Menonton film merupakan salah satu hobi dan aktivitas yang menyenangkan. Walaupun kemajuan teknologi mempermudah akses untuk menonton film, namun tidak ada yang bisa mengalahkan kenyamanan dan sensasi yang diberikan ketika menyaksikan film secara langsung di bioskop.

Selain memutar film-film terbaru, layar dan suara yang mumpuni menjadikan kepuasan menonton lebih maksimal. Tidak hanya itu, setiap bioskop pun menawarkan pengalaman yang berbeda mulai dari interior hingga desain di dalam studionya seperti The Premiere XXI, Velvet CGV dan Gold Cinemaxx.  Tak heran, bioskop selalu ramai dikunjungi penonton mulai dari muda-mudi hingga keluarga besar.

Nah, buat kamu yang suka menikmati menonton film di bioskop, 10 bioskop keren di dunia ini bisa kamu kunjungi nanti! (terutama kalau lokasinya berada di destinasi liburan kamu!)

1. Hot Tub Cinema, London, Inggris

hot tub cinema

Suka berendam air panas? Ini dia bioskop untuk kamu. Disini kamu bisa nonton seru-seruan dengan teman-teman kamu sambil bernyanyi, menari, tertawa dan minum.

Alamat: Sesuai event di berbagai tempat di dunia seperti Inggris, Amerika Serikat dan Ibiza.
Harga Tiket: Menyesuaikan dengan eventnya.

2. Arena, Pula, Kroasia

pula

Salah satu festival film di dunia yaitu Pula Film Festival menggunakan amphitheatre peninggalan kerajaan Romawi yang dibangun pada 27 sebelum masehi sampai dengan 68 sesudah masehi. Bangunan ini hanya tersisa 6 saja di seluruh dunia!

Alamat: Flavijevska ul., 52100, Pula, Croatia.
Harga Tiket: Menyesuaikan dengan eventnya.

3. Cine de Chef, Seoul, Korea Selatan

cine de chef

Kamu seorang penikmat makanan kelas bintang lima atau fine dining sekaligus moviegoers sejati? Ini dia jawabannya. Menghidangkan French-Italian cuisine dari chef-chef ternama di dunia ini dengan tempat duduk empuk keluarga kerajaan UAE membuat tempat ini tidak boleh dilewatkan saat kamu jalan-jalan ke Korea Selatan.

Alamat: Apgujeong-dong, Seoul
Harga Tiket: ₩60,000–100,000 (700 ribu Rupiah – 1.1 juta Rupiah)

4. Electric Cinema, London, Inggris

Electric Cinema

Dibuka pertama kali pada tahun 1910, Electric Cinema merupakan salah satu bioskop tertua di Inggris. Terletak di Notting Hill, bioskop ini menggabungkan keindahan interior klasik dan modern. Tempat duduk di bioskop  ini terdiri dari kasur untuk dua orang (baris terdepan), armchair, dan sofa untuk dua orang (baris belakang).

Bioskop ini buka setiap hari pukul 9.00-20.30 (kecuali Minggu, buka pukul 10.00). 10 menit sebelum iklan diputar, para penonton bisa masuk ke auditorium dan membeli makanan di bar yang terletak di sebelah kursi sofa. Bar tersebut akan tutup 5 menit sebelum film dimulai. Untuk menjaga kenyamanan penontonnya, Electric Cinema hanya memperbolehkan keterlambatan 10 menit untuk masuk studio setelah film diputar.

Alamat: 191 Portobello Road, Notting Hill, London W11 2ED
Harga Tiket: £16 (273 ribu rupiah) -£22.50 (384 ribu rupiah)/orang tergantung usia dan jenis kursi yang dipilih.

5. Urania National Film Theatre, Budapest, Hungaria

urania film theater

Menggabungkan gaya Eastern Moorish dan Venetian Gothic, Urania pertama kali dibangun sebagai hall untuk musik dan berdansa. Baru pada tahun 1899, teater ini dijadikan tempat pemutaran film. Tentunya, hal tersebut menjadikan auditorium terasa sangat megah dan berkelas.

Saat ini, teater paling indah di Budapest ini digunakan untuk memutar film Hungaria, film-film festival, dan pagelaran acara penghargaan bergengsi. Bioskop ini buka dari pukul 10.30-21.15 (atau hingga pemutaran film terakhir usai).

Alamat:  Rakoczi ut 21, Budapest 1088, Hungary
Harga T
iket: 1400Ft (49ribu rupiah)

6. Cine Thisio, Athena, Yunani

Cine Thisio

Bosan menonton film di dalam ruangan? Cine Thisio bisa menjadi pilihan kamu. Selain dapat menyaksikan film-film terbaru, bioskop ini juga dikelilingi pemandangan indah Acropolis dan Pathernon. Pengalaman menonton terbaik bisa kamu dapatkan pada malam hari. Dibangun pada tahun 1935, bioskop tertua di Athena ini biasanya buka dari bulan April hingga Oktober.

Alamat : Apostolou Pavlou 7, Athina 118 51, Yunani
Harga tiket: Berubah setiap kali musim pemutaran.

