On Your Wedding Day merupakan film komedi romantis Korea tentang cinta pertama yang dibintangi oleh Park Bo-young dan Kim Young-kwang. Film ini telah mengumpulkan pundi-pundi $21.1 juta dollar dengan penonton lebih dari 2.8 juta sehingga menjadi film romantis Korea tersukses di tahun 2018. On Your Wedding Day mulai tayang pada 3 Oktober 2018 di Cinemaxx, CGV, Flix dan Platinum.

Woo-yeon (Kim Young Kwang) mendapatkan sebuah undangan pernikahan dari Seung-hee (Park Bo Young). Seketika itu juga, memori 10 tahun lalu menghinggapi Woo-yeon.

10 tahun lalu, saat masa SMA, Woo-yeon lebih sering berkelahi daripada belajar sehingga sering dihukum oleh gurunya. Saat sedang dihukum, dia bertemu dengan seorang siswi pindahan bernama Seung-hee dan dia jatuh cinta sejak pandangan pertama.

Seung-hee sebenarnya tidak menyukai Woo-yeon, tetapi demi menghindari berbagai godaan para siswa-siswa lain di SMA yang sudah membuatnya merasa terganggu, Woo-yeon dan Seung-hee bersepakat untuk berpura-pura pacaran. Namun, dapat ditebak benih-benih cinta diantara mereka mulai tumbuh. Sayangnya karena suatu sebab, menyebabkan mereka harus berpisah.

Saat sudah menginjak usia kuliah, Woo-yeon malah bekerja di restoran ayam, bukan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Tetapi dia mendapati fakta kalau Seun-hee masuk ke Hankook University yang merupakan salah satu universitas terbaik di Seoul. Demi bertemu kembali dengan Seung-hee, Woo-yeon belajar dengan giat supaya dapat diterima di universitas itu.

On Your Wedding Day sejatinya masih menggunakan formula film romantis klasik yaitu cinta pertama yang dimulai oleh perjanjian pura-pura pacaran. Hal yang membedakan adalah kedua karakter protagonisnya yang relatable dan realistis sehingga terasa dekat dengan penonton. Karakter dari Woo-yeon tidak sepenuhnya putih maupun hitam, dia juga sering melakukan kesalahan. Walau sering kali tersulut emosi yang mengakibatkan kesalahan-kesalahan itu terjadi, penonton tetap dapat bersimpati terhadap karakternya ini, karena dengan hal-hal itulah yang mendorong proses pendewasaan dan akhirnya menjadi sebuah pelajaran hidup yang berharga. Inilah yang biasanya terjadi dalam kehidupan nyata, seringkali karena cinta, tanpa sadar sering melakukan segala macam kebodohan-kebodohan, namun dari sana dapat memetik segala macam pembelajaran hidup yang berguna di kemudian hari. Kemudian juga walau bagaimanapun akhir dari cerita cinta entah itu manis maupun pahit, patut untuk disyukuri, dikenang dan tanpa malu untuk diceritakan, seperti yang Woo-yeon ceritakan kepada para murid-muridnya.

Melalui cinta, seseorang dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Lihat saja Woo-yeon yang berhenti berkelahi, walau sudah digebuki oleh siswa-siswa berandalan, dia tetap tidak melawan karena janjinya kepada Seung-Hee. Kehidupan pendidikannya pun berubah, Woo-yeon yang tadinya malas belajar dan berlatih olahraga, tersulut semangatnya saat mengetahui Seung-hee masuk di salah satu universitas terbaik seantereo Korea, semangatnya tidak padam walaupun kedua orang tuanya tertawa terbahak-bahak mendengar anaknya ingin masuk ke perguruan tinggi bergengsi itu, adegan ini sungguh kocak dan memancing tawa renyah penonton.

Park Bo-young nampak sungguh awet muda, dia masih cocok memerankan seorang siswi yang duduk dibangku SMA. Dia memancarkan pesona cuteness yang berlebih dari segala perilakunya yang menggemaskan. Range emosinya pun sungguh bervariasi mulai dari perasaan senang dan malu-malu saat ciuman pertama, perasaan marah dan kesal saat ribut dengan kekasihnya sampai dengan kesedihan-kesedihan yang dialaminya.

On Your Wedding Day tidak hanya romantis tetapi sungguh lucu, kebanyakan humor-humornya lebih condong menertawakan bagaimana kenakalan remaja pria saat masih remaja yang dibumbui dengan berbagai sex-humor. Lawakan-lawakan juga muncul ketika kedua tokoh utama saling melontarkan segala ejekan hingga pertikaian yang ujung-ujungnya menghadirkan suasana lucu nan menggemaskan.

Ada beberapa elemen-elemen pada cerita yang akan mengingatkan penonton dengan film Architecture 101 dan juga film You’re Apple of My Eye, khususnya pada rentang waktu jarak antara pertama kali bertemu hingga akhir dari film itu, jika Architecture 101 berjarak 17 tahun, You’re Apple of My Eye berjarak 11 tahun, On Your Wedding Day berjarak 10 tahun. Persamaanya lagi adalah karakter pria dari You’re Apple of My Eye dan On Your Wedding Day sama-sama mengalami pendewasaan diri, transformasi character arc-nya sungguh baik.

Ada adegan-adegan spesial dalam On Your Wedding Day yaitu realitas vs impian yang mengingatkan akan film 500 Days of Summer, karakter Woo-yeon seringkali bermimpi dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan dan yang dinginkannya bagaimana gebetannya Seung-hee memperlakukan dirinya, tentu saja realitas kehidupan tentu berbanding terbalik dengan segala impiannya. Adegan-adegan ini tidak hanya getir tetapi menimbulkan tawa dan sekali lagi cukup relatable bagaimana seringkali seseorang berekspektasi tertentu terhadap calon kekasih yang sedang didekati itu.

Kesimpulan Akhir:

Tidak lebih baik dari film-film komedi romatis Korea berkualitas lainnya, namun On Your Wedding Day tentu akan memuaskan dahaga para pencinta film komedi romantis Korea yang dalam beberapa tahun terakhir ini sangat jarang jumlahnya.

On Your Wedding Day mengajak para penontonnya untuk kembali mengingat dan bernostalgia tentang proses pendewasaan diri melalui kisah cinta pertama yang sungguh menggemaskan, manis sekaligus getir dengan chemistry kuat dari Park Bo-young dengan Kim Young-kwang.

Review On Your Wedding Day (2018) - Kisah Cinta Pertama dan Pendewasaan Diri antara Park Bo-young dengan Kim Young-kwang
8.5Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0