Weathering with You merupakan film anime Jepang karya Makoto Shinkai. Film Weathering with You akan tayang mulai 21 Agustus 2019 di bioskop CGV, Cinemaxx, Flix.

Sinopsis:

Jepang mengalami periode cuaca buruk yang sangat panjang. Seorang remaja wanita bernama Hina Amano dapat mengubah cuaca buruk itu menjadi cerah. Dia dijuluki “Sunshine Girl”.

Loading...

Seorang pemuda remaja Hokada Morishima kabur dari rumahnya di suatu pulau ke kota Tokyo. Di Tokyo dia ingin mencari pekerjaan, namun dia kesulitan. Suatu ketika dia bertemu dengan Keisuke Suga, seorang pemilik media majalah yang khusus mengangkat tema-tema legenda urban. Keisuke Suga kemudian menawarinya dia bekerja di tempatnya untuk menyelidiki fenomena “Sunshine Girl”. Sampai akhirnya dia bertemu dengan “Sunshine Girl” ini.

Review:

Disutradai dan ditulis naskahnya oleh Makoto Shinkai, film ini tentunya memiliki kisah romansa yang kuat namun memiliki dialog-dialog yang ringan dan tidak seberat film-film Makoto Shinkai yang sebelumnya seperti 5 Centimeters per Second, The Garden of Words maupun Voices of a Distant Star. Film ini merupakan film kedua Makoto Shinkai yang bertemakan “hujan”, setelah The Garden of Words, namun berbeda dari segi genre, alur serta dialog.

Sinematografi serta teknik “Thirds of Rules” yang merupakan ciri khas Makoto Shinkai yang memukau itu, tidak dapat dipungkiri bahwa teknik animasi Makoto Shinkai itu merupakan yang terbaik, bahkan mampu menyaingin Studio Ghibli. Tidak heran jika Makoto Shinkai disebut “The Next Hayao Miyazaki”.

Bagi pencinta anime, gambar yang disajikan benar-benar detail dan sangat sempurna sehingga bisa menimbulkan efek eyegasm yang luar biasa.

Alur yg lambat diawal cerita membuat pengembangan karakter menjadi ikut lambat. Namun titik puncak dari cerita ini adalah adanya conflict of interest yg berbeda pada masing-masing karakter.

Pemilihan musik band rock Jepang Radwips bersatu padu dengan adegan aksi yang sangat baik serta sesuai dengan adegan-adegan breathtaking yang terdapat di film ini. Namun jika anda menyukai lagu syahdu permainan piano dari Tenmon. Anda tidak bisa menemukannya di film Weathering with You ini.

Jika Anda menyukai Your Name (Kimi No Na Wa) dan bahkan Anda berpikir film ini akan lebih baik dari Your Name (Kimi No Na Wa), tentu saja tidak menemukannya. Namun jika Anda menyukai style baru Makoto Shinkai dari segi alur yang konvensional dari film-film lainnya dan menyukai cerita bertema conflict of interest, tentunya Anda akan menyukai film ini.

Jika Anda berpikir akan menemukan Makoto Shinkai old style seperti 5 Centimeters per Second, The Garden of Words yang di mana adanya pembangunan karakter dari deep conversation dan permainan alur yg sangat lambat namun cepat pada menjelang ending. “Word of poems”, jangan berharap Anda akan menemukannya di film ini.

Penyelesaian akhirnya cenderung berbeda dari seluruh film Makoto Shinkai yang ada dan cenderung tidak ada kejutan, sehingga terasa antiklimaks.

Kesimpulan:

Film Weathering with You merupkan film Makoto Shinkai dengan adegan aksi yang terbanyak selama ini namun untuk ukuran sekelas Makoto Shinkai, film ini memang masih di bawah Your Name / Kimi No Na Wa. Bahkan walaupun style-nya sangat mirip dengan Your Name / Kimi No Na Wa namun sangat berbeda dengan film-film Makoto Shinkai dulu-dulu.

Love is a sacrifice, even when the world against it. Cinta adalah sebuah pengorbanan, walaupun dunia tidak menyetujui cinta kita dengan seseorang. Bahkan cinta yg kita sedang jalanin tidak sesuai dengan apa yang orang harapkan. Tetap saja kita akan berjuang untuk itu.

Note: scroll / gulir ke bawah untuk melihat rating penilaian film.

Loading...

Review Weathering with You (2019) - Selamat Tinggal era Lama Makoto Shinkai, Selamat Datang Makoto Shinkai yang Baru
7.5Overall Score
Reader Rating 10 Votes
5.8