7. Pathe Tuschinski, Amsterdam, Belanda

tuschinski

Terletak di ibukota Belanda, Pathe Tuschinski merupakan salah satu bioskop tersibuk di Belanda. Dibangun pada tahun 1921 dengan biaya 4 juta Guilder (mata uang Jerman Belanda pada masa itu), gedung ini didesain oleh Hijman Loius de Jong. Lobi gedung ini sangat menarik karena didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung merasa masuk ke dalam ilusi.

Bioskop yang buka pukul 09.30 ini memiliki 6 studio dengan kapasitas 1.431 orang. Auditorium terbesar memiliki 735 kursi dan dilengkapi dengan panggung dan organ untuk pertunjukkan live.

Alamat: Reguliersbreestraat 26-34, 1017 CN Amsterdam, Belanda
Harga Tiket: € 6.50 (98 ribu rupiah) -€ 22.50 (335 ribu rupiah)/orang, tergantung usia dan kelas yang dipilih.

8. Raj Mandir Cinema, Jaipur, India

raj mandir jaipur

Menjadi salah satu ikon paling terkenal di kota Jaipur, Raj Mandir Cinema memiliki desain yang megah seperti istana. Dibangun dengan gaya Art Moderne, bioskop ini pertama kali dibuka pada tahun 1976 bersamaan dengan pemutaran film Charas.

Pada eksterior gedung ini, pengunjung akan disambut dengan ‘9 bintang’ yang mewakili 9 permata. Sedangkan pada interiornya, terdapat panel berputar dengan seni artistik di dindingnya. Karena itulah, Raj Mandir Cinema sering disebut sebagai ‘Pride of Asia’.

Hall bioskop ini memiliki kapasitas 1300 orang dan menjadi yang terbesar di Asia. Tempat duduknya sendiri terbagi menjadi 4 kategori yaitu Pearl, Ruby, Emerald dan Diamond.

Alamat: C-16, Bhagwan Das Rd, Panch Batti, Jaipur, Rajasthan 302001, India
Harga Tiket: Rs 120 (25 ribu rupiah)- Rs 400 (207 ribu rupiah), tergantung kelas yang dipilih

 

9. Uplink X, Tokyo, Jepang

uplinkx

Merupakan tempat yang biasanya memutar film-film arthouse dan dokumenter, Uplink X menyajikan pengalaman menonton yang berbeda. Di lantai satu, terdapat Screen 1 berkapasitas 58 orang dan di lantai atasnya terdapat Screen 2 dengan 44 orang dan Screen 3, 40 orang.

Screen 3 sendiri disebut sebagai auditorium terkecil di Tokyo oleh pemiliknya. Yang paling menarik dari audi ini adalah 40 kursinya terdiri dari berbagai macam kursi mulai dari kursi lengan, kursi kayu, hingga kursi belajar. Desain ini membuat ruangannya seperti showroom furnitur. Selama menonton, kursi tersebut dapat dipindah-pindahkan sehingga suasana menjadi lebih akrab.

Alamat: 2F, 37-18 Udagawa-cho, Shibuya-ku, Tokyo 150-0042, Jepang
Harga Tiket: ¥ 1000 (120 ribu rupiah) – ¥ 2200 (265 ribu rupiah)

10. Colosseum Kino, Oslo, Norwegia

colosseum-kino

Merupakan bioskop terbesar di Eropa Utara, Colosseum Kino terkenal dengan atap gedungnya yang berbentuk kubah. Desain tersebut membuat suara yang dihasilkan di dalam bioskop menjadi lebih berkualitas.

Dibangun tahun 1921, bioskop yang terletak di Norwegia ini juga merupakan bioskop THX terbesar di dunia. Bioskop ini buka setiap Senin-Jumat mulai pukul 09.30-21.15 dan Sabtu-Minggu 11.00-21.15.

Alamat: Fridtjof Nansens vei 6, 0369 Oslo, Norwegia
Harga Tiket: 90 kr (142 ribu rupiah)- 130kr (205 ribu rupiah).

Nah, selain 10 bioskop keren di atas, masih ada salah satu desain keren dari sebuah auditorium untuk penonton. Masih ingat film Life of Pi? Film besutan Ang Lee  ini merupakan karya yang sangat unik dan tidak biasa karena hampir sepanjang durasinya menyorot seorang anak laki-laki dan harimau di atas kapal laut. Untuk menyambut perilisannya pada tahun 2012, Fox secara khusus mendesain kolam berenang di salah satu gedung Paris menjadi sebuah teater film.

lifeofpi-premiere-paris

Di kolam sepanjang 108 kaki tersebut, penonton duduk di atas kapal berkapasitas dua orang dilengkapi dengan jaket pelampung. Hal tersebut tentunya membuat penonton memiliki koneksi yang lebih dalam dengan karakter dalam film, Pi. Sayangnya, desain tersebut hanya digunakan untuk pemutaran khususnya.

Yah, semoga saja nantinya akan ada lagi premiere film yang dibuat dengan kreatif seperti konsep Life of Pi.