegan klimaksnya yaitu saat di tebing yang sangat curam dan tinggi mengingatkan dengan film Vertical Limit (2000), adegan ini memberikan sebuah ketegangan yang maksimal dan beberapa long shot yang menawan. Mission: Impossible – Fallout meningkatkan standar adegan-adegan aksi bagaimana seharusnya film aksi itu dibuat.

Jajaran pemainnya kembali tampil dengan baik, Tom Cruise memperlihatkan kerapuhannnya dan harus menghadapi masa lalunya. Tom Cruise memperlihatkan juga sisi kepedulian terhadap sesamanya. Dia pun sering melakukan berbagai stunt yang dia lakukan sendiri, seperti yang Jackie Chan lakukan, tanpa bantuan stuntman atau pemeran pengganti. Tentu dia adalah aktor aksi terbaik saat ini. Ving Rhames tidak hanya memperlihatkan sisi kegaharannya, tapi juga mampu berakting dramatis dengan sempurna saat adegan yang sungguh menyentuh hati di menjelang akhir film, Simon Pegg kembali memberikan sisi kekocakannya sebagai Benji. Rebecca Ferguson sebagai agen MI6, turut serta memperlihatkan sisi badass-nya. Jika sebelumny ada Jeremy Renner yang menjadi partner dari Tom Cruise, kali ini ada sosok August Walker yang diperankan Henry Cavill. Henry Cavill memperlihatkan keatletisan tubuhnya, energi dan kharisma dalam setiap adegan, khususnya saat adegan di kamar mandi dengan hand to hand combat yang sangat cekatan digarap.

Patut diperhatikan adalah segi scoring, masih dengan tema musik Mission: Impossible yang ikonis dan ditambah lagi berbagai musik yang sungguh menambah unsur ketegangan dari composer Lorne Balfe. Terkadang permainan sound effect dan sound mixing berperan secara sempurna saat tidak adanya scoring, adegan kejar-kejaran dijalan raya dan hand-to-hand combat-nya terasa lebih nyata dan bertenaga.

Final Verdict:

Mungkin sedikit terlampau panjang dalam segi durasi dan villain-nya kurang memorable, namun inilah salah satu film Mission: Impossible – Fallout terbaik dalam segi naskah dan sekuen aksi. Sekuen aksi khususnya pada adegan di udara, adegan kejar-kejaran motor dengan mobil di kota Paris dan adegan pamungkas di tebing ini digarap dengan sangat menawan dan mind blowing. Tom Cruise tidak hanya membuktikan dia aktor aksi laga terbaik saat ini, tetapi memperlihatkan akting yang menggugah perasaan.

Review Mission: Impossible – Fallout (2018) - Rangkaian Aksi Stunt Spektakuler dari Tom Cruise yang Menantang Maut
8.5Overall Score
Reader Rating 1 Vote
9.6