Ajang Academy Awards merupakan salah satu ajang paling bergengsi untuk industri perfilman dunia. Bukan menjadi rahasia juga, deretan film berkualitas pun berlomba-lomba memenangkan atau sekedar memperoleh predikat sebagai ‘nominee Oscar’. Mendapatkan predikat tersebut pun menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk para insan perfilman.

Hari ini, ajang Oscar telah selesai menyelenggarakan perhelatannya yang ke-92. Ajang Oscar tahun ini pun menjadi salah satu yang spesial dengan kemenangan Best Picture yang berhasil diraih oleh Parasite. Kemenangan ini menjadi momen bersejarah karena belum ada film non Bahasa Inggris yang pernah membawa pulang penghargaan tertinggi Oscar tersebut.

Dalam rangka menyambut sebuah catatan sejarah baru yang dicetak oleh Oscar hari ini, Movieden akan membahas deretan fakta menarik seputar sejarah Oscar. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

Loading...

Perhelatan Perdananya Tahun 1929

sejarah oscar

Ajang Academy Awards pertama kali diadakan pada 16 Mei 1929. Pada tahun pertama penyelenggaraannya, acara penyerahan piala dan hadiah hanya memakan waktu sekitar lima belas menit saja. Dihadiri oleh sekitar 270 yang terdiri dari bintang film terkenal, sutradara, hingga produser berpengaruh, total penghargaan yang diberikan pun hanya sebanyak 12 kategori saja yaitu Outstanding Picture, Best Unique and Artistic Picture, Best Directing – dibagi dua kategori menjadi Drama dan Comedy, Best Actor, Best Actress, Best Writing (Original Story), Best Writing (Adaptation), Best Art Direction, Best Cinematography, Best Engineering Effects, dan Best Writing (Title Writing).

Berbeda dengan saat ini di mana para pemenang Oscar baru diketahui di hari pemberian penghargaannya, para pemenang Oscar di tahun pertamanya telah diumumkan tiga bulan sebelum penyelenggaraannya. Di tahun keduanya, cara ini pun diubah dengan mengumumkan para pemenang Oscar lewat publikasi surat kabar pada pukul 11 malam di hari penyelenggaraannya. Cara ini dipakai hingga tahun 1940, sebelum pada akhirnya diubah dengan metode amplop tertutup yang familiar untuk kita saat ini setelah Los Angeles Times mengumumkan para pemenang sebelum acara penghargaan dimulai.

Peraih Piala Oscar Pertama

Piala Oscar pertama diberikan kepada Emil Jannings yang meraih kemenangan di kategori Best Actor untuk penampilannya di film The Last Command dan The Way of All Flesh. Alih-alih menerimanya saat malam penghargaan, pihak Academy memberikan piala ini beberapa waktu sebelumnya. Hal ini dikarenakan Jennings harus kembali ke Eropa sebelum acara penghargaannya digelar.

Menariknya pada masa itu, para pemenang untuk kategori Akting diberikan pengakuan untuk setiap film yang dibintanginya pada masa yang telah ditentukan. Misalnya, Janey Graynor yang memperoleh penghargaan tersebut untuk tiga film yang dibintanginya. Cara ini pun berubah pada tahun keempat penyelenggaraannya di mana penghargaan hanya diberikan secara spesifik untuk penampilan aktor di satu film saja.

Lalu apa film pertama yang sukses membawa pulang piala Best Picture pada masanya? Kehormatan tersebut berhasil diraih oleh film bisu bertema perang, Wings. Tak hanya menjadi film pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi Academy Awards tersebut, Wings juga menjadi satu-satunya film bisu yang berhasil membawa pulang piala tersebut.

Asal Mula Nama Piala Oscar

Piala Oscar merupakan nama panggilan yang diberikan untuk piala Academy Award of Merit. Terbuat dari tembaga yang dilapisi emas, desain piala Oscar yang modelnya dibuat berdasarkan aktor Meksika Emilio “El Indio” Fernandez ini sendiri dibuat oleh Cedric Gibbons dan dipahat oleh George Stanley. Nama piala Oscar sendiri pertama kali diadopsi pada tahun 1939. Walaupun demikian, asal mula pemberian nama piala ini masih menjadi sengketa.

