Menegangkan dan Menginspirasi
8Overall Score
Reader Rating 6 Votes
2.3

Cukup banyak film yang menampilkan 1-2 orang yang terperangkap dalam suatu keadaan yang memaksa mereka harus bertahan hidup di tengah berbagai permasalahan yang menimpa. Sebut saja 127 Hours (2010) dimana James Franco yang tangannya tersangkut batu di ngarai, si cantik Blake Lively yang terjebak di tengah laut dengan hiu pada The Shallows (2016) layaknya film Open Water (2003), Frozen (2010) yang menceritakan 3 orang terdampar pada chairlift di ski resort dan yang paling mirip tema perangnya dengan film Mine (2017) adalah film Ryan Reynolds yaitu Buried (2010) dimana dia terbangun dan mendapati dirinya ada didalam peti mati.

Armie Hammer berperan sebagai Mike Stevens seorang sniper yang ditemani oleh Tommy Madison (Tom Cullen) sebagai seorang watcher. Mereka ditugaskan untuk membunuh seorang kepala teroris. Suatu ketika, seseorang yang diduga teroris tersebut muncul di tengah-tengah suatu pernikahan. Mike ragu-ragu apakah orang tersebut adalah teroris tersebut, apalagi jika ingin membunuhnya maka akan mengacaukan pernikahan tersebut. Akibatnya misi mereka gagal dan mereka dikejar-kejar para anggota bersenjata tersebut. Hingga mereka harus berjalan berkilo-kilo meter untuk dijemput oleh pihak tentara Amerika Serikat. Dalam suatu perjalanan, terdapat ranjau-ranjau darat bekas perang terdahulu di daerah sana. Rekannya Tommy terkena ledakan tersebut, Mike menginjak ranjau itu juga pada kaki kirinya. Dia tahu kalau dia melepas kakinya tersebut, ranjau tersebut pasti akan meledak. Maka dari itu dia harus berjuang untuk bertahan hidup selama berpuluh-puluh jam agar bisa dijemput oleh konvoi tentara Amerika Serikat yang kebetulan nantinya akan melewati daerah sana.

2 4

Loading...

Film dengan latar yang itu-itu saja dan praktis hanya 1 aktor disepanjang film kecenderungannya akan membosankan dan repetitif. Tapi hal itu tidak terjadi berkat kepiawaian penyutradaraan dari duo Fabio Guaglione dan Fabio Resinaro yang berkebangsaan Italia ini. Mereka membuat paruh awal film menjadi sangat menegangkan saat adegan percobaan pembunuhan teroris tersebut hingga saat kapan ranjau itu akan terinjak dan meledak oleh temannya. Visualnya penuh dengan alur maju-mundur berulang-ulang yang surealis antara halusinasi karena kehausan atau kenyataan, ditransisikan dengan baik sehingga pace-nya tetap terjaga. Sinematografi padang pasir saat siang maupun malam dan iringan musiknya juga tergolong cukup solid.

1 3

Pada paruh kedua memang ketegangan menurun, namun terasa penuh dengan drama dan makna filosofis. Bagaimana berbagai flashback tentang kehidupan Mike bersama pacarnya yang penuh dengan permasalahan, ayahnya yang pemabuk dan kasar terhadapnya dan ibunya hingga membuat pribadinya penuh dengan emosi dan amarah. Pacarnya kebutulan diperankan oleh Annabelle Wallis yang berperan juga sebagai love interestnya Tom Cruise di film The Mummy (2017). Entah mengapa Annabelle terasa lebih muda dan cantik di film Mine ini dan tentunya berakting lebih baik dalam durasi yang cuma sebentar dibanding dengan pada film blockbuster itu. Bintang utama tentu Armie Hammer yang berakting super bagus saat dia harus tabah dan kuat dalam merasakan kehausan, menghadapi binatang-binatang di padang gurun di tengah malam yang ingin memangsanya hingga dialog-dialognya dengan seorang penduduk lokal disana yang bernama Berber (Clint Dyer). Percakapannya dengan Berber inilah yang membuatnya menjadi lebih kuat dalam melangkah kedepan dan terus menjalani hidup.

Final Verdict:

Film tentang move on dan facing your inner demons ini terasa menegangkan dan dramatis sekaligus memberikan inspirasi kehidupan dengan berbagai filosofis dan gambar-gambar surealis. Aktor Armie Hammer yang beradegan sendirian hampir di sepanjang film ini, menampilkan penampilan terbaik sepanjang karirnya.

Loading...