Ketika pertama kali mengumumkan pengerjaan proyek Guardian of the Galaxy, Marvel dianggap berani karena tokoh komik tersebut belum familiar di kalangan fansnya. Namun, ketika Guardian of the Galaxy tayang pada 2014 lalu, tidak hanya mendapat pujian dan komentar positif namun juga masuk ke Box Office.

Tahun ini, tepatnya 26 April 2017, sekuel Guardian of the Galaxy tayang serentak di bioskop Indonesia. Film ini juga kembali disutradarai oleh James Gunn dan dibintangi oleh Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, Bradley Cooper dan Vin Diesel. James Gunn juga kembali menyusun isi soundtrack Guardian of the Galaxy 2.

Seperti yang kita ketahui, salah satu hal yang menarik perhatian dari film pertama Guardian of the Galaxy  adalah Awesome Mix; Volume 1 milik Peter Quill yang berisi lagu-lagu tahun 70-an favorit mendiang ibunya. Tentu, hal yang paling ditunggu oleh penggemar setia dari film ini adalah Awesome Mix: Volume 2 milik Peter Quill.

Tidak kalah keren dari pendahulunya, Awesome Mix: Volume 2 berisikan lagu-lagu catchy tahun 70-an (beberapa tahun 60-an)  dan lagu original yang ditulis bersama James Gunn. Nah, apa saja sih isi soundtracknya? Nah, berikut daftar dan ulasannya:

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

1. “Mr. Blue Sky” oleh Electric Light Orchestra

Dirilis pada tahun 1977, Mr Blue Sky adalah single yang terdapat dalam album ketujug milik band rock asal Inggris, Electric Light Orchestra yang bertajuk Out of the Blue. Dikutip dari Rolling Stone, James Gunn berkata bahwa Mr Sky Blue adalah lagu favoritnya dari ELO.

“Saya selalu mengatakan jika Guardians memiliki house band (dalam soundtracknya), maka itu adalah ELO dan Mr Blue Sky adalah salah satu lagu favoritku dari mereka.”

Lagu yang ditulis dan diproduseri oleh Jeff Lynne ini merupakan single kedua yang dirilis dari album Out of the Blue dan mencapai posisi ke-6 dalam UK Single’s Chart. Lagu ini juga digunakan sebagai wake-up call untuk Astronot Christopher Ferguson pada hari ketiga STS-135, misi terakhir dari Space Shuttle Atlantis.

2. “Fox on the Run” oleh Sweet

Pertama kali direkam pada tahun 1974, Fox on the Run merupakan single pertama yang ditulis langsung oleh band asal Inggris, Sweet. Diputar di sepanjang trailer Guardian of the Galaxy 2, lagu ini memuncaki Itunes Rock Chart pada akhir tahun 2016 lalu. Walaupun demikian, sama seperti Spirit in the Sky pada film pendahulunya, lagu ini tidak diputarkan di dalam film.

3. “Lake Shore Drive” oleh Aliotta Haynes Jeremiah

Ditulis oleh Skip Haynes, anggota dari band rock asal Chicago, Aliotta Haynes Jeremiah, Lake Shore Drive merupakan homage untuk jalan raya tepi danau terkenal di Chicago. Lagu ini pertama kali direkam pada 7 Agustus 1970 dan dirilis pada tahun 1971 pada album dengan judul yang sama.

“Lake Shore Drive adalah lagu yang tumbuh bersama saya,” ucap Gunn kepada Rolling Stone. Itu merupakan lagu hit di regional dan hanya di, seperti St. Louis dan Chicago, jadi banyak orang yang tidak mengetahui tentang lagu ini, tetapi lagu itu merupakan lagu paling catchy yang pernah ditulis,” tambahnya.

4. “The Chain” oleh Fleetwood Mac

The Chain merupakan lagu milik band rock British-American yang berasal dari album dengan penjualan terbaik mereka, Rumours. Dirilis 1977, lagu ini merupakan satu-satunya lagu yang dikreditkan kepada lima anggotanya (Stevie Nicks, Lindsey Buckingham, Christine McVie, John McVie, dan Mick Fleetwood). Pada November 2014, lagu ini diberikan sertifikasi Silver oleh British Phonographic Industry dari hasil penjualan onlinenya dan menjadikannya lagu tersukses dari band Fleetwood Mac.

5. “Bring it On Home to Me” oleh Sam Cooke

Dirilis pada 8 Mei 1962, Bring it On Home to Me merupakan lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi soul Amerika, Sam Cooke.  Lagu ini menjadi standar pop dan telah dinyanyikan ulang oleh banyak penyanyi dari berbagai genre. Lagu yang diproduseri oleh Hugo dan Luigi ini mencapai posisi kedua dalam Billboard‘s Hot R&B Sides chart dan merupakan salah satu lagu yang masuk dalam The Rock and Roll Hall of Fame’s 500 Songs that Shaped Rock and Roll.

6. “Southern Nights” oleh Glen Campbell

Lagu yang versi aslinya dinyanyikan dan ditulis oleh Allan Toussaint pada tahun 1975 ini dinyanyikan kembali oleh penyanyi country Amerika, Glen Campbell pada tahun 1977. Pada tahun rilisnya, lagu ini memperoleh posisi puncak pada Billboard Hot 100 dan menjadikannya single pop kedua dan terakhir milik Campbell yang memuncaki posisi tersebut.

