Para fans K-Drama tampaknya akan berbahagia di bulan ini. Pasalnya, film terbaru dari negeri ginseng tersebut yang berjudul The Princess and The Matchmaker akan hadir di tanah air. Film yang disutradarai oleh Hong Chang Pyo yang merupakan sutradara debutan ini akan ditayangkan di jaringan bioskop CGV Cinemas, Cinemaxx, Platinum Cineplex dan Juga Flix Cinema secara serentak pada tanggal 21 Maret 2018.

the princess and the matchmaker 1 the princess and the matchmaker 2

Film ini juga menampilkan deretan cast yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para penggemar K-Drama. Sebut saja ada aktris Shim Eun-Kyung yang berperan sebagai putri Songhwa, Lee Seung-Gi sebagai peramal bernama Seo Do-Yoon, Kang Min-Hyuk yang merupakan personel CNBlue sebagai Kang Hwi dan juga Minho yang merupakan personel Shinee yang berperan sebagai adik dari Seo Do-Yoon bernama Seo Ga-Yoon.

Sinopsis

Pada suatu waktu di era dinasti Joseon, terdapat satu kerajaan yang rakyatnya sangat menderita. Penderitaan tersebut terjadi karena terjadinya musim kemarau berkepanjangan. Segala cara pun sudah dilakukan sang raja untuk melepaskan kutukan yang mungkin menaungi kerajaan itu sehingga hujan tidak mau turun dan membasahi tanah kerajaan tersebut, namun hasilnya pun sia-sia. Namun ternyata, ramalan dari ahli astrologi kerajaan menyatakan bahwa yang menyebabkan semua kesialan ini adalah sang putri mahkota, Songhwa. Dan satu-satunya jalan untuk mengakhiri kemarau berkepanjangan ini adalah dengan cara menikahkan sang putri ‘pembawa sial’ ini. Sayembara untuk menemukan pasangan yang paling tepat untuk sang putri pun diumumkan oleh raja dan diikuti oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Pemenangnya tentu saja haruslah orang yang paling cocok menurut peramal kerajaan, dilihat dari susunan nama dan tanggal lahirnya.

the princess and the matchmaker 3 the princess and the matchmaker 4

Namun, sayembara dalam pencarian jodoh terbaik ini mengusik hati Songhwa. Dia tidak setuju apabila menikah tanpa melihat profile calon nya terlebih dahulu. Karena tidak mungkin mencintai tanpa mengenal seperti apa calon pendamping hidupnya kelak. Alasan itulah yang pada akhirnya membuat Songhwa melakukan aksi nekat, yaitu mencuri daftar nama 4 finalis calon mempelai prianya untuk kemudian dicarinya dan ditemuinya secara langsung satu per satu. Songhwa yang semasa hidupnya tidak pernah keluar istana, memudahkan dirinya untuk berinteraksi dengan para calon pasangannya dengan berbagai penyamaran yang dia lakukan. Hal itu dikarenakan tidak ada satu rakyat pun di luar istana yang pernah melihat putri Songhwa. Namun apakah yang dilakukan putri Songhwa tersebut berhasil ? Bisakah dia menemukan kandidat terbaik untuk menjadi suaminya? Atau justru dia menemukan calon lain diluar daftar kandidat? Well, silakan menonton filmnya untuk mengetahui kisah selanjutya.

Tentang Film

Apa yang ditawarkan film ini sebenarnya cukup menarik. Menampilkan drama percintaan kerajaan di era dinasti Joseon yang dibalut dengan komedi yang cukup segar. Akting dari Shim Eun-Kyung pun cukup bisa menggambarkan sang putri yang selalu riang, charming dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Memang tidak sebaik saat dia bermain di Miss Grany, namun aktingnya di film ini pun sudah cukup menarik perhatian terlebih ketika keluguannya menghasilkan tindakan yang cukup konyol di sepanjang film. Lee Seung-Gi pun mampu menampilkan karakter peramal yang cool dan berwibawa dengan cukup baik. Bahkan di beberapa adegan dan juga dialog yang dilakukannya sepanjang film, sepertinya sukses membuat para penonton kaum hawa meleleh.

Namun di luar karakter utama tersebut, sebenarnya yang berhasil mencuri perhatian di film ini adalah Jo Bok-Rae yang merupakan seorang penipu ulung sekaligus sahabat Seo Do-Yoon bernama Gae-Shi. Kemunculannya memang tidak sebanyak karakter-karakter lain di film ini, namun di setiap kemunculannya selalu sukses memancing tawa penonton. Bahkan bisa dibilang, kehadiran Jo Bok-Rae cukup memberi nyawa bagi film ini.

Detail pada film ini juga menarik untuk disimak. Pemilihan kostum, set design dan setting lokasi yang digunakan cukup memanjakan mata penonton. Pemilihan warna-warna cerah di setiap elemen pendukung film ini juga menegaskan bahwa film ini memang merupakan drama komedi yang bertujuan untuk menghibur dan menyegarkan penontonnya, bukan film drama kolosal yang serius dan bernuansa kelam.

Kekurangan

Kekurangan dari film ini sebenarnya terletak dari jalan ceritanya yang terkesan terburu-buru. Kehadiran para aktor yang berperan sebagai kandidat atau calon suami dari putri Songhwa pun cenderung hanya sebagai pelengkap saja. Latar belakang atau ambisi masing-masing calon suami hanya diceritakan ala kadarnya dan cenderung terburu-buru demi menghadirkan konklusi akhir film. Chemistry yang dibangun oleh Shim Eun-Kyung dan Lee Seung-Gi sepanjang film pun terkesan nanggung dan cukup hambar. Hal-hal inilah yang menjadikan adegan drama di film ini terkesan “kurang romantis” layaknya film atau serial drama Korea lainnya.

Namun begitu, film ini masih layak untuk ditonton khususnya bagi para pecinta K-Drama. Meskipun jalan ceritanya sangat mudah ditebak dan tipikal film-film Korea pada umumnya, namun kehadiran unsur komedi yang segar di film ini akan cukup membuat kita tertawa terpingkal-pingkal. Unsur sejarah dan kebudayaan Korea di masa lampau yang sangat kental di film ini pun rasanya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sinematografinya juga ditampilkan dengan baik dan berhasil menyajikan sebuah film ringan yang indah juga memanjakan mata, dan pastinya membuat penonton untuk terus duduk tenang menyaksikan film ini sampai selesai. Dan meskipun tidak dieksekusi dengan cukup baik, namun film ini jelas ingin menyampaikan pesan bahwa cinta lah yang pada akhirnya menjadi pilihan utama dalam setiap hidup manusia, dan cinta tidak bisa dipaksakan hanya untuk menggapai suatu tujuan atau ambisi.

Oiya, dikarenakan terdapat beberapa adegan komedi yang bertema dewasa, disarankan agar tidak membawa anak kecil ketika menyaksikan film ini. So, selamat menonton !

Review The Princess and The Matchmaker - Pencarian Cinta Sang Putri ‘Pembawa Sial’
6.5Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0.0