Pandemi COVID-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia membuat bioskop di sejumlah negara mengalami penutupan total. Di tengah situasi ini, bioskop drive-in yang pernah populer di era 60-an ini mulai ramai didatangi pengunjung terlepas dari tidak adanya film baru yang diputar.

Menurut laporan The Hollywood Reporter, sejumlah bioskop drive-in yang buka di Amerika Serikat mengalami kenaikan jumlah penonton walaupun tidak sampai spektakuler. Sedangkan di belahan dunia lain terutama di Jerman dan Korea Selatan mengalami kenaikan yang cukup pesat.

Sejak kebijakan lockdown dilaksanakan di Jerman, bioskop drive-in Autokino Essen mengaku tiketnya terjual habis setiap hari bahkan untuk film populer lama seperti “Manta Manta”¬† sukses menjual 500 tiket.

Loading...

“Tidak peduli apapun yang kami putar, orang-orang hanya ingin keluar rumah dan menyaksikan sebuah film,” ungkap Frank Peciak, manajer Autokino Essen kepada The Hollywood Reporter.

Kesuksesan ini bahkan membuat tiket bioskop drive-in Jerman ini terjual habis hingga satu minggu ke depan.

Fenomena serupa juga terjadi di Korea Selatan. Ketika bioskop konvensional negara tersebut mengalami penurunan penonton yang signifikan, bioskop drive-in menunjukkan kenaikan jumlah penonton sejak wabah COVID-19 menghantam Negeri Ginseng tersebut pada Februari. Kenaikan jumlah tiket yang dijual berkisar antara 20-30% lebih banyak dari biasanya. Film yang diputar di negara tersebut antara lain Judy dan The Turning.

Bukan menjadi rahasia, menonton film memang telah menjadi gaya hidup sebagian besar orang. Dengan ditutupnya bioskop dan tempat wisata lainnya, masyarakat yang merasa bosan di rumah pun mulai mencari alternatif lain dalam mencari hiburan. Bioskop drive-in sendiri menjadi sebuah alternatif yang menjanjikan dan aman karena orang-orang tetap berada di mobil dengan orang terdekat mereka.

Sayangnya di Indonesia, kegiatan menonton di bioskop drive-in tidak dapat dilaksanakan. Pasalnya, saat ini sudah tidak ada lagi bioskop drive-in. Pada tahun 70-an, di Jakarta terdapat satu bioskop drive-in yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Ketika masa jayanya berakhir, bioskop drive-in Ancol mengalami penutupan dan diubah total menjadi pusat berbelanja busana berbahan denim atau jeans.

 

Loading...