7. “My Sweet Lord” oleh George Harrison

Merupakan lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh mantan anggota The Beatles, George Harrison, My Sweet Lord dirilis pada tahun 1977. Lagu ini ditulis oleh Harrison sebagai lagu pujian kepada dewa Hindu, Khrisna. 2 bulan setelah kematiannya, lagu ini dirilis kembali dan memuncaki tangga lagu Inggris.

“Ini adalah lagu pertama yang saya pilih untuk digunakan di film dan ini digunakan untuk bagian asal usul Ego (ayah Peter Quill). Dan disini terdapat mitos mahluk besar mengenai bagaimana dia datang dan semacam cocok dengan itu. Saya selalu tertarik dengan Hindu mengenai mahluk mitos dan disini terdapat beberapa persamaan,” ungkap James Gunn ke Rolling Stone.

8. “Brandy (You’re a Fine Girl)” oleh  Looking Glass

Brandy (You’re a Fine Girl) merupakan single yang dirilis pada tahun 1972 dan terdapat di dalam album pertama grup musik pop Amerika, Looking Glass.  Lagu yang ditulis dan dikomposisi oleh Elliot Lurie ini menduduki posisi pertama pada Billboard Hot 100 dan Cash Box Top 100 selama satu minggu.

Kepopuleran lagu ini juga membuat nama Brandy banyak digunakan sebagai nama anak perempuan di Amerika Serikat. Brandy menduduki posisi 353 (1971), 140 (1972) dan 82 (1073) sebagai nama yang paling populer pada tahun tersebut.

9. “Come a Little Bit Closer” oleh Jay and the Americans

Dinyanyikan oleh band rock and roll asal Amerika, Jay and the Americans, Come a Little Bit Closer merupakan salah satu lagu tertua di dalam soundtrack Guardian of the Galaxy 2. Dirilis pada tahun 1964, lagu ini merupakan lagu terpopuler milik band tersebut. Pada acara Comic Con, lagu ini mengiringi adegan aksi yang ditampilkan oleh James Gunn di dalam acara tersebut.

10. “Wham Bang Shang-A-Lang” oleh Silver

Setelah perilisan film pertama Guardian of the Galaxy , baik fans maupun teman James Gunn telah mengirimkan kurang lebih 70 lagu untuk soundtrack sekuelnya. Kebanyakan, lagu-lagu tersebut pernah ia dengar. Namun, ketika ia mendengar satu-satunya lagu yang menduduki tangga lagu milik band asal Amerika ini, ia merasa bahwa ini adalah sesuatu yang baru. Kepada Rolling Stone, ia mengungkapkan:

“Sesaat, saya tidak yakin apakah saya sedang dikerjai karena saya tidak pernah mendengar lagu ini. Saya ridak yakin apakah band modern sedang menyanyikan versi retro dari sebuah lagu, atau itu memang benar-benar lagu lama.”

11. “Surrender” oleh Cheap Trick

Berasal dari album berjudul Heaven Tonight, Surrender menjadi lagu pertama milik Cheap Track yang masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu yang ditulis oleh Rick Nielsen ini memperoleh posisi ke 471 sebagai 500 lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone.

James Gunn memasukkan lagu ini ke dalam soundtrack juga sebagai bentuk terimakasihnya kepada Cheap Trick yang memperbolehkan ia menggunakan single If You Want My Love hampir secara cuma-cuma untuk film Indienya berjudul Super.

12. “Father and Son” oleh Cat Stevens

Father and Son merupakan salah satu lagu populer yang dinyanyikan dan ditulis oleh penyanyi asal Inggris, Cat Stevens. Single dari album Tea for the Tillerman ini dirilis pada tahun 1970. Uniknya, pada bagian dialog ayahnya, Stevens menyanyikan dengan nada yang lebih rendah sedangkan untuk bagian anaknya ia menggunakan nada yang lebih tinggi sehingga lagu ini terdengar seperti percakapan.

13. “Flash Light” oleh Parliament

Berisi lagu-lagu dengan genre beragam, James Gunn juga memasukkan lagu milik band funk, Parliament yang berjudul Flash Light. Lagu yang dirilis pada tahun 1978 ini sempat digunakan dalam TV Spot Guardian of the Galaxy 2 yang diputar saat ajang Kids Choice Awards 2017.

14. “Guardians Inferno” oleh The Sneepers dan David Hasselhoff

“In these times of hardship, just remember, WE… ARE.. GROOT…”- Guardians Inferno

Guardians Inferno merupakan satu-satunya lagu original yang ditulis bersama oleh James Gunn dan dikomposisi oleh Tyler Bates. Pemilihan David Hasselhoff sebagai vokalis dari lagu ini dikarenakan ia merupakan pahlawan masa kecil dari Peter Quill.

Pada 20 April lalu, lewat akunnya, Marvel Studios telah merilis lagu tersebut secara resmi di youtube. Lirik lagu ini menceritakan tentang Rocket, Star Lord dan Groot. Selain itu, James Gunn juga menyanyikan bagian chorus dari lagu ini.