Banyak cara untuk meningkatkan motivasi dalam menghadapi kehidupan yang tak menentu. Salah satunya dengan menonton film inspiratif. Mulai dari menceritakan jatuh bangunnya kisah seseorang hingga film dengan banyak momen yang menginspirasi, berikut 10 film inspiratif yang dapat coba kamu tonton!

1. Terbang

Film Inspirasional- Terbang Film Inspirasional- Terbang

Disutradarai oleh Fajar Nugros, Terbang mengangkat kisah dari Onggy Hianata, motivator dan pendiri Freedom Faithnet Global. Lahir dari keluarga tidak mampu, Onggy Hianata (Dion Wiyoko) berusaha menggapai mimpinya untuk menjadi sukses. Sepanjang film ini, akan banyak kisah Onggy yang pantang menyerah sebelum sukses seperti saat ini. Didukung oleh performa Dion Wiyoko dan Laura Basuki yang memukau, Terbang juga memiliki adegan menghibur di tengah beratnya hidup Onggy.

2. It’s A Wonderful Life

Merupakan salah satu film klasik terbaik pada eranya, It’s Wonderful Life berkisah tentang George Bailey (James Stewart) yang meminta dirinya untuk tidak pernah lahir. Usai mendengar permintaan tersebut, seorang malaikat (Henry Travers) dikirim ke bumi untuk mengabulkan keinginan George. Film ini menyorot bagaimana setiap orang memiliki tempat di dunia dan setiap perbuatannya memberikan dampak pada sekitar. Dan tentunya, percaya atau tidak semua orang dapat membuat hidupnya lebih bahagia.

3. The Pursuit of Happiness

 

Hampir semua orang sukses, pernah mengalami masa-masa sulit termasuk pebisnis asal Amerika, Chris Gardner. Kisahnya pun diangkat dalam The Pursuit of Happiness. Terusir dari apartemennya, single father Chris Gardner (Will Smith) bersama putranya (Jaden Smith) menemukan diri mereka tidak memiliki tempat untuk tinggal. Walaupun tidak memiliki tempat tinggal dan uang, nyatanya perjuangan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk putra semata wayangnya pun membawa dirinya sukses.

4. Negeri 5 Menara

Film Inspirasional- Negeri 5 Menara Film Inspirasional- Negeri 5 Menara

Man Jadda Wajada!, Siapapun yang bersungguh-sungguh akan sukses. Berbekal kalimat tersebut, 6 anak muda dari berbagai daerah;  Alif (Gazza Zubizareta) asal Maninjau, Raja (Jiofani Lubis) asal Medan, Said (Ernest Samudera) dari Surabaya, Dulmajid (Aris Putra) dari Madura, Atang (Rizky Ramdani) dari Bandung dan Baso (Billy Sandy) dari Gowa bersama-sama berusaha menggapai mimpinya masing-masing.

5. The Shawshank Redemption

Film Inspirasional - The Shawshank Redemption Film Inspirasional - The Shawshank Redemption

Disutradarai oleh Frank Darabont, The Shawshank Redemption berkisah tentang Andy Dufresne (Tim Robbins) dihukum untuk hukuman seumur hidup dipenjara setelah membunuh istri dan kekasihnya. Masuk ke penjara yang keras dan penuh masalah tidak menjadikan Andy depresi, melainkan memberikan motivasi kepada sesama narapidana. Menurutnya, tidak pernah menyerah dan selalu memiliki harapan merupakan jalan menuju kebebasan.

6. Athirah

Film Inspirasional - Athirah Film Inspirasional - Athirah

Athirah (Cut Mini), ibunda wakil presiden Jusuf Kalla terpaksa meninggalkan suaminya yang menikah lagi bersama kelima anaknya. Ia pun mulai memikirkan mencari nafkah dengan menjual sarung Bugis. Lewat film yang disutradarai oleh Riri Riza tersebut, perempuan digambarkan sebagai sosok yang independen. Mengalami ketidakadilan, Athirah dengan berani memulai hidupnya lagi walau tanpa sosok lelaki sebagai sandarannya. Tentunya, dengan tekad yang kuat, perempuan juga bisa berhasil.

7. Forrest Gump

Terlahir dengan otak yang tidak cerdas atau kurang normal, tidak menjadikan seseorang tidak bisa sukses. Itulah yang ingin disampaikan dalam kisah Forrest Gump. Sepanjang hidupnya, Forrest Gump (Tom Hanks) tidak pernah merasa dirinya ‘terbelakang’ berkat ibunya yang suportif (Sally Field). Ia pun melakukan segala hal sepenuh hati dengan sikap optimis anak-anak dan menginspirasi banyak orang. Tetapi hal paling sulit dalam hidupnya adalah menyelamatkan orang yang paling dicintainya, Jenny (Robin Wright)

8. Rocky

Film Inspirasional- Rocky Film Inspirasional- Rocky

Disutradarai oleh John G. Avildsen, Rocky merupakan salah satu film paling melegenda. Bukan hanya mengangkat tema olahraga dan tinju, namun juga bagaimana perjuangan Rocky Balboa (Sylvester Stallone), seorang boxer dari kelas pekerja di Philadelphia terpilih mengikuti kejuaraan kelas berat untuk mengalahkan Apollo Creed (Carl Weathers) usai lawan sebenarnya terluka.

Hingga saat ini, Rocky merupakan simbol dari kekuatan dan ketahanan diri dalam menghadapi tekanan dan tantangan guna meraih mimpi.

9. Merry Riana – Mimpi Sejuta Dollar

Film Inspirasional- Mimpi Sejuta Dollar Film Inspirasional- Mimpi Sejuta Dollar

Merry Riana merupakan salah satu perempuan Indonesia yang sukses dalam usia yang cukup muda. Di usianya yang ke-26, ia berhasil meraih 1 juta dollar pertamanya. Tentunya, semua itu tidak didapatkannya dengan mudah.

Perjuangannya dimulai dari kerusuhan yang terjadi di Jakarta mengharuskan Merry Riana (Chelsea Islan) dikirim ke Singapura seorang diri. Tidak mempunyai biaya maupun tempat menetap, Merry pun harus berusaha demi bertahan hidup di negeri asing tersebut.

10. Hidden Figures

Film Inspirasional- Hidden Figuresa Film Inspirasional- Hidden Figuresa

Merupakan minoritas ganda (perempuan dan berkulit hitam), tidak menjadikan Katherine Johnson (Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), dan Mary Jackson (Janelle Monae) menyerah pada keadaan. Sebaliknya, dalam Hidden Figures ketiganya merupakan sosok tangguh yang bukannya mengeluh namun membuktikan bahwa mereka bisa berhasil bahkan berperan penting di NASA.