Terdapat beberapa klaim mengenai siapa sebenarnya yang menjadi inspirasi nama Oscar untuk piala ini. Pada biografi Bette Davis, presiden Academy tahun 1941, ia mengaku bahwa nama Oscar diambil dari nama suaminya, Harmon Oscar Nelson. Yang paling terkenal dan sering disebut sebagai pemberi nama ini adalah Margaret Herrick, sekretaris eksekutif yang pertama kali melihat piala tersebut pada tahun 1931 dan mengingatkannya pada “Uncle Oscar”, sebuah nama panggilan untuk sepupunya, Oscar Pierce.

Perubahan Jumlah Penerima Nominasi Best Picture

Pada empat tahun pertama penyelenggaraanya, penerima nominasi Best Picture paling banyak adalah lima film. Perubahan pun sempat terjadi di tahun 1931-1943, di mana kuota nominee untuk kategori ini dinaikkan menjadi 12 buah. Walaupun demikian, di tahun selanjutnya hingga 2008, penerima nominasi kembali diturunkan menjadi maksimal lima.

Pada tahun 2009, AMPAS mengumumkan jumlah ini dinaikkan kembali menjadi maksimal 10. Alasannya sendiri tidak lain dikarenakan ingin memberikan pengakuan pada deretan film yang terkadang tertinggal karena terbatasnya kuota film yang dapat dinominasikan.

Oscar Tanpa Pembawa Acara

Dua tahun terakhir, Oscar memilih tidak menggunakan pembawa acara untuk memandu jalannya perhelatan ini. Hal ini tidak lain dikarenakan kontroversi yang menyelimuti Kevin Hart terkait cuitannya di Twitter yang homofobia. Walaupun demikian, acara penghargaan pada tahun 2019 tanpa pemandu acara yang berjalan mulus dan mengalami peningkatan jumlah penonton sehingga langkah ini kembali diulang di tahun 2020.

Sepanjang 92 tahun penyelenggaraannya, perhelatan ini tidak memiliki pembawa acara hanya sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1939, 1989, 2019, dan 2020. Tahun 1989 sendiri menjadi sebuah ajang Oscar tanpa host yang tidak berjalan lancar dan dianggap sebagai yang terburuk sepanjang masa. Penyebab predikat ini tidak lain adalah karena segmen pembuka yang bukannya menghibur malah membingungkan dan menyebalkan. Segmen pembuka ini hadir dengan seorang aktris panggung yang memakai baju Snow White. Nyanyiannya dengan suara tinggi dan tangan yang bergetar membuat para aktor yang hadir tidak tertarik dan malah terganggu. Performa ini semakin kacau ketika aktor senior Rob Lowe bangun dari peti mati, menggoda Snow White dan menyanyikan keseluruhan lagu dengan falas.

Sejarah Baru di Tahun 2020

Tahun 2020 menjadi sebuah perhelatan yang bersejarah untuk Oscar. Ya, apalagi kalau bukan karena kemenangan penghargaan tertinggi, Best Picture yang diraih oleh Parasite. Film yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho ini tidak hanya menjadi film Korea Selatan pertama namun juga film non Bahasa Inggris pertama yang berhasil memenangkan kategori tersebut.

Sebelum Parasite, telah ada 11 film Internasional yang dinominasikan untuk Best Picture dan enam di antaranya dinominasikan bersama dengan kategori Best International Feature. Film-film yang berhasil menerima nominasi ganda antara lain; Roma (Meksiko), Z (Prancis), Life is Beautiful (Italia), Crouching Tiger, Hidden Dragon (Taiwan), dan Amour (Prancis/Jerman/Austria). Memperoleh nominasi ganda, kelima film tersebut sukses membawa pulang piala Best International Feature (sebelumnya Best Foreign-Language Film) namun tidak memenangkan Best Picture.

Loading...